...
kedutan pinggang kiri
5-min read

Arti Kedutan Pinggang Kiri Menurut Primbon Jawa

kedutan pinggang kiri

Mengalami kedutan di pinggang kiri? Waspadalah! Terdapat beberapa hal yang menandakan bahwa beberapa hal akan terjadi kepadamu jika mengalami kondisi ini. Cari tahu selengkapnya!

Kedutan pada pinggang kiri merupakan salah satu kontraksi yang sering dirasakan oleh banyak orang, selain kontraksi plantar kanan dan kontraksi leher kanan. Kontraksi ini merupakan sensasi dimana pinggang sebelah kiri bergerak (berkontraksi) dengan sendirinya tanpa diketahui penyebabnya.

Apakah kedutan pada pinggang kiri merupakan pertanda baik bagi orang yang mengalaminya? Atau malah menjadi pertanda akan terjadi sesuatu yang buruk? Jika penasaran, simak artikel selengkapnya dan jangan ada yang dilewatkan, ya!

Apa Itu Kedutan?

Kedutan sendiri merupakan suatu tanda sedang terjadi sesuatu pada tubuh manusia, baik laki-laki, perempuan, anak-anak, remaja maupun dewasa, apabila ada bagian tubuh kita yang bergetar bergerak (bergerak) tanpa sebab yang jelas. Kondisi ini dapat dirasakan di bagian tubuh mana saja, kiri, kanan, atas, tengah, atau bawah.

Misalnya kedutan alis kiri, kedutan alis kanan, kedutan tengah hidung, kedutan di lengan atas atau bahkan lengan bawah. Dari sudut pandang medis, kontraksi (kedutan) didefinisikan sebagai kontraksi spontan dari kumpulan (kelompok) serat otot yang dipersarafi oleh unit motorik.

Otot sering diartikan sebagai daging, dan unit motorik meliputi serabut otot yang dilengkapi dengan saraf motorik. Di sini sering muncul kontraksi sebagai gerakan otot yang bergerak di bawah kulit.
Kelelahan, pilek, penggunaan narkoba, dan gangguan metabolisme dapat menyebabkan gerakan serupa.

Bentuk mengi lainnya bersifat familial dan berhubungan dengan miopati nonspesifik (gangguan otot). Oleh karena itu, kontraksi merupakan manifestasi dari banyak faktor penyebab yang berbeda.
Namun jika berbicara reduksi dari sudut pandang Primbon tentu mempunyai arti yang berbeda.

Arti Kedutan Pada Pinggang Kiri

Source: Akron Beacon Journal

Menurut Primbon, kontraksi otot merupakan salah satu bentuk “pemberitahuan” dari tubuh bahwa sedang terjadi sesuatu pada orang yang mengalaminya dan biasanya menandakan bahwa sesuatu akan terjadi dalam waktu dekat.

“Sesuatu” apa yang dikomunikasikan oleh tubuh? Gemetar dikatakan mempunyai arti yang jelas dan menggambarkan suatu kejadian yang tidak diharapkan, bisa berupa sesuatu yang baik atau tidak baik (buruk). Oleh karena itu kita dapat menyimpulkan bahwa arti dari sebuah akronim bisa baik, namun bisa juga buruk. Berikut adalah pertanda yang mungkin terjadi!

1. Kedutan pinggang kiri bagi seseorang yang belum menikah

Ini adalah pertanda yang sangat baik bagimu bagi wanita atau pria single! Makna kedutan di pinggang kiri adalah pertanda baik bagi hidupmu. Kamu yang mengalami kondisi serupa akan disukai dan disayang orang lain. Tak hanya itu, ada juga kemungkinan bahwa kamu akan segera menikah dalam waktu dekat dengan jodoh yang kamu nanti-nantikan! Untuk itu, tetaplah berpikir serta bersikap positif terhadap orang-orang di sekitarmu.

Info wajib baca: Ini Penyebab Kedutan Kelopak Mata Kiri Atas Menurut Medis Beserta Cara Mengatasinya

2. Kedutan pinggang kiri bagi yang sudah berumah tangga

Apabila kamu sudah berumah tangga dan mengalami kedutan di pinggang kiri, ini berita bagus hal itu dikarenakan akan datang berita bahagia. Ini mungkin bisa jadi pertanda kamuakan dikunjungi oleh seorang lelaki tampan yang tujuannya ingin menolong atau memberi nasehat. Jika kamu menanggapinya, bisa jadi akan ada hubungan ke arah lebih serius.

3. Mendapatkan keuntungan

Kamu sedang mengusahakan sesuatu seperti bisnis? Jika iya, kedutan di pinggang kiri merupakan pertanda baik bagimu. Hal ini dikarenakan kamu akan segera mendapatkan keuntungan dari bisnismu, entah itu peningkatan penjualan, maupun kesepakatan dengan klien yang sudah lama kamu nanti.

Info wajib baca: Pipi Kanan Kedutan, Ketahui Fakta Medis serta Mitosnya Menurut Primbon Jawa

4. Kedatangan orang jauh

Apabila kamu mengalami kondisi ini, bisa menandakan bahwa kamu akan kedatangan tamu jauh, baik itu keluarga, teman, bahkan orang yang tidak kamu kenal sekalipun. Khususnya bagi kamu yang tinggal jauh dari keluarga, hal ini bisa kamu manfaatkan dengan baik seperti mempererat silaturahmi. Jika orang yang tidak kamu kenal, maka manfaatkanlah momen ini dengan baik untuk membangun relasi yang kuat di kemudian hari.

5. Kehilangan sesuatu yang berharga

Pertanda ini tidak selalu baik menurut primbon Jawa. Bukan hanya mendapatkan keuntungan maupun kasih sayang, kedutan di pinggang kiri bisa menjadi pertanda bahwa kamu akan kehilangan sesuatu yang berharga bagimu. Namun hal yang perlu diingat adalah, kamu harus tetap berpikir positif dan mempersiapkan diri untuk segala hal yang terjadi di masa depan.


Ternyata Indonesia juga mempunyai tradisi kepercayaan yang mirip-mirip dengan zodiak, ya! Itu dia arti kedutan pada pipi kanan menurut primbon Jawa maupun fakta medis. Bagaimana pendapatmu? Tulis di kolom komentar, yuk!

Hal yang perlu diingat adalah, tetaplah berpikir positif untuk menarik keberuntungan yang ada di sekitarmu dan percaya pada potensi dirimu. Selain berusaha untuk kesuksesan, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi agar hal-hal baik yang ditandakan oleh kedutan tersebut dapat terwujud di dalam hidupmu.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Jakarta Pusat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare