...
film samurai
5-min read

8 Rekomendasi Film Samurai yang Wajib Kamu Tonton!

film samurai

Pencinta film dengan tema Jepang zaman pramodern wajib nonton berbagai film samurai ini!

Film bertema samurai merupakan pilihan yang bagus untuk kalian pencinta sejarah dan kebudayaan Jepang. Dengan menggunakan tema besar seorang samurai, film ini juga biasanya bergenre action.

Buat kamu yang belum tahu, nih, samurai adalah pejuang Jepang pramodern yang kemudian membentuk kelas militer yang berkuasa. Samurai pun akhirnya menjadi kasta sosial dengan peringkat tertinggi pada Zaman Edo (1603-1867).

Sebagaimana aslinya, samurai dalam film juga menggunakan berbagai senjata seperti busur dan anak panah, tombak, dan pistol. Meskipun begitu, senjata dan simbol utama mereka adalah pedang.

Nah, apa kamu penasaran dengan deretan film samurai yang wajib ditonton? Baca ulasan ini sampai habis, ya!

Rekomendasi Film Samurai

Penuh dengan berbagai macam aksi, berikut adalah rekomendasi film bertemakan samurai buat kamu pecinta budaya Jepang!

1. 47 Ronin (2013)

film samurai
Source: Reddit

“47 Ronin” merupakan salah satu film samurai yang patut untuk ditonton. Film ini dirilis pada tahun 2013 dan dibintangi oleh Keanu Reeves sebagai tokoh utama. Ceritanya terinspirasi dari legenda Jepang yang mengisahkan tentang kehormatan, kesetiaan, dan perjuangan sekelompok samurai.

Pada zaman Jepang feodal, Lord Asano memerintah provinsinya dengan adil. Namun, Lord Kira (Tadanobu Asano) cemburu dan takut apabila shogun (jenderal yang memerintah negara) lebih menyukai Asano daripada dirinya. Pada akhirnya, ia membuat rencana yang berakhir dengan ritual bunuh diri Asano.

Setelah kematian Asano, samurainya, yang dipimpin oleh Oishi (Hiroyuki Sanada), terpaksa hidup sebagai orang buangan. Oishi mengembara selama beberapa tahun tetapi menyadari bahwa dia harus beralih ke Kai (Keanu Reeves), seorang pejuang berdarah campuran yang pernah dia tolak, untuk membantunya dan rekan roninnya membalas dendam pada Lord Kira.

2. The Last Samurai (2003)

film samurai
Source: Gaines Ville

“The Last Samurai” adalah film yang mengisahkan tentang kehidupan samurai di Jepang pada akhir abad ke-19. Film ini dibintangi oleh Tom Cruise sebagai Kapten Nathan Algren, seorang tentara Amerika yang terlibat dalam perang antara pemerintah Jepang dan suku-suku samurai.

Pada tahun 1870-an, Kapten Nathan Algren (Tom Cruise), seorang veteran Perang Saudara Amerika yang sinis, yang akan bekerja untuk siapa pun, dipekerjakan oleh orang Amerika yang menginginkan kontrak yang menguntungkan dengan Kaisar Jepang untuk melatih para petani wajib militer untuk posisi pertama Kekaisaran. Tentara dalam peperangan modern menggunakan senjata api.

Prioritas pertama kabinet Kekaisaran Omura (Masato Harada) adalah untuk menekan pemberontakan Samurai tradisionalis, yakni pejuang turun-temurun yang tetap mengabdi pada dinasti suci. Mereka menolak kebijakan Westernisasi dan bahkan menolak penggunaan senjata api. Namun, ketika pasukan superiornya yang tidak siap menyerang terlalu cepat, kepanikan mereka membuat para samurai menggunakan pedang yang mampu menghancurkan mereka.

Terluka parah membuat pemimpin samurai Katsumoto (Ken Watanabe) menyelamatkan nyawa Algren. Setelah dirawat hingga sehat, Algren belajar untuk mengetahui dan menghormati tradisi Jepang kuno. Ia juga berpartisipasi sebagai penasihat dalam upaya Katsumoto yang gagal untuk menyelamatkan tradisi Bushido, tetapi Omura memberlakukan undang-undang yang represif.

3. Rekomendasi film samurai: Seven Samurai (1954)

film samurai
Source: Japan Powered

Selanjutnya, ada “Seven Samurai” yang menjadi salah satu film samurai paling terkenal yang pernah dibuat. Film ini diproduksi pada tahun 1954 oleh sutradara legendaris Akira Kurosawa. Cerita “Seven Samurai” berlatar di Jepang abad ke-16. Sebuah desa miskin sering menjadi target untuk dijarah oleh bandit bersenjata yang merampas hasil panen padi mereka selama bertahun-tahun.

Kakek kepala keluarga mereka menyarankan penduduk desa untuk menyewa Ronin untuk mempertahankan desa mereka. Empat petani pergi ke kota untuk mencari pelindung mereka, namun mereka hanya bisa menawarkan tiga kali makan nasi per hari dan penginapan untuk samurai.

Akhirnya penduduk desa berhasil mempekerjakan veteran Kambei Shimada yang berhati baik dan menyarankan bahwa penduduk desa membutuhkan enam samurai lain untuk melindungi desa. Kambei akhirnya merekrut lima samurai lainnya yang dan seorang badut pemberani yang bernama Kikuchiyo dan pindah ke desa.

Setelah mendapat sambutan yang menakutkan, Kambei menyusun strategi pertahanan dan para samurai mulai melatih para petani cara mempertahankan tanah dan keluarga mereka untuk menghadapi pertempuran yang akan datang.

4. 13 Assasins (2010)

Source: The New York Times

Film “13 Assassins” adalah salah satu film samurai yang wajib ditonton bagi para penggemar genre ini. Disutradarai oleh Takashi Miike, film ini mengisahkan tentang sekelompok samurai yang bersatu untuk melawan seorang daimyo jahat dan kejam.

Film ini merupakan remake film tahun 1963 berdasarkan peristiwa sejarah, Shinzaemon Shimada yang memimpin tim pembunuh di Jepang abad ke-19 untuk melenyapkan Lord Naritsugu Matsudaira yang kejam, yang membuat kekacauan terhadap rakyatnya sendiri.

Dipekerjakan secara diam-diam oleh seorang pejabat pemerintah yang berharap untuk mengakhiri teror Matsudaira, Shimada merekrut veteran samurai terbaik di Jepang dan kemudian memasang jebakan untuk kontingen besar pengawal setia sang raja.

Info wajib baca: Tayang di Netflix, Ini Sinopsis dan Daftar Pemeran Squid Game Season 2

5. Rekomendasi film samurai: The Twilight Samurai

Source: Reddit

“The Twilight Samurai” adalah film samurai yang dirilis pada tahun 2002. Film ini disutradarai oleh Yoji Yamada dan dibintangi oleh Hiroyuki Sanada dalam peran utama. Ceritanya berlatar belakang periode akhir era Edo di Jepang, ketika samurai mulai kehilangan tempat mereka dalam masyarakat.

Pada tahun 1860-an di Jepang, Seibei Iguchi (Hiroyuki Sanada), seorang samurai rendahan yang menjalani hidup sederhana sebagai petugas administrasi klan. Ia tinggal di desa pedesaan bersama ibu dan putrinya, di mana ia terjebak bekerja sebagai pemegang buku dan bukan sebagai pejuang. Meskipun memiliki kemampuan pedang yang hebat, Seibei lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan keluarganya daripada terlibat dalam pertempuran.

Kecewa akan posisinya di masyarakat dan kematian istrinya, Seibei akhirnya kembali menjadi samurai. Ia juga tergerak dari rasa tidak enaknya dengan kedatangan Tomoe (Rie Miyazawa), seorang wanita yang ia cintai sejak kecil.

Perasaannya terhadap Seibei masih kuat, namun beban keluarga, karier, dan status sosial dapat menghalangi Seibei untuk mengikuti keinginannya. Ia harus melindungi keluarganya dan mendapatkan penghormatan yang lama hilang dari rekan-rekannya.

6. Yojimbo (1961)

Source: Reddit

Termasuk film lawas, “Yojimbo” adalah sebuah film samurai yang menghadirkan kisah seru dan menegangkan. Film ini disutradarai oleh Akira Kurosawa, seorang sutradara legendaris asal Jepang. Film ini menceritakan seorang Ronin tanpa nama, atau samurai tanpa tuan (Toshirô Mifune) yang memasuki sebuah desa kecil di masa feodal Jepang di mana dua pengusaha bersaing untuk menguasai perdagangan perjudian lokal.

Mengambil nama Sanjuro Kuwabatake, sang ronin meyakinkan pedagang sutra Tazaemon (Kamatari Fujiwara) dan pedagang sake Tokuemon (Takashi Shimura) untuk mempekerjakannya sebagai pengawal pribadi, kemudian dengan cerdik memulai perang geng skala penuh antara keduanya yang ambisius dan tidak bermoral.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Film Robin Hood Terbaik yang Pernah Ada

7. Rekomendasi film samurai: Harakiri (1962)

Source: Reddit

Film samurai yang tidak boleh dilewatkan adalah “Harakiri” yang dirilis pada tahun 1962 dan disutradarai oleh Masaki Kobayashi.

Film ini menceritakan seorang samurai tua, Hanshiro Tsugumo (Tatsuya Nakadai) tiba di rumah Kageyu Saito (Rentarô Mikuni) dan meminta untuk melakukan ritual bunuh diri di properti tersebut, yang menurut Saito adalah taktik untuk mendapatkan belas kasihan dan pekerjaan.

Saito pada akhirnya memberi tahu Tsugumo tentang samurai lain, Motome Chijiiwa (Yoshio Inaba), yang mengancam akan bunuh diri sebagai tipu muslihat hanya karena ia dipaksa untuk melaksanakan tugasnya. Ketika Tsugumo mengungkapkan bahwa Chijiiwa adalah menantunya, pengungkapan tersebut akhirnya memicu konflik sengit.

8. The Hidden Fortress

Source: PopOptiq

“The Hidden Fortress” adalah film Jepang yang dirilis pada tahun 1958. Film ini disutradarai oleh Akira Kurosawa dan menjadi salah satu karya terkenalnya. Cerita dalam film ini berlatar belakang zaman samurai di Jepang.

Petani Jepang Matashichi (Kamatari Fujiwara) dan Tahei (Minoru Chiaki) mencoba untuk mendapatkan keuntungan dari perang suku, namun usahanya itu sia-sia. Namun mereka menemukan seorang pria dan wanita yang mereka yakini adalah anggota suku sederhana yang bersembunyi di sebuah benteng.

Meskipun para petani tidak mengetahui bahwa pria dan wanita itu adalah Rokurota (Toshirô Mifune) adalah seorang jenderal dan Yuki (Misa Uehara) yang merupakan seorang putri, para petani setuju untuk menemani pasangan tersebut ke tempat yang aman dengan imbalan emas. Dalam perjalanannya, sang jenderal harus membuktikan keahliannya dalam pertempuran sekaligus menyembunyikan identitasnya.


Demikianlah daftar film samurai yang dapat kamu nikmati. Dari cerita epik tentang kesetiaan dan kehormatan, hingga aksi pertempuran yang spektakuler, film-film ini menawarkan pengalaman sinematik tak terlupakan.

Nah, apa kamu pernah menyaksikan salah satunya? Bagaimana pendapatmu? Tulis di kolom komentar, yuk!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare