...
film robin hood
5-min read

7 Rekomendasi Film Robin Hood Terbaik yang Pernah Ada

film robin hood

Film “Robin Hood” selalu menyajikan jalan cerita yang seru dan pastinya menarik!

Robin Hood merupakan salah satu tokoh fiksi yang terkenal dan ikonik, sehingga tidak salah jika ia sering diangkat menjadi sebuah karya film. Tokoh ini dikenal mempunyai teknik dan cara jitu untuk mencuri.

Biasanya Robin Hood hanya mencuri barang-barang yang dimiliki oleh para orang kaya dan hasil curiannya tersebut ia berikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya, yaitu orang miskin. Tindakan tersebut tentu menjadi tontonan menarik saat diangkat sebagai film layar lebar.

Tokoh ini muncul pertama kali di film yang berjudul “Robin Hood and His Merry Men” tahun 1908, yang disutradarai oleh Percy Stow. Pada film pertamanya tersebut, karakter Robin Hood ini menggunakan baju hijau dan senjata panah.

Selain itu, terdapat berbagai judul dan bentuk film Robin Hood lainnya yang nggak kalah menarik dan layak ditonton. Mau tahu apa saja filmnya? Yuk, langsung cek di bawah ini!

Info wajib baca: Kedutan Mata Kiri Atas, Ini 4 Artinya Menurut Medis dan Primbon Jawa

Deretan Film Robin Hood

film robin hood
Source: Robinhoodthemovie.com

Menampilkan aksi yang heroik dari seorang tokoh Robin Hood, menjadikan film ini sangat layak untuk dinikmati. Berikut deretan filmnya:

1. Robin Hood (1922)

Film bisu ini tayang di tahun 1922 dengan menghadirkan aktor Douglas Fairbanks and Wallace Beery. Allan Dwan menjadi sutradara film “Robin Hood” ini dan ia memberikan banyak kenangan pada sejarah dunia perfilman.

Menurut tulisan Kevin Hagopian di albany.edu, biaya produksi untuk film ini berkisar di angka 1,4 juta dolar atau sekitar Rp19 miiliar. Angka tersebut terbilang masih besar di era yang sekarang, ya.

2. Robin Hood (1973)

Selanjutnya, di tahun 1973, Disney mengangkat karakter Robin Hood untuk dijadikan sebuah film animasi. Menurut Alan R Howard dari Hollywood Reporter, penokohan film ini menarik, lucu, dan imajinatif, tapi visual film yang diarahkan oleh Wolfgang Reitherman terasa monoton. Animasinya terlalu repetitif dengan menggunakan teknik familiar yang juga digunakan pada film-film Disney. 

Studio film Amerika Serikat ini juga telah melahirkan beberapa film kartun klasik yang terkenal, di antaranya “Beauty and the Beast” serta “The Lion King” dengan tokoh utamanya hewan-hewan berkarakter unik.

3. Robin and Marian (1976)

film robin hood
Source: TCM

Film yang dirilis pada tahun 1970-an ini berjudul “Robin and Marian”, mengambil perspektif agak berbeda dari kisah sang pencuri dermawan, yaitu kisah cinta antara sang pencuri dengan Marian, kekasihnya. Adalah Sean Connery yang ditunjuk sebagai Robin Hood di film klasik ini.

Diolah lewat interpretasi sutradara Richard Lester, film ini mengisahkan pertemuan kembali antara Robin yang telah berusia setengah baya dan Marian, 20 tahun dari setting cerita aslinya. Robin telah kembali dari Perang Salib dan Marian menjadi biarawati. Film ini menjanjikan kisah cinta menyentuh hati yang tidak pernah ada di film-film zaman sekarang.

4. The Adventures of Robin Hood (1983)

Lalu ada film Robin Hood yang berjudul “The Adventures of Robin Hood” yang tayang pada tahun 1983. Film yang disutradarai Michael Curtiz dan William Keighley ini mendapat banyak pujian, bahkan Rotten Tomatoes (web yang sering me-review dan mengkritik film) memberikan nilai sempurna.

Inilah film pertama dari Warner Bros yang diproduksi menggunakan proses produksi three-strip technicolor process. Metode ini menghasilkan komposisi warna yang menarik dan artistik.

Rogert Ebert mengatakan bahwa keberhasilan film ini dipengaruhi oleh pemilihan pemain dan three-strip technicolor process. Errol Flynn sebagai Robin Hood dan Olivia de Havilland sebagai Maid Marian memiliki chemistry luar biasa, sementara para pemeran pendukung juga menunjukkan akting yang menawan.

Info wajib baca: 9 Rekomendasi Obat Totol Jerawat yang Ampuh, Mana Pilihanmu?

5. Robin Hood: Prince of Thieves (1991)

film robin hood
Source: The Guardian.com

Film “Robin Hood: Prince of Thieves” yang bertabur bintang ini menjadikannya film kedua terlaris di tahun 1991. Namun, ironisnya justru mendapat ulasan buruk dari para kritikus. Ya, Kevin Costner dianggap tidak mampu memerankan karakter ikonis dengan baik dan menggunakan aksen British yang terdengar dipaksakan, serta tidak sebanding dengan popularitasnya saat itu.

Namun, kritikus film Rogert Ebert melihatnya dengan cara berbeda, tuh. Dia memang terganggu dengan masalah aksen yang dibicarakan banyak orang, tetapi menurutnya itu bukan masalah utama.

Ebert mengklaim bahwa para pembuat film gagal menemukan nada yang tepat untuk menciptakan karakter Robin Hood. Selain itu, gaya bicara Costner di film ini tidak memberikan gambaran Robin Hood sesuai dengan nuansa plot yang dibawakannya.

Meski begitu, soundtrack filmnya “(Everything I Do) I Do It For You” dari Bryan Adams banyak dipuji, bahkan menjadi salah satu lagu hits. Lagu ini juga memenangkan piala Grammy Awards, sebagai “Best Pop Instrumental Performance”, “Best Song Written for a Motion Picture, Television or Other Visual Media”.

6. Robin Hood (2010)

Ada kemungkinan bahwa versi 2010 dari “Robin Hood” adalah prekuel, di mana film ini menceritakan tentang masa lalu Robin Hood sebelum dia mencuri dari orang kaya dan memberikannya kepada orang miskin. Russell Crowe berperan sebagai karakter utama dari film yang diarahkan oleh Ridley Scott ini.

Robin sendiri digambarkan sebagai tentara yang pernah berperang di Perang Salib. Namun, setelah King Richard meninggal, dia menganggur dan memimpin rakyat untuk melawan tirani King John.

7. Robin Hood (2018)

Terakhir, film “Robin Hood” tayang pada tahun 2018 produksi Lions Gate yang memilih Otto Bathurst sebagai sang sutradaranya. Sayangnya, film yang dibintangi Taron Egerton dan Jamie Foxx ini jsutru menuai ulasan pedas dari para kritikus.

Rotten Tomatoes memberikan rating 15% saja untuk film ini karena kualitasnya dianggap kurang memuaskan, sedangkan Metacritics memberikan rating merah 32. Kalau penasaran mending kamu tonton sendiri untuk membuktikannya.


Nah, itulah dia rekomendasi film terbaik yang berhubungan dengan karakter Robin Hood. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk menonton filmnya? Yuk, langsung saja tonton filmnya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare