...
Kost Karawang
5-min read

5 Rekomendasi Kost Murah dan Strategis di Kawasan Industri Karawang

Kost Karawang

Bingung cari kost Karawang yang murah dan strategis? Yuk simak informasi di bawah ini!

Dengan dukungan internet yang semakin canggih setiap waktunya, mencari tempat kost di berbagai kota dengan fasilitas memadai dan biaya murah pun semakin mudah! Salah satunya yaitu kost di daerah Karawang.

Karawang yang termasuk dalam daerah provinsi Jawa Barat ini punya julukan sebagai “Lumbung Padi”. Kok, bisa? Ternyata ini ada kaitannya dengan luas areal pertaniannya yaitu 94.311 hektare dari wilayah Kabupaten Karawang yaitu 1.753,27 kilometer persegi atau 175.327 hektare. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, daerah ini telah berkembang menjadi kawasan industri terbesar di Indonesia.

Tidak hanya itu, Karawang juga memiliki beberapa julukan lain seperti Kota Pangkal Perjuangan karena kota ini yang menjadi saksi bisu peristiwa Rengasdengklok yang menandai kemerdekaan Indonesia. Kota Karawang juga mendapat julukan Kota Industri karena daerahnya yang sekarang dikelilingi oleh banyak industri.

Tenang, bukan berarti tinggal di Karawang bakal membosankan, ya. Kota ini juga memiliki berbagai tempat yang menarik untuk dikunjungi. Ada apa aja, sih? Yuk, baca terus artikel ini.

Tempat Wisata Menarik di Karawang

Green Canyon Karawang
Source: kcic.co.id

Dikenal sebagai Kota Indistri, kamu akan menemukan tempat wisata menarik di Karawang. Cek daftar lengkapnya di bawah ini.

1. Vihara Sian Djin Ku Poh

Vihara Sian Djin Ku Poh ini berlokasi di Jalan Muhammad Toha No. 9 Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Tempat ibadah ini awal dibangun pada abad 17 Masehi oleh tiga orang pendatang asal Tiongkok yang bernama Kau, Lau, dan Tsee.

Asal mula nama vihara ini diambil dari nama nenek moyang ketiga orang pendatang tersebut yaitu Ma Ku Po. Tidak hanya digunakan menjadi tempat ibadah umat Budha, vihara yang berjarak 4 kilometer dari pusat kota Karawang ini juga tidak dipungut biaya masuk.

Vihara ini juga dibuka selama 24 jam sehingga masyarakat bisa mengunjungi tempat ini kapan saja. Vihara Sian Djin Ku Poh ini juga menyediakan beberapa fasilitas umum selain tempat ibadah seperti di antaranya toilet, area parkir, restoran makanan China, dan kolam ikan.

Dengan arsitektur yang unik dan artistik, kamu dapat mengambil beberapa foto untuk diabadikan. Tapi, tetap jaga kebersihan dan bersikap sopan santun, ya!

2. Green Canyon Karawang

Eits, nggak cuma Amerika aja, lho, yang punya Green Canyon. Kamu juga bisa mengunjungi Green Canyon atau bisa disebut juga Curug Taneuh di Karawang yang berlokasi di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang. Buat penyuka wisata alam bebas, tempat ini cocok banget buat kamu.

Green Canyon Karawang ini memiliki tempat bernama ‘mini green canyon‘ di mana terdapat air terjun dan sungai berwarna hijau yang jernih. Warga sekitar juga menyediakan fasilitas seperti sewa ban bagi pengunjung yang ingin berenang di sekitar Green Canyon Karawang ini.

Tiket masuk untuk ke Green Canyon Karawang ini dipatok dengan harga Rp10.000/orang (dewasa), sewa ban atau pelampung Rp15.000, dan biaya parkir mulai Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Selain itu, terdapat fasilitas umum lainnya seperti musala, terapi ikan, dan warung-warung penjual makanan ringan.

Jika ditempuh dari pusat kota, untuk sampai ke Green Canyon Karawang memakan waktu sekitar 45 menit. Jadi, kalau kamu ada waktu luang untuk berlibur, tempat ini bisa jadi salah satu daftar wisata yang bisa kamu kunjungi untuk healing.

3. Kampung Budaya Karawang

Kampung Budaya Karawang
Source: Suara Purwasuka

Tempat wisata yang dibangun pada tahun 2015 ini terletak di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kampung Budaya ini merupakan hasil bentuk kerja sama antara pemerintah Kota Karawang dengan Dinas Kebudayaan dalam melestarikan seni dan budaya asli Karawang.

Ketika masuk ke dalam Kampung Budaya, kamu dapat menikmati pemandangan dengan suasana perkampungan khas Sunda zaman dulu dengan area persawahannya. Bagian dalamnya juga ada dua sanggar tari yang masih aktif mengajar berbagai jenis tari tradisional seperti tari jaipong, pedalangan, dan budaya Sunda lainnya.

Untuk masuk ke Kampung Budaya ini tidak ada pungutan biaya apa pun, alias gratis. Kamu juga dapat menikmati sajian makanan khas Sunda dari beragam jenis rumah makan Sunda yang ada di dalamnya.

Beberapa fasilitas umum yang disediakan oleh Kampung Budaya Karawang ini di antaranya gazebo, warung makan, toilet, musala, pendopo, villa kampung budaya, dan gedung pertunjukan. Tidak ada jam operasional khusus untuk tempat wisata ini sehingga kamu dapat mengunjunginya kapan saja.

Kampung Budaya ini dapat dicapai dengan perjalanan sejauh 2 kilometer dari gerbang tol Karawang Barat. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini beramai-ramai dengan teman maupun keluarga.

4. Pantai Pelangi

pantai pelangi karawang
Source: libur.co

Nah, bagi yang menyukai pemandangan laut lepas, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Pelangi yang berlokasi di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Selain memiliki spot foto yang Instagramable, Pantai Pelangi ini juga dikenal akan ombaknya yang tenang. Selain itu terdapat berbagai jenis kuliner yang dapat dicoba oleh para wisatawan.

Untuk dapat masuk ke Pantai Pelangi, kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp15.000, di mana harga tersebut juga sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Beberapa fasilitas umum yang disediakan antara lain toilet, ruang ganti, warung makan, musala, dan gazebo.

Jam operasional Pantai Pelangi dibuka setiap hari Senin sampai Minggu pukul 07.00 sampai pukul 18.00 waktu setempat. Tempat wisata ini sangat cocok untuk mengisi libur akhir pekan kamu bersama teman maupun keluarga.

Kampus Populer di Karawang

Selain tempat wisata, daerah Karawang juga memiliki beberapa kampus populer dan terbaik, lho, jika kamu ingin melanjutkan pendidikan. Yuk, kenalan sama beberapa kampus di daerah Karawang.

Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA)

Source: Quipper

Universitas yang berakreditasi B ini telah berdiri sejak 2 Februari 1982 dan menjadi salah satu universitas terkenal di daerah Karawang. Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) ini berlokasi di Jalan HS. Ronggo Waluyo, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat.

UNSIKA memiliki 9 fakultas dan 32 program studi yang terdiri atas 3 program diploma, 26 program sarjana, dan 3 program pasca sarjana. Beberapa fakultas yang ada di Universitas Singaperbangsa Karawang ini di antaranya Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Agama Islam, dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Biaya kuliah di UNSIKA mulai dari Rp5.500.000 per semester. Buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah, universitas ini patut untuk dijadikan pertimbangan karena tidak kalah bagus dari kampus lainnya.

Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang

Bagi kamu yang memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan di bidang kelautan dan perikanan, politeknik satu ini bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk kamu. Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang ini berlokasi di Jalan Lingkar Tanjungpura, Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat.

Politeknik Kelautan dan Perikanan ini berada di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Program studi yang ada di Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang di antaranya Teknik Kelautan, Teknik Pengolahan Produk Perikanan, Teknik Penangkapan Ikan, dan Budaya Ikan.

Tujuan didirikannya Politeknik Kelautan dan Perikanan adalah untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang kelautan dan perikanan. Biaya kuliah untuk Politeknik Kelautan dan Perikanan ini ternyata gratis, alias tidak dipungut biaya, lho!

Universitas Buana Perjuangan Karawang (UBP)

universitas buana perjuangan karawang
Source: Biaya.info

Universitas yang terakreditasi B ini berlokasi di Jalan HS. Ronggo Waluyo, Puseurjaya, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat. Universitas Buana Perjuangan Karawang atau disingkat UBP Karawang ini berdiri sejak tahun 2014 sehingga masih dapat dikatakan baru. Namun, kualitasnya tidak kalah bagus dari kampus swasta lainnya di Karawang.

Program studi yang ada di Universitas Buana Perjuangan di antaranya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Farmasi.

Biaya kuliah Universitas Buana Perjuangan mulai dari Rp1.400.000 yang bisa dicicil 9x selama setahun sehingga total per tahun sekitar Rp15.000.000. Buat kamu yang sedang aktif mencari tempat kuliah terutama di daerah Karawang, UBP Karawang bisa dimasukkan ke dalam daftar kampus pilihanmu.

Perusahaan Besar di daerah Karawang

Berhubung Karawang dijuluki sebagai Kota Industri, ini, ada banyak perusahaan besar di daerah Karawang dengan gaji yang relatif tinggi. Cocok buat kamu yang sedang mencari peluang kerja, nih. Kira-kira apa aja, ya. perusahaan itu? Yuk, simak daftar di bawah ini!

1. PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

PT ADM Karawang
PT Source: daihatsu.co.id

Pabrik PT Astra Daihatsu Motor – Engine Plant berlokasi di Jalan Maligi Raya Lot A-5, Kawasan Industri KIIC Karawang. Beberapa kendaraan yang pasarkan dari pabrikan asal Jepang ini antara lain Daihatsu Terios, Daihatsu Xenia, Daihatsu Sirion, Daihatsu Gran Max, Daihatsu Ayla, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang ingin bergabung, nih, kisaran gaji di Daihatsu ditawarkan mulai dari Rp5 juta hingga Rp10 juta untuk latar belakang lulusan teknik, mulai dari Operator Mesin Produksi hingga Mechanical Engineering. Sedangkan untuk bagian Human Resources, Accounting, dan IT akan mendapatkan range gaji antara Rp6 juta sampai Rp10 juta.

2. PT Toyota Motor Manufactoring Indonesia

Source: toyota.co.id

PT Toyota Motor Manufactoring Indonesia beralamat di Jalan Permata Raya Lot DD-1, Kawasan Industri KIIC Karawang. Beberapa kendaraan yang diproduksi oleh PT Toyota antara lain Kijang, Fortuner, Sienta, Yaris, Veloz, dan Calya.

Gaji di Toyota berkisar mulai dari Rp5 juta hingga Rp7 juta per bulan. Gambarannya karyawan dari bidang finance mulai dari Rp5,7 juta, HR Admin mulai dari Rp5,5 juta, dan engineering mulai dari Rp5,6 juta.

3. PT Bridgestone Tire Indonesia

Source: Bridgestone.com

PT Bridgestone Tire Indonesia ini berlokasi di Kawasan Industri Surya Cipta Kav 8-13, Karawang. Bridgestone merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan ban untuk mobil, truk komersial, bus, lampu cahaya truk, truk pengangkat barang, ban dalam maupun tube.

Gaji yang ditawarkan mulai dari Rp2 juta hingga Rp10 juta. Untuk karyawan magang di berbagai bidang mulai dari Rp2,5 juta sampai Rp4,2 juta. Admin produksi mulai dari Rp5 juta sampai Rp6 juta, sementara staf industrial engineering mulai dari Rp7,5 juta sampai Rp10 juta.

Kost Murah di Karawang untuk Karyawan dan Mahasiswa

Karena dikelilingi oleh banyak tempat wisata, universitas populer, dan perusahaan-perusahaan besar, banyak tempat kost-kostan yang bisa kamu temukan di daerah Karawang. Berikut beberapa rekomendasi kost Karawan yang murah di lokasi strategis.

1. Kos Resinda Karawang

Kos Resinda Karawang

Salah satu kost Karawang yang dapat kamu pertimbangkan adalah Kos Resinda yang berlokasi di perumahan Resinda Blok D8 No.8, Purwadana, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Dengan biaya Rp 600.000/bulan, kamu akan mendapatkan kamar berjendela yang menghadap ke luar dengan bangunan dilengkapi kamera CCTV dan Wi-Fi, serta fasilitas kompor, microwave, kulkas, serta mesin cuci.

Nah, di dalam perumahan Resinda sudah tersedia mall dan hotel. Kos Resinda ini juga memiliki akses yang dekat ke beberapa fasilitas publik seperti RS Islam Karawang, Resinda Park Mall, dan Stasiun Karawang. Lumayan strategis, kan?

Untuk info lebih lanjut terkait Kos Resinda yang diperuntukkan bagi kost putra dan kost putri ini kamu bisa klik link di bawah ini, ya!

2. Glory Kost Karawang

kost karawang
Glory Kost

Selanjutnya ada kost murah lain yang dapat kamu temukan di daerah Karawang, yaitu Glory Kost. Kost ini berlokasi di Jalan Tambak Baya I No. 5, Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat.

Glory Kost terdiri atas dua tipe bangunan kost khusus putri dan kost campur. Fasilitas yang disediakan antara lain AC, area parkir, CCTV, dapur, meja kompor, microwave, dispenser, jendela yang menghadap ke luar, kompor, kulkas, dan tempat jemur pakaian. Wah, lengkap banget, ya?

Untuk kost putri, biaya yang ditetapkan mulai dari Rp1.400.000/bulan dengan 1 tempat tidur, AC, lemari dan kamar mandi di dalam. Oh ya, biaya ini di luar dari biaya listrik. Untuk kamar campur, harga sewa kost mulai dari Rp1.200.000/bulan dengan fasilitas sama seperti kamar kost putri dan biayanya juga belum termasuk tagihan listrik.

Selain itu, lokasi Glory Kost juga sangat strategis, lho! Kost Karawang ini dekat ke Alun-alun Kota Karawang, Stasiun Karawang, Ciplaz Karawang, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Buana Perjuangan Karawang, dan RSUD Karawang.

Kalau ingin cari tahu lebih lanjut tentang Glory Kost, kamu juga bisa klik link di bawah ini!

3. Kost Blok F15 Colombus Residence

Blok F15 Colombus Residence

Kost Blok F15 Colombus Residence ini berlokasi di Jalan Galuhmas Raya Colombus Residence Blok F15, Sukaharja, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kost ini menyediakan beberapa fasilitas seperti area parkir, dapur, dispenser, dan kulkas.

Dengan biaya Rp1.700.000/bulan di luar tagihan listrik, kamu akan menempati 1 kamar yang dilengkapi oleh 1 tempat tidur, AC, lemari, kursi, TV kabel, dan kamar mandi di dalam. Kost ini juga cukup strategis karena dekat fasilita publik seperti RS Permata Keluarga, Wonderland Adventure, RSUD Karawang, CGV Cinemas Festive Walk Karawang, maupun Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA).

Kalau kamu ingin cari tahu lebih lanjut tentang Kost Blok F15 Colombus Residence, kamu juga bisa klik link di bawah ini!

4. Kost Blok F2 Colombus Residence

Blok F2 Colombus Residence

Masih di sekitar Colombus Residence, kost ini berlokasi di Jalan Galuhmas Raya Ruko Colombus Residence Blok F2, Sukaharja, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Sama seperti kost sebelumnya, fasilitas yang disediakan antara lain area parkir, dapur, dispenser, dan kulkas.

Dengan biaya Rp1.800.000/bulan yang belum termasuk biaya listrik, nih, kamu akan mendapatkan kamar dengan tempat tidur, AC, lemari, kursi, TV kabel, dan kamar mandi dalam.

Beberapa tempat yang memiliki akses dekat dengan kost Karawang ini di antaranya RS Permata Keluarga, Wonderland Adventure, RSUD Karawang, CGV Cinemas Festive Walk Karawang, Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA).

Untuk info lebih lanjut terkait Kost Blok F2 Colombus Residence, kamu bisa langsung klik tombol di bawah ini.

5. Kost Ardico Residence

Ardico Residence

Kost satu ini berlokasi di Jalan Pakuncen, Sukaharja, Kecamatan Telukjambe, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Fasilitas yang disediakan berupa area parkir, dapur, dispenser, dan kompor.

Dengan biaya Rp2.000.000/bulan, kamu dapat menikmati 1 kamar yang dilengkapi AC, lemari, meja, TV kabel, dan kamar mandi dalam serta pemanas air. Lokasi kost ini juga cukup strategis dan berdekatan dengan Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA). Cocok untuk mahasiswa rantau, nih.

Langsung klik tombol di bawah untuk info lebih lanjut terkait ngekost di Ardico Residence ini.


Itu dia beberapa info mengenai Kota Karawang yang penting kamu ketahui jika akan tinggal di sana, mulai dari tempat wisata, kampus populer, perusahaan-perusahaan besar di Karawang, dan rekomendasi kost murah di Karawang. Sekarang kamu makin tertarik buat tinggal di Karawang, kan?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Manado Murah

Kost Jakarta Selatan Murah

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Dago Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare