...
5-min read

Hari Hak Asasi Manusia Jatuh Pada Tanggal 10 Desember 2023, Mengapa Penting untuk Diperingati?

Hari Hak Asasi Manusia dirayakan pada bulan ini, Desember 2023. Mengapa ada peringatan ini?

Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki setiap masyarakat dunia. Maka dari itu, Hari Hak Asasi Manusia diperingati setiap tahunnya, khususnya pada tanggal 10 Desember sebagai puncaknya. Tahun ini Hari Hak Asasi Manusia tentunya tetap dirayakan, namun dengan tema yang berbeda dari tema-tema tahun sebelumnya.

Konsep HAM mendasarkan diri pada keyakinan bahwa setiap orang memiliki nilai inheren dan martabat yang harus dihormati. Mau tahu tema dan pentingnya perayaan ini? Baca artikel ini sampai habis, ya karena Kostmin akan memberitahu kamu segalanya yang kamu harus ketahui dari perayaan ini. Sudah siap? Mari kita mulai!

Mengenal Hari Hak Asasi Manusia

10 Desember 2023 menandai peringatan 76 tahun salah satu momen paling inovatif di dunia: Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (UDHR). Dokumen penting ini mengabadikan hak-hak yang tidak dapat dicabut yang dimiliki setiap orang sebagai manusia tanpa pandang bulu. Baik ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, bahasa, pendapat politik atau lainnya, asal usul kebangsaan atau sosial, kekayaan, kelahiran atau status lainnya dianggap setara.

Deklarasi ini diproklamirkan oleh Majelis Umum PBB di Paris pada tanggal 10 Desember 1948. Dalam momen ini, hak asasi manusia disepakati sebagai hal mendasar yang harus dilindungi secara universal untuk pertama kalinya.

Inisiatif selama setahun ini berfokus pada universalitas, kemajuan, dan keterlibatan. Hari Hak Asasi Manusia akan mencapai puncaknya pada acara tingkat tinggi pada bulan Desember 2023. Ini akan mengumumkan janji dan ide global untuk visi masa depan hak asasi manusia.

Info wajib baca: Awal Sejarah Konflik Israel – Palestina, Berawal dari Pendirian Negara untuk Orang Yahudi

Tema Hari Hak Asasi Manusia 2023

Source: Council on Foreign Relations

Dalam beberapa dekade sejak diadopsinya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (UDHR) pada tahun 1948, hak asasi manusia menjadi lebih diakui dan terjamin di seluruh dunia. Sejak saat itu, UDHR telah menjadi landasan bagi perluasan sistem perlindungan hak asasi manusia.

Mengutip laman resmi PBB, pada saat ini HAM juga berfokus pada kelompok rentan. Kelompok tersebut termasuk penyandang disabilitas, masyarakat adat, dan imigran.

Namun janji DUHAM mengenai martabat dan kesetaraan hak terus menerus mendapat serangan dalam beberapa tahun terakhir. Nilai-nilai dan hak-hak yang terkandung dalam UDHR menjadi pedoman bagi tindakan kolektif kita yang tidak meninggalkan siapa pun saat dunia menghadapi tantangan-tantangan yang baru dan sedang berlangsung. Tantangan tersebut termasuk pandemi, konflik, kesenjangan yang semakin besar, sistem keuangan global yang bangkrut secara moral, rasisme, perubahan iklim.

Inisiatif Hak Asasi Manusia 75 yang berlangsung selama setahun ini berupaya untuk mengubah pemahaman dan tindakan menuju pengetahuan yang lebih besar tentang universalitas DUHAM dan aktivisme yang terkait dengannya.

Info wajib baca: 6 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara | Nikmati Keindahan Terumbu Karang di Bawah Laut!

Timeline Peringatan

Melansir dari laman resmi OCHCR, berikut adalah tema Hari Hak Asasi Manusia dari tahun ke tahun:

  • 2022 – 75th Anniversary of the Universal Declaration of Human Rights
  • 2021 – All human- All equal
  • 2020 – Recover Better
  • 2019 – Youth Standing Up for Human Rights
  • 2018 – The Universal Declaration of Human Rights turns 70
  • 2017 – The Universal Declaration of Human Rights turns 70
  • 2016 – Stand up for someone’s rights today
  • 2015 – Our Rights. Our Freedoms. Always.
  • 2014 – #Rights365
  • 2013 – 20 Years Working for Your Rights
  • 2012 – My Voice counts
  • 2011 – Celebrate human rights!
  • 2010 – Speak up, Stop Discrimination
  • 2009 – Embrace Diversity, End Discrimination
  • 2007-2008 – 60th Anniversary of the Universal Declaration of Human Rights
  • 2006 – Fighting Poverty: A Matter of Obligation, Not Charity
  • 2005 – Torture and the Global Efforts to Combat it
  • 2004 – Human Rights Education

Mengapa Hari HAM Perlu Diperingati?

Hari Hak Asasi Manusia
Source: East Asia Forum

Hari Hak Asasi Manusia diperingati setiap tahunnya untuk menciptakan kesadaran dan memobilisasi kemauan politik untuk mempromosikan penghormatan terhadap hak dan kebebasan. Melansir dari WHO, ini diabadikan dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia yang diadopsi oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1948.

Hak asasi manusia adalah hak dasar yang menjadi milik kita semua karena kita adalah manusia. Mereka mewujudkan nilai-nilai utama dalam masyarakat kita seperti keadilan, martabat, kesetaraan dan rasa hormat. Hal ini merupakan sarana perlindungan yang penting bagi kita semua, terutama mereka yang mungkin menghadapi pelecehan, penelantaran, dan isolasi.

Pada dasarnya, setiap orang adalah manusia yang merupakan makhluk yang bermoral. Hak ini diperlukan untuk melindungi dan melestarikan kemanusiaan setiap individu, untuk menjamin bahwa setiap individu dapat menjalani kehidupan yang bermartabat dan layak menjadi manusia.


Itulah seputar Hari Hak Asasi Manusia yang perlu kamu ketahui. Sebagai masyarakat dunia, penting bagi kita untuk turut merayakan peringatan ini untuk membela mereka yang tertindas. Bagaimana menurutmu tentang Hak Asasi Manusia? Apakah peringatan ini membawa perubahan bagi mereka yang tidak mendapatkan hak-nya sebagai manusia? Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare