...
5-min read

Cara Main dan Fitur Unggulan FPL, Bisa Bikin Liga Bareng Teman!

Fantasy Premier League (FPL) kembali lagi untuk menghibur para pecinta sepak bola! Cek cara memainkan dan fitur-fiturnya di sini!

Fantasy Premier League (FPL) bukan sekadar permainan, namun juga perjalanan emosional para penggemar sepakbola. Dalam dunia ini, setiap serangan, setiap assist, dan bahkan setiap clean sheet bisa membuat perbedaan antara kemenangan gemilang atau kekalahan.

Video games yang satu ini juga memiliki alur cerita yang melibatkan jutaan penggemar yang berkompetisi, bersorak, dan kadang-kadang meratap bersama.

Apakah kamu tahu bahwa FPL kembali lagi pada tahun 2023 ini? Sebagai pecinta sepak bola pastinya kamu tidak ingin ketinggalan trend, apalagi tidak memainkan pemain bola favoritmu dalam FPL.

Penasaran apa itu FPL dan bagaimana cara memainkanya? Baca artikel ini sampai habis, ya karena Kostmin akan memberitahu kamu cara memainkan game yang satu ini.

Apa Itu FPL?

Source: Better FPL

Fantasy Premier League (FPL) adalah salah satu permainan olahraga fantasi paling populer di dunia yang bisa kamu mainkan secara online. Pada musim 2021/2022, mereka memiliki lebih dari 8,6 juta pemain.

Fantasy Premier League sangat sukses karena menggunakan data dari pertandingan resmi liga sepak bola terbesar di dunia. Selain itu, FPL gratis untuk dimainkan dan ada banyak konten resmi yang dibuat tentangnya.

Kamu bisa mendapatkan pengalaman baru dalam menikmati sepak bola Liga Inggris dengan menarik berkat data tim dan pemain yang lengkap. Menggunakan situs web dan layanan pihak ketiga, FPL dapat menerjemahkan statistik tersebut menjadi hal berharga untuk diterapkan dalam permainan.

Info wajib baca: 5 Rekomendasi Game Petualangan Android Offline Seru dengan Grafis Terbaik

Bagaimana Cara Memainkannya?

fpl
Source: FPL Tips

Cara memainkannya yaitu pemain game Fantasy Premier League mengumpulkan poin berdasarkan performa pesepakbola di kehidupan nyata setiap minggunya. Kamu memilih tim virtual yang terdiri dari para pesepakbola Liga Premier, dan jika rekan-rekan mereka di kehidupan nyata bekerja dengan baik, kamu akan mendapatkan poin.

Misalnya, jika kamu memiliki Raheem Sterling untuk tim FPL-mu dan Sterling asli mencetak gol untuk Manchester City, kamu akan diberi poin. Jika kamu memiliki Jordan Pickford sebagai penjaga gawang-mu dan Pickford di kehidupan nyata menjaga clean sheet (tidak kebobolan gol), kamu juga akan mendapatkan poin.

Seperti yang mungkin telah kamu sadari dari contoh di atas, kamu perlu mengisi tim-mu dengan semua posisi yang dimiliki tim sebenarnya. Selain itu, kamu tidak diperbolehkan hanya membeli 11 striker yang mencetak gol setiap akhir pekan. Kamu juga membutuhkan penjaga gawang, bek, dan gelandang, ditambah satu pemain pengganti untuk setiap posisi.

Info wajib baca: 8 Rekomendasi Game Horror Seram untuk PC yang Wajib Dimainkan, Gratis Lagi!

Cara Kerja Poin FPL

Setiap posisi di lapangan dilengkapi dengan sistem poinnya sendiri. Penjaga gawang dan pemain bertahan paling sering diberi penghargaan atas hal-hal seperti menyelamatkan penalti (5 poin). Pemain yang menjaga clean sheet (4 poin); gelandang untuk membuat gol (3); dan striker untuk mencetak gol (4).

Pemain di posisi berbeda dapat diberi penghargaan untuk hal yang berbeda. Maka dari itu, kamu perlu memeriksa seberapa besar nilai setiap tindakan mereka di permainan yang nyata. Penting agar tidak salah memilih pemain untuk tim-mu.

Misalnya, seorang bek juga bisa mencetak gol di pertandingan. Namun hal ini lebih jarang terjadi, dan hal ini tercermin dalam poin (6, bukan 4) yang akan diperoleh pemain bertahan jika rekannya di mencetak gol.

Sementara itu, seorang gelandang juga berperan dalam bertahan dan akan mendapatkan poin juga. Namun, mereka tidak sepenting pemain bertahan, dan hanya mendapat satu poin jika tim mampu menahan lawan.

Hal yang tak kalah penting ini juga harus kamu tahu. Perlu juga dicatat bahwa pemain bisa kehilangan poin karena tindakan negatif di kehidupan nyata, seperti dikeluarkan dari lapangan (-3 poin) atau gagal mengeksekusi penalti (-2).

Kapten tim-mu setiap minggunya akan mendapat poin ganda. Jadi jika kapten-mu adalah striker dan dia mencetak gol, dia akan mendapatkan delapan poin untuk gol tersebut dan bukan empat poin seperti biasanya. Namun wakil kaptenmu akan mengambil alih jika kapten-mu tidak bermain karena alasan tertentu.

FPL Plus

Jika kamu menginginkan fiturpaling canggih di smartphone-mu, maka kamu bisa mengunjungi FPL Plus pada ekstensi browser untuk Google Chrome. Ini bisa digunakan sekaligus tanpa harus meninggalkan situs resmi Fantasy Premier League (FPL),

Dilengkapi dengan fitur-fitur yang mengubah permainan, FPL Plus akan meningkatkan pengalaman Fantasy Premier Leaguemu. Panduan ini akan menjelaskan kepadamu tentang alat yang ditawarkan dan cara memanfaatkan fitur baru secara maksimal.

Kelebihan FPL Plus yakni menawarkan banyak informasi, termasuk biaya transfer, nilai tim, jadwal pertandingan, pertandingan kapten, dan nilai rata-rata tim.


Itulah game FPL serta cara memainkannya yang bisa kamu mainkan sebagai hiburan. Apakah kamu tertarik untuk memainkannya? Atau sudah pernah memainkannya? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare