...
universitas swasta di surabaya
5-min read

9 Universitas Swasta Surabaya Terbaik, Calon Mahasiswa Merapat!

universitas swasta di surabaya

Sejumlah universitas swasta di Surabaya bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Bagi kamu calon mahasiswa atau pelajar SMA yang akan lulus, memilih universitas untuk melanjutkan pendidikan tinggi dapat disiapkan dari sekarang, lho. Selain memilih perguruan tinggi negeri (PTN), saat ini banyak universitas swasta yang berkualitas, termasuk universitas swasta di Surabaya.

Menyandang status sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur, menjadikan kota Surabaya sebagai salah satu kota favorit bagi calon mahasiswa untuk pendidikan tinggi atau kuliah. Nggak heran banyak kost di Surabaya yang dihuni oleh perantau, nih.

Kamu penasaran dengan universitas-universitas swasta di Surabaya terbaik? Langsung aja simak daftar kampusnya sampai habis, ya, gaes!

Info wajib baca: Tertarik Masuk PTN? Yuk Simak Syarat-Syarat Pendaftaran Seleksi PTN 2023!

Universitas Swasta di Surabaya Terbaik

Nah, berikut adalah beberapa universitas swasta di Surabaya terbaik dan berkualitas yang dapat kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

1. Universitas Kristen Petra (UKP)

universitas swasta di surabaya
Source: iBisnis

Pertama ada Universitas Kristen Petra atau biasa disingkat dengan UKP. Perguruan tinggi swasta (PTS) yang berlokasi di Siwalankerto ini memiliki 5 fakultas dan 42 program studi di dalamnya.

Ada 3 prodi dengan jumlah peminat terbanyak, yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Informatika. Tidak hanya itu, ada juga sejumlah prodi yang cukup menarik seperti Broadcast and Journalism, Internet of Things, Desain Komunikasi Visual, Automotive, dan masih banyak lagi.

Kampus ini juga sudah memiliki akreditasi A, lho. Selain itu, UKP meraih penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) dari LLDIKTI Wilayah VII Jatim selama 14 kali berturut-turut.

2. Universitas Surabaya (Ubaya)

universitas swasta di surabaya
Source: Ngopibareng.id

Selanjutnya ada Ubaya, kampus ini merupakan PTS terbaik di Jawa Timur versi QS Asia University Rankings 2022. Ubaya memiliki tiga buah kampus, dua di antaranya berlokasi di dalam kota Surabaya, yaitu di Jalan Kalirungkut dan Jalan Ngagel Jaya Selatan. Sedangkan kampus III berada di Trawas, Mojokerto.

Universitas dengan akreditasi A ini memiliki 8 fakultas dan 1 Politeknik, dari mulai program D3, S1, Profesi, hingga S2 ada di kampus ini, lho. Bahkan peminat dari fakultas di Ubaya kian meningkat dari tahun ke tahun.

Nah, fakultas dengan peminat tertinggi antara lain yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknobiologi, dan Fakultas Industri Kreatif.

3. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

universitas swasta di surabaya
Source: Daftar Harga dan Tarif

Kampus yang akrab disebut dengan UNTAG ini terletak di Jalan Semolowaru ini merupakan salah satu universitas swasta populer di Surabaya. Berdasarkan pemeringkatan dari lembaga internasional, UniRank, UNTAG menduduki peringkat 77 secara nasional. 

UNTAG memiliki 7 fakultas, yang terdiri di antaranya yaitu Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi, hingga Sastra. Jenjang yang tersedia di kampus ini yaitu mulai D3, S1, S2, dan S3.

4. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS)

universitas swasta di surabaya
Source: Brain Personalities

Selanjutnya ada kampus yang berlokasi di Jalan Dukuh Kupang, yaitu UWKS. Kampus ini menduduki peringkat 88 secara nasional, berdasarkan pemeringkatan dari UniRank. 

UWKS memiliki 8 fakultas dan beragam program studi di dalamnya.

Beberapa fakultas yang tersedia di kampus ini di antaranya yaitu Teknik, Kedokteran, Kedokteran Hewan, Pertanian, Bahasa dan Sains, dan lainnya.

5. Universitas Ciputra (UC)

universitas swasta di surabaya
Source: Universitas Ciputra

Kampus yang biasa disebut UC ini sudah memiliki akreditasi A dan membekali mahasiswanya untuk dapat menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

Tidak lain tujuan utama dari UC yaitu agar mahasiswa dapat menciptakan banyak lapangan kerja baru. Bahkan, terdapat kegiatan rutin yaitu Entrepreneurship Day yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa. 

Terdapat 8 fakultas dengan berbagai prodi di kampus yang berlokasi di kawasan Citraland Surabaya ini. Tiga prodi di antaranya menjadi favorit calon mahasiswa dengan persaingan yang sangat ketat. Yakni Visual Communication Design, Business Management, dan Ilmu Komunikasi.

Universitas Swasta di Surabaya yang Berkualitas 

Selanjutnya ada pula universitas Swasta di Kota Pahlawan yang juga berkualitas dan tidak sepi peminat.

6. Universitas Narotama (UN)

universitas swasta di surabaya
Source: Universitas Narotama

Berikutnya ada Universitas Narotama, kampus yang terletak di Jalan Arief Rachman Hakim ini merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) yang sudah berdiri sejak 1981. Universitas Narotama memiliki 5 fakultas dengan lebih dari 10 program studi. 

Berbagai macam program studi di kampus yang biasa disebut UN ini di antaranya yaitu Sistem Informasi, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Ilmu Hukum, Manajemen, dan lainnya.

7. Universitas Dr. Soetomo (Unitomo)

universitas swasta di surabaya
Source: Unitomo

Unitomo berlokasi di Semolowaru. Kampus ini cukup menarik, nih, pasalnya kampus ini cukup terkenal dengan prestasi non-akademiknya. Prestasi yang berhasil diraih mulai dari tingkat lokal, regional, nasional bahkan internasional, lho. Tak heran apabila kampus ini menghasilkan sejumlah atlet nasional dari berbagai cabang olahraga.

Unitomo memiliki 9 fakultas, di antaranya yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Komunikasi, Pertanian, dan Teknik. Terdapat tiga program studi dengan peminat tertinggi di kampus ini, yaitu Manajemen, Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Humas dan Jurnalistik, serta Teknik Informatika. 

Info wajib baca: Contoh Soal PTS Kelas 4 Semester 1 dan Jawabannya

8. Universitas Muhammadiyah Surabaya

universitas swasta di surabaya
Source: UM Surabaya

Kampus yang akrab disebut UM Surabaya ini berlokasi di Jalan Sutorejo dan memiliki moto Kampus Sejuta Inovasi. UM Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) yang terkemuka dan memiliki kerja sama baik nasional maupun internasional. Dari internasional, UM Surabaya bekerja sama dengan sejumlah kampus di Singapura, Malaysia, dan Australia.

Terdapat 8 fakultas di kampus ini, terdiri dari fakultas Agama Islam, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kedokteran, Teknik, hingga Program Pascasarjana. Di setiap fakultas terdapat berbagai program studi menarik yang dapat kamu pilih.

9. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)

universitas swasta di surabaya
Source: Orami

Kampus yang biasa disingkat UKWMS ini memiliki 3 kampus di Surabaya. Yakni kampus Dinoyo, Kalijudan, dan Pakuwon City. Kampus ini juga meraih ranking 1 dalam kategori Perguruan Tinggi Afiliasi Terbaik di Science and Technology Index (SINTA).

Terdapat sejumlah program studi unggulan yang kerap diincar calon mahasiswa, yaitu Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Farmasi, dan Teknologi Pangan.

Bagi kamu yang ingin masuk prodi Teknik Kimia, kampus ini sangat layak dijadikan pilihan. Hal itu karena prodi Teknik Kimia UKWMS menduduki peringkat 1 di Indonesia yang dinilai berdasarkan aspek penelitian dan publikasi ilmiah.


Setelah membaca daftar universitas swasta di Kota Surabaya, kira-kira kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di mana, nih? Coba tinggalkan pendapatmu di kolom komentar, ya.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Kost Depok Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare