...
5 Desember
5-min read

3 Peristiwa Penting yang Diperingati Setiap Tanggal 5 Desember, Ada Apa Saja?

5 Desember

Deretan peristiwa yang diperingati setiap tanggal 5 Desember. Ada apa saja? Langsung cari tahu di sini!

Banyak peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 5 Desember. Bahkan, beberapa di antaranya diperingati sebagai hari bersejarah atau hari jadi.

Tanggal 5 Desember memiliki makna yang penting bagi sejarah Indonesia, khususnya dalam peristiwa Hari Armada RI. Pada hari tersebut, Presiden Soekarno mengumumkan bahwa seluruh warga Belanda harus meninggalkan Indonesia karena dianggap sebagai ancaman bagi negara. Hal tersebut pun menandakan berakhirnya kekuasaan Belanda dan dimulainya era kemerdekaan Indonesia.

Tidak hanya itu, ada juga berbagai perayaan penting yang diperingati pada tanggal tersebut. Kira-kira apa saja? Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 5 Desember.

Info wajib baca: Tanggal 1 Desember Hari Apa? Ada Hari AIDS Sedunia

Peringatan Hari Penting Pada Tanggal 5 Desember

Tanggal 5 Desember 2023 jatuh pada hari Selasa. Tanggal ini pun diperingati berbagai peristiwa penting, antara lain sebagai berikut:

1. Hari Armada Republik Indonesia

5 Desember
Source: fokusborneo.com

Setiap tanggal 5 Desember ditandai sebagai Hari Armada RI. Sebagaimana yang disebutkan di situs web resmi TNI, Komando Armada RI dibentuk melalui Surat Keputusan KSAL Nomor A.4/2/10 pada tanggal 14 September 1959 oleh Komodor Laut RE Martadinata dan secara resmi dan diresmikan pada tanggal 5 Desember 1959.

Pada tanggal 17 November 1987, berdasarkan Surat Keputusan KSAL Nomor Skep/4033/Xl/1987, ditetapkan bahwa setiap tahunnya 5 Desember akan diperingati sebagai “Hari Armada”. Setelah didirikannya TNI AL (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut) yang dulunya dikenal sebagai Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Laut, persenjataan dan struktur organisasi semakin berkembang.

Setelah armada saat itu semakin maju dan berkembang dengan pesat, terbentuklah Komando Armada untuk mengawasi dan mengelola kekuatan yang semakin besar. Para pemimpin pada saat itu merasa perlu untuk membagi dua armada ketika melihat perkembangan zaman yang semakin pesat.

Armada RI telah dibagi menjadi dua wilayah, yaitu Armada RI Timur dan Armada RI Barat. Keputusan ini dituangkan dalam Surat Keputusan Panglima ABRI Nomor Kep.171/II/1985 tanggal 30 Maret 1985.

Info wajib baca: 14 November Memperingati Hari Apa Saja? Salah Satunya Hari Brimob

2. Hari Sukarelawan Internasional

Source: lib.ub.ac.id

Hari Sukarelawan Internasional adalah kesempatan bagi kita semua untuk menghargai dan merayakan kontribusi sukarela dari orang-orang di seluruh dunia. Ini adalah waktu yang tepat untuk memperhatikan dan menghargai mereka yang telah mendedikasikan waktu dan energi mereka untuk membantu orang lain secara sukarela.

Setiap tanggal 5 Desember, dunia pun merayakan Hari Sukarelawan Internasional atau International Volunteer Day. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas tindakan kemanusiaan yang dilakukan oleh sukarelawan di seluruh dunia.

Di tengah tantangan sosial, ekonomi, dan lingkungan yang semakin kompleks, kesukarelaan menjadi sumber daya yang tak tergantikan. Para relawan berperan penting dalam memberikan bantuan pertama di saat-saat sulit. Dengan semangat sukarela, mereka turut serta dalam memecahkan masalah di seluruh dunia.

Para relawan selalu berada di garis depan saat krisis dan keadaan darurat, seringkali menghadapi situasi yang sangat sulit. Jika setiap orang bersedia menjadi sukarelawan, dunia ini akan menjadi tempat yang lebih baik.

Pada tanggal 17 Desember 1985, Majelis Umum PBB mengadopsi Resolusi A/RES/40/212 yang menetapkan Hari Sukarelawan Internasional untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial pada tanggal 5 Desember setiap tahunnya.

Sejak itu, pemerintah, sistem PBB, dan organisasi masyarakat sipil telah berhasil melibatkan relawan dari seluruh dunia untuk merayakan hari penting ini. Lalu, pada tahun 2001 diakui sebagai Tahun Relawan Internasional (IYV) berdasarkan resolusi 52/17 yang dikeluarkan oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 20 November 1997.

Info wajib baca: 25 November 2023 Hari Apa? Cek Info dan Faktanya di Sini!

3. Hari Tanah Sedunia

5 Desember
Source: kompasiana.com

Setiap tanggal 5 Desember, kita juga memperingati Hari Tanah Sedunia untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya tanah sebagai bagian penting dari kehidupan. Tanah memberikan banyak manfaat dan peranan yang tidak boleh diabaikan oleh siapa pun.

Menurut National Today, Hari Tanah Sedunia didirikan oleh Persatuan Ilmu Pengetahuan Tanah Internasional pada tahun 2002. Gerakan ini dipimpin oleh kerajaan Thailand di bawah pemerintahan mendiang Raja Bhumibol Adulyadej.

Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) dari Amerika Serikat pun kemudian memperjuangkan penetapan resmi Hari Tanah Sedunia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran global tentang kepentingan tanah yang sehat. Pada tahun 2014, Majelis Umum PBB akhirnya menetapkan tanggal 5 Desember sebagai Hari Tanah Sedunia resmi yang pertama.

Info wajib baca: 22 November Memperingati Apa? Dari Perhubungan Nasional Hingga Kematian JFK


Bagi banyak orang, tanggal 5 Desember mungkin tidak begitu berarti. Tapi sebenarnya ada beberapa hari penting yang diperingati pada tanggal tersebut. Kira-kira kamu punya informasi lainnya nggak, nih? Kalau ada jangan ragu buat share di kolom komentar, ya, gaes!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare