...
kelebihan dan kekurangan sepeda listrik
5-min read

Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Listrik | Wajib Tahu Sebelum Beli!

kelebihan dan kekurangan sepeda listrik

Apa saja kelebihan dan kekurangan sepeda listrik? Simak artikel berikut ini, ya!

Apakah kamu sudah pernah coba menggunakan sepeda listrik? Sebagai alternatif transportasi yang ramah lingkungan dan hemat biaya, banyak orang mulai beralih ke kendaraan ini.

Namun, seperti halnya produk lain, sepeda listrik memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli. Jadi, dengan membaca artikel ini, kamu akan mengetahui apakah sepeda listrik cocok untuk digunakan dalam aktivitas harianmu atau tidak!

Apa Itu Sepeda Listrik?

Apa itu Sepeda Listrik?
Source: Lazada

Sepeda listrik adalah sepeda yang menggunakan motor elektrik untuk mendapatkan daya. Nah, mayoritas sepeda listrik tersedia dengan opsi pedal di mana kamu dapat menggunakannya sebagai bantuan untuk saat daya listrik sedang habis dan bantuan gaya dorong sehingga masih bisa difungsikan.

Namun, ada juga beberapa sepeda listrik yang hanya bergantung pada motor saja. Jenis sepeda ini lebih cocok bagi mereka yang ingin bersepeda dengan gaya santai dan mudah, terutama di kawasan dengan jalan raya yang curam atau naik turun bukit.

Sebagai penggerak, sepeda listrik biasanya menggunakan baterai jenis litium atau baterai sepeda konvensional untuk mendapatkan daya. Motor yang digunakan juga bervariasi dari motor brushless, motor DC, dan motor AC.

Bila kamu ingin berhemat energi, opsi sepeda listrik boleh dipertimbangkan, nih. Sepeda ini nyaman dan aman untuk digunakan, lebih daripada sepeda tanpa motor. Setelah kamu selesai menggunakannya, kamu hanya perlu meletakkan sepeda di tempat yang kering dan aman untuk beristirahat.

Kemudian, baterai bisa ikut dilepaskan dan dipasang kembali setelah jeda waktu tertentu. Dengan pemeliharaan yang tepat, sepeda listrik dapat digunakan selama kurang lebih 8 hingga 10 tahun. Awet banget, kan? Bisa banget untuk menjadi pilihan kamu mendukung mobilitas jarak dekat.

Kelebihan Sepeda Listrik

Kelebihan Sepeda Listrik
Source: Lazada

Lantas, apa saja kelebihan yang dimiliki sepeda listrik? Nah, berikut ini di antaranya:

1. Ramah lingkungan

Keunggulan utama dari sepeda listrik adalah ramah lingkungan. Sepeda listrik beroperasi dengan menggunakan motor listrik dan baterai yang dapat diisi ulang, sehingga tidak menghasilkan emisi berbahaya ke atmosfer seperti sepeda motor bertenaga bensin atau diesel.

2. Kelebihan sepeda listrik: Hemat biaya

Selanjutnya, sepeda listrik memiliki biaya operasional yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kendaraan motor. Pasalnya, kamu hanya perlu mengisi daya baterai sepeda listrik yang biayanya jauh lebih rendah dibandingkan dengan bahan bakar kendaraan bermotor.

3. Mudah digunakan

Sepeda listrik mudah digunakan dan hanya memerlukan sedikit usaha fisik saja jika dibandingkan dengan sepeda biasa. Motor listrik pun bisa membantu kamu dalam bersepeda, terutama pada medan yang curam atau jarak jauh.

4. Tidak perlu izin

Karena sepeda listrik dianggap sebagai sepeda, maka kamu tidak memerlukan izin khusus atau lisensi untuk mengendarainya. Nah, keuntungan ini bisa membuat sepeda listrik menjadi alternatif yang lebih mudah dan murah bagi kendaraan bermotor.

5. Kelebihan sepeda listrik: Mudah untuk diparkir

Dalam pemanfaatan ruang, sepeda listrik juga lebih mudah diparkir dibandingkan dengan kendaraan bermotor tradisional. Kamu bisa memarkirnya di hampir semua tempat, bahkan di ruang kecil.

6. Bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Meskipun sepeda listrik membantu kamu dalam bersepeda, tetap saja aktivitas bersepeda akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kamu, seperti meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh.

7. Tingkat kebisingan rendah

Kelebihan lain dari sepeda listrik yaitu suara yang lebih tenang dibandingkan dengan sepeda motor tradisional. Suara yang lebih tenang ini pastinya tidak akan mengganggu lingkungan dan orang-orang di sekitarnya.

Kekurangan Sepeda Listrik

Kekurangan Sepeda Listrik
Source: Hallo Ternate – Hallo Id

Walau mempunyai begitu banyak kelebihan, namun sepeda listrik juga pastinya tidak lepas dari kekurangan. Nah, berikut ini sejumlah kekurangan yang terdapat pada sepeda listrik:

1. Jarak tempuh terbatas

Karena dayanya yang relatif cukup kecil, sepeda listrik memiliki jarak tempuh yang terbatas tergantung pada kapasitas baterai. Hal ini juga dapat menjadi masalah jika kamu perlu bersepeda jarak jauh atau melakukan perjalanan dengan sepeda listrik dalam waktu yang lama.

2. Kekurangan sepeda listrik: Biaya awal yang tinggi

Meskipun sepeda listrik lebih hemat biaya operasionalnya, namun biaya awal untuk membeli sepeda listrik bisa jauh lebih mahal dibandingkan dengan sepeda tradisional. Tingginya harga ini juga bisa menjadi pertimbangan saat seseorang ingin memiliki sepeda listrik.

3. Keterbatasan aksesori

Mengingat distribusi dan produksinya yang masih terbatas, aksesori untuk sepeda listrik, seperti baterai cadangan atau charger, mungkin lebih sulit ditemukan atau mahal dibandingkan dengan aksesori untuk sepeda tradisional.

4. Tidak sesuai untuk medan yang terjal

Meskipun sepeda listrik membantu kamu dalam bersepeda, tetap saja motor listriknya mungkin tidak cukup kuat untuk medan yang sangat terjal.

5. Kekurangan sepeda listrik: Ketergantungan pada baterai

Sepeda listrik memerlukan baterai yang harus diisi ulang secara berkala sehingga akan sangat tergantung pada hal ini. Jika kamu lupa mengisi baterai atau baterai tidak berfungsi, maka sepeda listrik tidak dapat digunakan.

6. Berat

Sepeda listrik biasanya lebih berat dibandingkan dengan sepeda tradisional, terutama karena baterai dan motor listrik yang diperlukan untuk membuatnya beroperasi. Nah, hal ini juga bisa menjadi masalah jika kamu perlu membawa sepeda listrik di tempat yang sulit diakses.

7. Kekurangan sepeda listrik: Perlu perawatan lebih intensif

Sepeda listrik memerlukan perawatan yang lebih intensif dibandingkan dengan sepeda tradisional. Maka dari itu, kamu harus secara teratur memeriksa baterai, motor listrik, dan sistem lainnya untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik.

Jenis dan Harga Sepeda Listrik

Jenis dan Harga Sepeda Listrik
Source: BRADERIAN

Tertarik untuk mempunyai sepeda listrik? Eits, kenali dulu beberapa jenisnya berikut ini:

1. Sepeda listrik lipat

Sepeda listrik lipat cocok untuk orang yang membutuhkan mobilitas yang tinggi dan mudah disimpan. Harganya berkisar antara Rp2 juta – Rp10 juta, tergantung pada merek dan spesifikasi.

2. Sepeda listrik jalan raya

Sepeda listrik jalan raya dirancang untuk berkendara di jalan raya. Harganya berkisar antara Rp5 juta – Rp20 juta tergantung pada merek dan spesifikasi.

3. Jenis dan harga sepeda listrik gunung

Sepeda listrik gunung cocok untuk off-road dan medan yang sulit. Harganya berkisar antara Rp10 juta – Rp50 juta tergantung pada merek dan spesifikasi.

4. Sepeda listrik moped

Sepeda listrik moped adalah sepeda listrik yang mirip dengan sepeda motor. Harganya berkisar antara Rp5 juta -Rp25 juta tergantung pada merek dan spesifikasi.

5. Sepeda listrik City Bike

Sepeda listrik city bike adalah sepeda listrik yang dirancang untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan. Harganya berkisar antara Rp3 juta – Rp15 juta tergantung pada merek dan spesifikasi.

Info wajib baca: Beberapa Kelebihan Mobil Hybrid yang Harus Kamu Tau

Pilihan Merek Sepeda Listrik

Ingin mempunyai sepeda listrik tapi bingung memilihnya? Yuk, simak pilihan merek sepeda listrik berikut ini:

1. Viar U3

Pilihan pertama ada sepeda listrik Viar, yang terkenal dengan produk transportasi terjangkau dengan kualitas juara. Nah, varian Viar U3 ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena rangkanya yang sudah menggunakan baja kokoh, jarak tempuh yang bisa mencapai 50 km, hingga teknologi antiair yang dapat meminimalisir terjadinya korsleting listrik.

2. Uwinfly D7S

Selanjutnya, ada Uwinfly D7S yang menjadi pilihan banyak orang saat hendak memilih sepeda listrik. Kelebihan dari sepeda motor listrik ini adalah shock breakernya yang nyaman dan dua rem di depan dan belakang yang pakem. Soal keamanan, sepeda motor listrik ini juga sudah dilengkapi dengan alarm.

3. Uwinfly RF8

Masih dari merek Uwinfly, kamu bisa memilih seri RF8 yang nggak kalah menarik. Kelebihan dari sepeda listrik ini adalah tenaganya yang sangat besar karena bisa mencapai 600 watt. Selain itu, jarak tempuhnya juga cukup bisa diandalkan karena dapat melaju hingga 60 km. Desainnya pun menarik banget karena sudah menggunakan single seat yang empuk ala vespa.

4. Selis Nuri 500 Watt

Selis merupakan merek sepeda listrik asal Indonesia yang bisa dengan mudah kamu temukan di pasaran saat ini. Melalui seri Nuri 500 Watt, Selis menghadirkan sepeda dengan motor penggerak yang bertenaga dengan sistem pengeraman tromol yang responsif. Bahkan, sepeda listrik ini juga kuat untuk menampung beban berat karena sudah menggunakan rangka baja yang kokoh.

Di-updated oleh: Yoga


Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan sepeda listrik yang wajib kamu ketahui jika ingin membeli sepeda listrik. Alangkah baiknya untuk mempertimbangkan segala sesuatunya sesuai dengan situasi kamu sendiri sebelum membeli suatu barang ya, gaes! Mulai dari kebutuhan penggunaan serta budget yang kamu punya untuk membeli barang tersebut.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Surabaya Murah

Info Kost Semarang Murah

Kost Solo Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare