...
kedutan kelopak mata kiri
5-min read

Ini Penyebab Kedutan Kelopak Mata Kiri Atas Menurut Medis serta Cara Mengatasinya

kedutan kelopak mata kiri

Penasaran dengan penyebab kedutan kelopak mata kiri itu karena apa? Cek di sini aja, yuk.

Apakah kamu pernah merasakan kedutan kelopak mata kiri atas? Nggak bisa dipungkiri lagi bahwa kondisi ini kerap membuat seseorang yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang penyebab kedutan kelopak mata kiri atas serta gimana cara mengatasinya, yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Info wajib baca: Peruntungan Weton Kamis Wage | Dari Karir, Rezeki, dan Jodoh!

Penyebab Kedutan Kelopak Mata Kiri Menurut Medis

kedutan kelopak mata kiri
Source: Orami

Salah satu tanda adanya masalah yang menyebabkan kejang otot dan saraf di sekitar mata adalah kedutan kelopak mata kiri atas. FYI, hal ini dapat terjadi selama berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan.

Kedutan mata kiri atas dapat disebabkan oleh beberapa hal dan kamu bisa simak masing-masing penjelasannya di bawah ini:

1. Penyebab kedutan kelopak mata kiri: Mata lelah

Kelelahan mata adalah penyebab pertama kedutan mata kiri atas. Beberapa hal dapat menyebabkan mata lelah, seperti terlalu lama menatap ponsel, membaca buku, atau menghadap laptop sepanjang hari saat bekerja.

Untuk mengatasi masalah ini, beristirahatlah lebih awal pada malam hari untuk memberi mata waktu istirahat yang ideal.

2. Stres

Selain masalah fisik, masalah mental seperti stres juga dapat menyebabkan kedutan pada mata kiri atas. Stres juga dapat menyebabkan kedutan pada mata karena otot-otot dan saraf di sekitar tubuh menegang terlalu banyak, termasuk mata. Jika stres kamu berkurang, gejala ini akan berangsur hilang.

3. Mata kering

Salah satu penyebab mata kering adalah terlalu lama menatap layar ponsel. Orang yang menderita kondisi ini sering mengedipkan mata secara tidak sadar untuk mempertahankan kelembapan mata.

Nah, kedipan yang terlalu intens dapat menyebabkan saraf di sekitar mata menjadi berkedut.

4. Alergi

Sering kali, nih, alergi mata menyebabkan gatal. Saat mengalaminya, kamu pasti akan sering mengusap mata untuk menghilangkan rasa tidak nyaman itu. Padahal mengusap mata terlalu sering, tuh, dapat menyebabkan keluarnya histamin, yang dapat menyebabkan iritasi dan kedutan pada mata.

Untuk mengatasi masalah alergi ini kamu dapat menggunakan obat tetes atau berkonsultasi dengan dokter mata daripada mengusap matamu.

5. Konsumsi obat

Efek samping penggunaan obat tertentu, seperti obat golongan antipsikotik dan antiepileptic, dapat menyebabkan kedutan pada mata kiri atas. Jadi segera konsultasikan kepada dokter jika kamu mengalami gejala yang tidak nyaman setelah mengonsumsi obat-obatan tersebut.

6. Penyakit Parkinson, jadi penyebab kedutan kelopak mata kiri

Penyakit parkinson adalah masalah sistem saraf yang menyebabkan gangguan pergerakan pada penderitanya. Sering kali, kondisi ini ditandai oleh tremor pada anggota tubuh tertentu, kekakuan, dan keterlambatan gerak.

Salah satu gejala penyakit parkinson adalah kedutan mata kiri atas yang berlangsung lama. Namun, untuk memastikan gejala ini, kamu harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter ya.

7. Bell’s palsy

Bell’s palsy adalah kelumpuhan pada otot wajah. Kondisi ini dapat muncul ketika saraf yang bertanggung jawab atas otot-otot wajah bengkak atau meradang.

Salah satu tanda penyakit bell’s palsy adalah kedutan mata kiri atas. Nyeri kepala, kedutan wajah, kesulitan untuk makan, dan gangguan bicara adalah gejala lain yang mungkin muncul.

8. Distonia, jadi penyebab kedutan kelopak mata kiri

Distonia adalah gangguan kontraksi otot yang menyebabkan gerakan berulang, termasuk pada otot mata. Ini dapat menyebabkan kedutan di bagian kiri atas mata selama berhari-hari.

Meskipun distonia tidak menyebabkan rasa sakit pada tubuh penderitanya, kondisi ini bisa dapat mengganggu aktivitas kamu dalam jangka panjang.

9. Konsumsi kafein dengan berlebihan

Sebaiknya batasi konsumsi kafein setiap hari untuk mencegah kedutan mata yang berkelanjutan. Ini karena kafein mengaktifkan sistem saraf, yang membuat kelopak mata akan berkedut.

Info wajib baca: Apa Arti Rambut Dipotong Orang Lain Menurut Islam? Ini Jawabannya! 

10. Merokok dan minum alkohol

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, seperti kafein, juga dapat menegangkan otot tubuh, lho. Kandungan kafein pada alkohol dan zat kimia pada asap rokok berpotensi memicu ketegangan pada saraf kelopak mata sehingga terjadi kedutan pada mata.

11. Ketidakseimbangan nutrisi, penyebab kedutan kelopak mata kiri

Terakhir, kedutan mata kiri atas menurut medis juga bisa terjadi karena ketidakseimbangan nutrisi. Kekurangan vitamin B dan cairan dapat menyebabkan otot dan saraf di sekitar mata terganggu hingga mengalami kedutan.

Cara Mengatasi Kedutan Mata Kiri

kedutan kelopak mata kiri
Source: SehatQ

Dalam kebanyakan kasus, gejala mata berkedut akan hilang sendiri, tetapi kamu dapat mengurangi gejalanya dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Kompres mata

Mata lelah adalah salah satu penyebab kedutan mata kiri atas. Mengompres area mata dengan kain bersih yang direndam air hangat sebelum tidur dapat meredakan gejalanya.

2. Tidur lebih awal

Dengan tidur lebih awal, kamu juga dapat mengurangi kedutan mata kiri atas karena lelah. Insomnia adalah orang yang paling sering mengalami kondisi ini.

Cobalah untuk mulai memejamkan mata sepuluh hingga lima belas menit lebih awal dari waktu tidur kamu biasanya. Selain itu, kamu juga dapat memutar musik saat menjelang tidur untuk merelaksasi pikiran dan mengurangi stres.

3. Pijat refleksi

Tujuan dari pijatan refleksi ini adalah untuk melemaskan otot yang kaku dan tegang. Caranya: pijat lembut area alis dengan gerakan memutar selama beberapa menit hingga otot mata relaks.

4. Berkonsultasi kepada dokter

Kedutan pada mata biasanya bukan penyakit yang mengkhawatirkan. Namun, jika kedutan pada mata terjadi terus-menerus dan tidak membaik setelah kamu mencoba beberapa metode di atas, ada baiknya kamu segera berkonsultasi langsung ke dokter, ya.


Nah, jadi apakah kamu juga sudah pernah merasakan kondisi kedutan kelopak mata kiri ini? Bagaimana kamu menyikapinya? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare