...
kuda tomprok
5-min read

Mengenal Permainan Kuda Tomprok dan Bahayanya

kuda tomprok

Apa itu kuda tomprok yang sebabkan seorang siswa di SMP Bekasi meninggal dunia? Ini penjelasannya.

Permainan kuda tomprok menimbulkan berbagai pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, permainan ini banyak yang menganggapnya sebagai aktivitas yang berisiko tinggi.

Lalu, muncul pertanyaan, apa sebenarnya kuda tomprok? Kuda tomprok adalah jenis permainan tradisional yang umumnya dimainkan oleh anak laki-laki.

Kegiatan ini sering kali dilakukan di sekitar rumah, taman, atau area luas lainnya. Beberapa kali, anak laki-laki juga melibatkan permainan ini saat waktu luang di sekolah, sebagai cara untuk bersenang-senang bersama teman-teman mereka.

Namun, di balik itu, ada risiko yang dapat membahayakan nyawa seseorang ketika permainan ini dijalankan. Untuk mengetahui lebih banyak fakta mengenai kuda tomprok, yuk baca artikel ini sampai habis.

Info wajib baca: 8 Permainan Anak Tradisional Khas Sunda, Pernah Mainkan Salah Satunya?

Mengenal Permainan Kuda Tomprok

kuda tomprok
Source: beranda

Secara umum, permainan ini melibatkan sejumlah anggota yang dibagi menjadi dua kelompok. Pertama kelompok yang berfungsi sebagai kuda dan satu lagi sebagai kelompok penunggang.

Setiap kelompok harus memiliki jumlah anggota yang seimbang, sekitar 5-10 orang. Selanjutnya, setiap kelompok akan menentukan peran masing-masing sebagai kuda atau penunggang.

Info wajib baca: 7 Tempat Wisata Siantar Hits dan Kekinian di Tahun 2023

Cara Bermain Kuda Tomprok

Permainan tradisional yang dikenal sebagai kuda tomprok telah menjadi kegemaran anak-anak sejak zaman dahulu. Permainan ini melibatkan sejumlah peserta, minimal 7 anak, yang dibagi menjadi 2 kelompok.

Kelompok pertama bertindak sebagai kuda, sementara kelompok kedua berperan sebagai penunggang. Sekitar 5 anak dari kelompok pertama menunjukkan posisi seperti kuda dengan membungkukkan kepala ke bawah dan pantat terangkat ke atas.

Kepala mereka dimasukkan ke selangkangan teman di depannya. Anak-anak ini membentuk barisan dari depan ke belakang, bergandengan tangan, membentuk posisi L dengan menekuk tubuh.

Seorang anak berdiri tegak di bagian depan untuk menopang deretan teman yang berperan sebagai kuda. Dari kejauhan, anggota kelompok kedua akan berlari satu per satu dan melompat ke atas punggung teman-teman mereka yang berperan sebagai kuda.

Proses ini dilakukan secara bergantian. Ketika seorang anggota kelompok kedua berhasil melompat ke atas punggung yang dianggap sebagai kuda, anggota kelompok pertama harus bersiap-siap menerima lompatan berikutnya di atas punggung mereka.

Info wajib baca: Olahraga Tangan Paling Disukai, Ini Sejarah dan Aturan Permainan Bola Voli

Bahaya Permainan Kuda Tomprok

Source: kaskus.co.id

Permainan Kuda Tomprok adalah sebuah aktivitas tradisional yang populer di kalangan anak-anak hingga remaja, terutama di antara anak laki-laki. Aturan permainan ini melibatkan dua tim, di mana tim yang berada di atas disebut sebagai penunggang dan di bawah sebagai kuda.

Setiap tim terdiri dari 5 hingga 6 orang. Tugas tim penunggang adalah melewati dan melompati tubuh rekan-rekan mereka yang menjadi kuda di tim bawah.

Anggota tim bawah harus membungkuk dan menjaga keseimbangan kuda-kuda mereka. Hal tersebut bertujuan agar dapat menahan beban tubuh tim penunggang yang akan melompat dan duduk di atas punggung mereka.

Bahaya dalam permainan ini terjadi saat adegan di mana anggota tim penunggang melompat ke atas punggung anggota tim bawah yang berperan sebagai kuda. Jika kuda-kuda yang berada di tim bawah tidak mampu menopang, ada risiko jatuh baik untuk penunggang maupun kuda.

Karena wajah anggota tim kuda menghadap ke bawah, hal ini dapat menyebabkan risiko terhadap wajah. Dan kepala menyentuh tanah terlebih dahulu jika terjadi kesalahan dalam permainan.


Nah, apa kamu tahu bahaya lain dari permainan kuda tomprok tersebut? Langsung tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare