...
pipi kanan kedutan
5-min read

Pipi Kanan Kedutan, Ketahui Fakta Medis serta Mitosnya Menurut Primbon Jawa

pipi kanan kedutan

Hampir semua orang pasti pernah mengalami kedutan pada pipi kanan. Namun ternyata ada beberapa fakta unik di baliknya!

Pipi kanan diketahui memiliki banyak arti di baliknya, baik secara ilmiah maupun menurut sebuah kepercayaan dari kebudayaan tertentu. Kamu baru saja mengalami kedutan pada pipi kanan dan ingin mengetahui makna di baliknya? Jika iya, kamu mendarat di artikel yang tepat.

Penasaran arti kedutan pada pipi kanan, baik secara medis maupun menurut kebudayaan primbon Jawa? Jangan khawatir, karena Minkost akan menjabarkan segala hal yang ingin kamu ketahui tentang kondisi ini. Pastikan untuk membaca secara menyeluruh agar pengetahuanmu bertambah. Mari kita mulai!

Apa Itu Pipi Kanan Kedutan?

Source: Halodoc

Kedutan biasa disebut juga sebagai kejang hemifasial yang merupakan suatu kondisi sistem saraf di mana otot-otot di satu sisi wajah berkedut. Penyebab kejang hemifasial paling sering adalah pembuluh darah yang bersentuhan atau berdenyut pada saraf wajah.

Cedera saraf wajah atau tumor juga bisa menjadi penyebabnya. Meskipun begitu, kondisi ini terkadang tidak diketahui penyebabnya.

Tidak hanya pada pipi kanan, kejang hemifasial ini juga bisa terjadi pada pipi kiri ataupun keduanya. Gerakan otot ini, disebut juga kontraksi, sering kali dimulai pada kelopak mata. Kemudian mungkin beralih ke pipi dan mulut di sisi wajah yang sama.

Pada awalnya, kejang hemifasial datang dan pergi. Namun ini bisa terjadi selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun, serta terjadi hampir setiap saat.

Info wajib baca: Kedutan Mata Kiri Atas, Ini 4 Artinya Menurut Medis dan Primbon Jawa

Arti Pipi Kanan Kedutan Menurut Medis

Kejang hemifasial adalah kelainan pada saraf wajah. Gangguan ini biasanya merupakan kondisi primer, yang berarti tidak diketahui penyebab utamanya. Sedangkan kejang hemifasial sekunder adalah kejang yang disebabkan oleh hal lain, misalnya cedera pada saraf wajah atau tumor. Penyebab sekunder lainnya meliputi:

  • Pembuluh darah menekan saraf wajah tempat keluarnya batang otak.
  • Bell’s palsy, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan kelemahan pada salah satu sisi wajah. Saat saraf wajah beregenerasi, saraf tersebut mungkin mengeluarkan beberapa sinyal menyimpang yang menyebabkan kedutan.
  • Lesi batang otak seperti yang terbentuk ketika lapisan mielin saraf diserang oleh sistem kekebalan tubuh seperti pada multiple sclerosis.
  • Malformasi dan kelainan pada pembuluh darah di otak, antara lain:
  • kusutnya pembuluh darah (anomali arteriovenosa)
  • Titik lemah atau tipis pada arteri di otak (aneurisma intrakranial) yang menggembung atau menggembung
  • Koneksi abnormal antara arteri dan vena (fistula arteri-vena)
  • Infeksi pada telinga atau tulang mastoid, terletak tepat di belakang telinga.
  • Tumor di kelenjar ludah yang berada tepat di belakang telinga.

Info wajib baca: Mengalami Kedutan di Pantat Kanan? Ini Artinya Menurut Primbon Jawa dan Ilmu Kesehatan

Pipi Kanan Kedutan Menurut Primbon Jawa

pipi kanan kedutan
Source: Orami

Lantas, apa saja arti pipi kanan kedutan menurut Primbon Jawa? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini:

1. Keberuntungan akan segera datang

Apakah kamu adalah seorang lelaki dan sedang atau telah mengalami kedutan pada pipi kanan? Menurut primbon Jawa, hal tersebut menandakan bahwa kamu akan mendapatkan keberuntungan, lho.

Adapun Keberuntungan yang didapatkan bisa dari semua aspek, baik itu keuangan, karir, percintaan, maupun hubungan dengan teman dan keluarga.

2. Akan ada air mata yang jatuh

Bagi kalian yang mengalami kondisi ini, bisa jadi akan ada suatu peristiwa yang membuatmu sedih, bahkan hingga menangis. Kondisi ini ditandai dengan kedutan pada pipi kanan di bawah mata. Meskipun begitu, kamu tetap harus berpikir positif serta mempersiapkan diri untuk segala hal yang akan terjadi.

3. Kesehatan yang baik

Mengalami kondisi pipi kedutan di dekat hidung? Ini adalah pertanda baik untukmu! Baik bagi wanita maupun pria, ini menandakan bahwa kamu akan mendapatkan kesehatan yang optimal, baik secara fisik maupun mental.

Selain itu, kamu juga akan diselamatkan dari marabahaya yang mendekatimu. Meskipun begitu, tetaplah berbuat baik serta jaga kesehatanmu dengan makan makanan yang bergizi serta olahraga dan istirahat yang cukup, ya.

4. Hal yang menjengkelkan segera datang

Mengalami kedutan pada pipi kanan di dekat bibir? Sebaiknya hati-hati, dikarenakan akan ada hal maupun orang yang membuatmu jengkel hingga mengomel. Minkost sarankan agar kamu tetap bersabar saat mengalami kondisi ini, sebab hal yang menjengkelkan tidak datang setiap hari.

Makna di balik pipi kanan kedutan menurut primbon Jawa tidak terbukti secara ilmiah. Meskipun begitu, tetap hargailah kepercayaan kebudayaan ini. Selain itu, tetap berbuat dan berpikir positif di setiap kegiatan yang akan kita lakukan.

Pengobatan Pipi Kanan Kedutan

Jika sudah mengganggu keseharian, kamu bisa melakukan pengobatan pada kondisimu. Perawatan untuk kejang hemifasial mungkin termasuk:

  • Suntikan botulinum, yakni suntikan toksin botulinum (Botox) ke otot yang terkena akan membuat otot tidak bergerak untuk sementara waktu. Perawatan ini perlu diulang setiap beberapa bulan. Ini mengendalikan gejala pada kebanyakan orang.
  • Beberapa obat, termasuk obat antikonvulsan, dapat meredakan kejang hemifasial pada beberapa orang.
  • Ada beberapa jenis operasi yang dapat membantu meredakan kejang hemifasial. Salah satu jenis operasi, yang disebut dekompresi, melibatkan pembuatan lubang pada tengkorak dan pembukaan penutup otak, yang disebut dura. Ini memperlihatkan saraf wajah tempat ia meninggalkan batang otak.

Seorang ahli bedah kemudian menemukan pembuluh darah menekan saraf wajah. Menempatkan bahan seperti spons di antara saraf dan pembuluh darah akan mengurangi tekanan pada saraf. Operasi ini sering kali berhasil meredakan kejang hemifasial.

Prosedur lain termasuk menghancurkan bagian saraf wajah dengan pembedahan dan gelombang panas dan radio, yang disebut termokoagulasi frekuensi radio.


Ternyata Indonesia juga mempunyai tradisi kepercayaan yang mirip-mirip dengan zodiak, ya! Itu dia arti kedutan pada pipi kanan menurut primbon Jawa maupun fakta medis. Bagaimana pendapatmu? Tulis di kolom komentar, yuk!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Jakarta Pusat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare