...
kelebihan mobil hybrid
5-min read

Ini Beberapa Kelebihan Mobil Hybrid yang Harus Kamu Tau

kelebihan mobil hybrid

Tertarik beli mobil baru? Simak beberapa kelebihan mobil hybrid berikut ini sampai habis!

Udah pernah denger ‘mobil hybrid‘? Pasti udah pernah, dong, masa iya belum pernah. Ada yang belum pernah? Tenang, kostmin bakal jelasin secara singkat soal mobil hybrid ini, ya, biar kamu makin tau!

Mobil hybrid, sejatinya adalah kendaraan berupa mobil yang memiliki lebih dari satu sumber tenaga dalam pengoperasiannya. Di mana dalam hal ini, nggak seperti mobil konvensional yang cuma punya satu sumber tenaga, mobil hybrid memiliki dua sumber tenaga, yaitu energi minyak atau BBM, dan energi listrik.

Kelebihan Mobil Hybrid

kelebihan mobil hybrid
Source: Suara.com

Dengan inovasi baru ini, mobil hybrid tentunya memiliki beberapa kelebihan tersendiri yang tentu berbeda dengan mobil konvensional yang biasa kita kemukan sehari-hari, membuatnya dilirik banyak orang. Penasaran dengan kelebihan mobil hybrid? Simak penjelasannya sampai habis, ya!

1. Efisiensi Bahan Bakar yang Lebih Tinggi

Salah satu keuntungan utama mobil hybrid adalah efisiensi bahan bakarnya yang lebih tinggi. Mobil hybrid menggunakan teknologi yang memungkinkan mereka menggunakan bahan bakar lebih sedikit daripada mobil konvensional. Hal ini terjadi karena mobil hybrid memiliki dua jenis mesin, yaitu mesin listrik dan mesin bensin atau diesel.

Mesin listrik pada mobil hybrid akan membantu menggerakkan mobil pada kecepatan rendah, sedangkan mesin bensin atau diesel akan membantu saat mobil sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Dalam kondisi normal, mesin listrik pada mobil hybrid akan menggerakkan mobil dalam kecepatan rendah, sehingga penggunaan bahan bakar akan lebih sedikit.

2. Mengurangi emisi gas buang

Mobil hybrid juga membantu mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh mobil konvensional. Sebagian besar mobil hybrid dilengkapi dengan teknologi regeneratif yang memungkinkan energi kinetik yang dihasilkan oleh mobil saat menginjak rem untuk diubah menjadi energi listrik dan disimpan dalam baterai mobil. Hal ini mengurangi kebutuhan akan pengisian baterai listrik mobil dari sumber luar, yang sering kali masih menggunakan bahan bakar fosil.

3. Biaya operasi yang lebih rendah

Mobil hybrid juga memiliki biaya operasi yang lebih rendah daripada mobil konvensional. Dalam jangka panjang, mobil hybrid dapat menghemat banyak uang karena penggunaan bahan bakar yang lebih sedikit. Selain itu, biaya perawatan pada mobil hybrid juga lebih rendah karena mobil ini memiliki komponen yang lebih sedikit dan lebih tahan lama.

Info wajib baca: Praktikkan 6 Tips Persiapan Mudik Naik Motor dan Mobil Ini agar Perjalanan Aman dan Selamat

4. Punya kinerja yang lebih baik

Meskipun mobil hybrid dikenal sebagai mobil yang hemat bahan bakar, namun mobil ini juga memiliki kinerja yang baik. Mobil hybrid memiliki torsi yang kuat dan responsif, terutama saat mobil sedang bergerak pada kecepatan tinggi. Selain itu, penggunaan mesin listrik pada mobil hybrid memberikan akselerasi yang cepat dan halus saat mobil mulai berjalan.

5. Getaran mesin halus dan tidak menimbulkan bising

Biasanya, getaran dari mesin akan menimbulkan suara yang bising, terutama saat mobil melaju pada kecepatan yang cenderung rendah, misalnya saat macet. Hal ini tentunya membuat para pengendara merasa kurang nyaman dan terkadang mengganggu.

Nah, ini juga yang jadi salah satu kelebihan mobil dengan tenaga hybrid. Ketika melaju di kecepatan rendah, mobil akan menggunakan tenaga listrik dan baterai. Dengan begitu, getaran mesin yang dihasilkan akan lebih halus dan nggak ada suara-suara yang mengganggu.

6. Ramah Lingkungan

Mobil hybrid juga ramah lingkungan karena menghasilkan emisi gas buang yang lebih sedikit daripada mobil konvensional. Hal ini dikarenakan sistem tenaga yang dipakai ada dua jenis. Ini juga menjadikan mobil hybrid sebagai pilihan yang baik bagi kamu yang peduli dengan lingkungan.

Berbeda dengan Mobil Listrik

Tidak Sama Dengan Mobil Listrik
Source: Teknolagi.net

Saat ini, sudah banyak perusahaan kendaraan yang menciptakan dan menyediakan mobil hybrid, kamu tinggal pilih saja sesuai dengan kebutuhan dan dana yang dipunya. Perlu diketahui juga, kalau mobil hybrid ini berbeda dengan mobil listrik, ya, gaes!

“Emang apa bedanya, min?” Yang membedakan adalah, mobil listrik hanya menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya, sedangkan mobil hybrid masih menggunakan bahan bakar minyak sebagai sistem penggeraknya, dan juga dilengkapi dengan sistem baterai yang akan otomatis terisi saat mobil berjalan.

Selain itu, mobil listrik tentunya tidak menghasilkan emisi gas buang, sedangka mobil hybrid masih menghasilkan emisi gas buang tapi dalam jumlah yang lebih sedikit dibanding dengan mobil konvensional. Dalam sekali cas, mobil listrik dapat menempuh jarak hingga ratusan kilometer.

Namun, perlu diingat, walaupun bisa menempuh jarak yang jauh karena baterai yang besar, semakin cepat kamu melajukan mobil listrik, maka semakin banyak pula daya yang akan dikeluarkan. Artinya, semakin tinggi kecepatan mobilmu melaju, semakin cepat baterai mobil listrik kamu akan habis.

Sedangkan untuk mobil hybrid, karena memiliki dua sumber tenaga salam pengoperasiannya, tentunya kita nggak perlu terlalu khawatir soal bahan bakar yang cepat habis jika melajukan mobil ini dalam kecepatan yang tinggi.

Info wajib baca: Berapa Tarif Parkir Inap Bandara? Wajib Tahu Kalau Kamu Sering Bepergian Jauh


Nah, itu tadi beberapa keunggulan mobil hybrid, serta perbedaannya dengan mobil listrik. Wah, jaman sekarang, makin maju teknologi, jenis mobil juga makin banyak, ya! Tertarik buat beli mobil hybrid? Atau ada rekomendasi merek mobil jenis ini? Tulis di komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, ikuti akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat. Nggak percaya? Langsung cek aja!

DAPATKAN INFO KOST DI DAERAH FAVORITMU:

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UB Malang

Info Kost Dekat UIN Jakarta

Info Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare