...
kandungan kentang rebus
5-min read

Kandungan Kentang Rebus, Salah Satunya Vitamin C

kandungan kentang rebus

Ada banyak kandungan kentang rebus, cari tahu di sini, yuk!

Tidak hanya digoreng, kentang juga sering direbus, lho. Makanan yang sederhana ini tentu sudah tak asing lagi. Namun, tahukah kamu bahwa kentang rebus memiliki beragam kandungan nutrisi dan manfaat bagi tubuh?

Selain itu, apakah benar bahwa makanan yang direbus lebih sehat dibandingkan dengan cara pengolahan lainnya? Yuk, langsung simak selengkapnya tentang apa saja kandungan kentang rebus dan manfaatnya untuk tubuh dalam artikel ini.

Info wajib baca:

Kandungan Penting Kentang Rebus untuk Tubuh

kandungan kentang rebus
Source: Orami

Kentang rebus memiliki macam-macam kandungan yang tentunya bermanfaat untuk tubuh. Nah, untuk selengkapnya cek di bawah ini, yuk!

1. Karbohidrat

Kentang rebus mengandung berbagai macam nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Salah satu nutrisi yang paling banyak terkandung dalam kentang adalah karbohidrat yang dapat memberikan energi bagi tubuh. Selain itu, kentang juga merupakan sumber serat alami yang baik untuk pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

2. Vitamin C dan B6

Kentang rebus juga mengandung vitamin C dan B6, kedua jenis vitamin ini sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh serta membantu memproduksi sel darah merah. Kedua vitamin ini merupakan vitamin yang larut dalam air.

3. Mineral

Kentang rebus juga memiliki mineral seperti potassium, phosphorus, dan magnesium yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga fungsi jantung, otot, dan saraf tetap sehat. Potasium berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh, memecah dan memanfaatkan karbohidrat, serta membangun protein.

Sementara, phosphorus atau fosfor adalah salah satu mineral penting yang membentuk 1% dari total berat badan manusia. Lalu magnesium adalah jenis mineral yang dihasilkan tubuh secara alami yang lebih banyak berada pada tulang dan sisanya di jaringan lunak.

4. Protein

Kentang rebus juga mengandung protein. Salah satu fungsi protein adalah menghasilkan enzim dan hormon yang dapat menjaga fungsi sel dan organ tubuh. Selain itu, protein memiliki fungsi utama sebagai zat untuk memperbaiki jaringan sel agar dapat bekerja dengan optimal.

Protein adalah nutrisi yang ditemukan di seluruh tubuh termasuk tulang, kulit, otot, dan rambut. Protein terdiri atas bahan pembangun yang dikenal dengan nama asam amino.

Kalori Kentang Rebus

Jika kamu sedang mencari makanan yang rendah kalori, kentang rebus bisa menjadi pilihanmu. Untuk ukuran 100 gram kentang rebus, hanya mengandung sekitar 87 kalori saja. Jadi jika kamu ingin menjaga berat badan atau sedang dalam program diet, kentang rebus bisa menjadi alternatif yang baik.

Namun, perlu diingat bahwa cara memasak juga dapat memengaruhi jumlah kalori dalam makanan tersebut. Penting untuk menghindari menambahkan lemak dan garam berlebih saat merebus kentang agar tetap rendah kalori dan sehat.

Selain itu, perlu diperhatikan juga bagaimana cara menyajikannya. Menambahkan saus tinggi lemak atau keju pada kentang rebus dapat meningkatkan jumlah kalorinya secara signifikan, lho. Jadi, lebih baik disajikan dengan bumbu-bumbu alami seperti merica hitam atau lemon juice agar tetap sehat dan bergizi.

Sebagai sumber karbohidrat kompleks, kentang rebus dapat memberikan energi yang cukup bagi tubuh tanpa membuat cepat lapar karena seratnya yang tinggi. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir tentang asupan energi ketika mengonsumsi hidangan ini sebagai hidangan utama ataupun lauk pendamping makan siangmu.

Kandungan Kentang Rebus: Manfaat bagi Tubuh

Kentang rebus sering menjadi makanan yang dihindari karena takut membuat gemuk. Padahal, kentang rebus malah mengandung banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh, lho. Selain itu, manfaat kentang rebus juga bisa dirasakan untuk menjaga kesehatan dan membantu memenuhi kebutuhan gizi harian.

1. Menurunkan tekanan darah

Bagi seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi juga dianjurkan untuk mengonsumsi kentang rebus. Ini karena kandungan kalium, kalsium, dan magnesium yang ada di dalam kentang mampu menurunkan tekanan darah secara alami.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Kentang rebus juga merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh, yang dapat menjaga kesehatan pencernaan dengan baik. Tidak cuma itu, kandungan serat dalam kentang bisa membantu mencegah sembelit atau diare, lho.

Cara menyajikan kentang rebus agar sedikit berbeda dan menarik yaitu dengan menambahkan telur dadar. Kamu juga bisa, nih, menyajikan kentang rebus berbentuk sup yang ditambahkan dengan ayam dan menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kentang mempunyai kandungan zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan zinc yang membantu tubuh untuk memelihara dan menguatkan tulang. Zat besi dan zinc juga berperan penting dalam produksi dan pematangan kolagen.

Apakah Makanan yang Direbus Lebih Menyehatkan?

Mungkin kamu sering bertanya-tanya terkait hal ini. Ternyata konsumsi makanan bergizi dapat meningkatkan kesehatan, lho.

Cara memasak makanan memiliki pengaruh besar pada jumlah nutrisi yang dikandungnya. Makanan yang dimasak dapat membantu mempermudah dan mempercepat proses pencernaan serta meningkatkan penyerapan banyak nutrisi. Sebagai contoh, protein dalam telur yang dimasak 180% lebih mudah dicerna daripada telur mentah. 

Meskipun terjadi penurunan beberapa vitamin dan mineral selama proses perebusan, namun sebagian besar masih tetap terjaga dalam kentang rebus. Tidak hanya itu, dengan merebus makanan seperti sayuran atau kentang, kamu juga bisa mendapatkan manfaat tambahan yaitu meningkatkan daya serap nutrisi oleh tubuh.

Pada kentang,  92 persen nutrisi dapat dipertahankan dengan membatasi waktu memasak, seperti merebus dalam panci dengan tutup yang tertutup rapat selama 20 menit.


Itulah penjelasan mengenai sejumlah kandungan kentang rebus. Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kentang rebus mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, konsumsi kentang rebus secara teratur sebagai bagian dari pola hidup sehatmu!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!



Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare