...
pergaulan tidak sehat
5-min read

Kenali Pergaulan Tidak Sehat dan 5 Penyebabnya | Para Orang Tua pun Harus Tahu

pergaulan tidak sehat

Pergaulan tidak sehat tentunya menjadi hal negatif dan bisa berdampak kepada diri seseorang.

Pergaulan tidak sehat bisa mendorong seseorang terjerumus ke dalam lingkungan yang salah. Oleh karena itu, peran orang tua sangat diperlukan dalam hal ini. Pasalnya, hal ini identik pula dengan pergaulan bebas yang semakin banyak terjadi di kalangan anak muda.

Masalah salah gaul ini makin sering muncul dan diberitakan melalui media online. Apa lagi dapat mengakibatkan berbagai efek negatif bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pergaulan tidak sehat ini yang bisa dilihat dari perilaku emosional dan nggak sabaran, saatnya kamu baca artikel ini hingga selesai.

Info wajib baca: 7 Makanan Khas Banten Lezat yang Wajib Coba | Ada Hidangan Legendaris!

Pengertian Pergaulan Tidak Sehat

pergaulan tidak sehat
Source: Liputan6.com

Pergaulan tidak sehat adalah proses bergaul dengan orang lain tanpa ikatan maupun aturan, sehingga menghasilkan hal-hal negatif bagi kehidupan orang yang terlibat di dalamnya. Sebenarnya, pergaulan nggak sehat dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis perilaku menyimpang yang telah melampaui batas aturan masyarakat yang umum.

Sangat kuat atau lemahnya suatu jenis interaksi sosial tersebut akan berdampak terhadap pergaulan yang terjalin. Dibandingkan dengan mereka yang hanya bertemu atau melakukan interaksi sosial secara tidak langsung, seseorang yang selalu bertemu dan berinteraksi dengan orang lain dalam jangka waktu relatif lama akan lebih mudah dibentuk karakternya.

Interaksi sosial yang berlangsung tidak hanya menentukan seberapa kuat atau lemah pergaulan tersebut, tetapi juga bagaimana pergaulan itu sendiri, apakah itu sehat atau tidak? Dalam contoh kelompok sosial, interaksi dapat menyebabkan pergaulan yang sehat, maupun pergaulan positif.

Faktor Penyebab Pergaulan Tidak Sehat

pergaulan tidak sehat
Source: Alodokter

Apa saja, sih, penyebab pergaulan yang negatif? Kamu bisa mengetahuinya dari daftar di bawah ini:

1. Keluarga yang tidak harmonis

Salah satu penyebab utama anak terjerumus ke dalam pergaulan yang tidak sehat adalah keluarga atau orang tua tidak harmonis. Ini dapat terjadi karena anak sering melihat orang tuanya bertengkar, rumah yang hancur, atau karena kurangnya kasih sayang.

Akibatnya, anak akan mencari pelampiasan di luar atau bersama dengan teman-temannya, misalnya suka berbuat ulah agar diperhatikan oleh orang lain. Apabila orang tuanya sering bertengkar, anak tersebut akan menjadi pribadi yang emosional atau mudah marah.

2. Berada di lingkungan negatif

Lingkungan seseorang juga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pergaulannya karena sangat mendukung pertumbuhan dan pola pikir seseorang. Apabila seseorang dibesarkan dalam lingkungan yang baik, maka itu akan berpengaruh positif terhadap kepribadiannya.

Walau bagaimanapun, jika seorang anak dibesarkan dalam lingkungan yang tidak baik atau tidak sehat, seperti lingkungan dengan banyak preman, maka besar kemungkinan dia akan tumbuh dengan kepribadian yang sama dengan orang-orang di sekitarnya. Pasalnya dia selalu melihat hal tersebut dan akan menirunya karena dianggap sesuatu yang normal.

3. Konten tidak sehat dari media sosial

Teknologi modern memungkinkan penyebaran informasi dengan cepat, termasuk konten nggak sehat yang dapat memengaruhi seseorang ke dalam pergaulan salah. Konten seperti pornografi dan SARA adalah salah satu contohnya.

4. Kurangnya pendidikan norma dan nilai

Tidak mempelajari nilai dan norma sosial dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk membedakan mana yang benar dan salah. Oleh karena itu, ketika seseorang menghadapi masalah, mereka akan menjadi apatis dan melakukan tindakan bertentangan dari nilai dan norma masyarakat yang berlaku.

5. Kurangnya pemahaman agama

Kurang pendidikan tidak hanya menyebabkan seseorang terjerat ke dalam pergaulan yang salah, di sisi lain kurangnya pemahaman agama juga menyebabkan seseorang bergaul secara nggak benar. Berhubung hati manusia mudah goyah dan terpengaruh, seseorang yang tidak memiliki keyakinan agama juga mudah terseret ke dalam salah pergaulan.

Info wajib baca: 6 Makanan Khas Riau yang Wajib Dicoba saat Berkunjung, Bikin Ketagihan!

Ciri-ciri Pergaulan Tidak Sehat

Pergaulan yang tidak sehat bisa ditandai oleh beberapa hal berikut ini:

  • Suka menghamburkan uang untuk hal- hal yang tidak berfaedah.
  • Sering menghalalkan segala cara termasuk memilih jalan yang haram dan keji.
  • Rasa penasaran dan ingin mencoba maupun merasakan hal negatif.
  • Perubahan pikiran yang mengarah kepada hal-hal negatif.
  • Perubahan lingkungan sehat dan nggak sehat dalam pergaulan dengan kelompok-kelompok yang tidak mempedulikan nilai dan norma dalam masyarakat.
  • Mudah mengalami kegelisahan yang mendorong seseorang untuk menggunakan obat-obat terlarang atau alkohol untuk menenangkan diri.
  • Tidak sabaran dalam melakukan segala hal.
  • Emosional atau mudah terbawa emosi.
  • Selalu ingin melawan.
  • Rasa malas.

Dampak Pergaulan Tidak Sehat

Pergaulan tidak sehat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap diri sendiri, orang tua, dan lingkungan. Beberapa dampaknya adalah sebagai berikut:

  1. Menyebabkan seseorang bertindak tidak sesuai nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, sehingga sering kali ia mendapat kecaman, bahkan dibenci oleh masyarakat di sekitarnya.
  2. Menurunnya derajat kesehatan, misalnya karena mengonsumsi alkohol dan obat-obat terlarang.
  3. Mengakibatkan ketergantungan, hal ini biasanya terjadi kepada seseorang yang sering mengonsumsi obat-obat terlarang untuk memberikan sensasi melayang (fly) bagi dirinya.
  4. Meningkatkan kriminalitas, karena seseorang yang terjerat hal negatif dapat dengan mudah tergoyahkan untuk melakukan tindakan kriminalitas, misalnya mencuri.
  5. Menyebarkan penyakit, ini bisa terjadi kepada mereka yang biasanya suka melakukan seks bebas atau sering berganti-ganti pasangan seksual, sehingga mempermudah penyebaran HIV/AIDS.

Cara Mengatasi Pergaulan Tidak Sehat

Agar tidak terjerat dalam pergaulan yang salah, kamu harus coba cara berikut ini:

1. Selektif pilih teman

Karakter seseorang cukup dipengaruhi oleh lingkungan pertemanan mereka. Teman adalah pihak yang paling sering berhubungan dengan kita ketika masih remaja.

Akibatnya, kamu harus selektif dalam memilih teman. Hindari berhubungan dengan teman-teman yang dianggap dapat berdampak buruk.

2. Perbanyak kegiatan positif

Untuk menghindari pergaulan yang tidak baik, cobalah untuk menyibukkan diri dengan melakukan perbuatan positif. Misalnya, berpartisipasi dalam aktivitas di organisasi yang baik dan melakukan hal-hal positif.

Dengan menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif, kamu pasti akan dapat menghindari pergaulan yang tidak baik, seperti pergaulan bebas.


Itulah pembahasan mengenai pergaulan tidak sehat. Semoga informasi ini membantu kamu ya, khususnya para orang tua yang masih memiliki anak di bawah umur dan masih remaja.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare