...
wisata siantar
5-min read

7 Tempat Wisata Siantar Hits dan Kekinian di Tahun 2023

wisata siantar

Beberapa rekomendasi tempat wisata Siantar yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Siantar.

Berlibur merupakan salah satu yang penting untuk melepaskan penat agar kamu terhindar dari stres. Sebelum berangkat berlibur, tentu perlu merencanakan destinasi wisata dengan baik, termasuk mengetahui lokasi, jam buka, harga tiket masuk, dan fasilitas yang tersedia.

Bagi kamu yang bingung memilih tempat tujuan, tidak perlu khawatir karena kostmin sudah merangkum 7 rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk keluarga di daerah Siantar. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Info wajib baca: 6 Wisata di Ambarawa yang Wajib Kamu Kunjungi, Dari Candi Hingga Gua!

Rekomendasi Wisata Siantar

Pematang Siantar yang sering disebut sebagai Siantar merupakan sebuah kota yang terkenal dengan beragam destinasi wisata. Perjalanan ke Pematang Siantar menjadi lebih lengkap dengan mengeksplor tempat-tempat wisata terbaru dan paling diminati.

Dalam rangka itu, kostmin sudah merangkum 7 destinasi wisata di Siantar yang kami rekomendasikan untuk kamu kunjungi. Apa saja? Simak sampai habis ya.

1. Kebun Teh Sidamanik

wisata siantar
Source: kompas.com

Perkebunan teh Sidamanik merupakan perkebunan teh terbesar yang dimiliki oleh PTPN IV dan masih beroperasi hingga saat ini. Sebagai perkebunan teh terbesar kedua di Indonesia, perkebunan teh Sidamanik tidak hanya berperan sebagai produsen teh terkemuka di negara ini.

Tetapi kebun teh tersebut juga menjadi destinasi wisata yang paling diminati dan menawan di Siantar. Wisatawan baik dari dalam negeri maupun internasional berkunjung ke tempat ini untuk menikmati pemandangan yang indah dan banyak lokasi menarik untuk diabadikan.

  • Alamat: Sidamanik, Simalungun, Sumatera Utara.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB.

2. Air Terjun Bah Biak

Air Terjun Bah Biak merupakan tujuan wisata populer lain di Siantar. Lokasinya menampilkan pemandangan yang memukau dan berdekatan dengan Perkebunan Teh Sidamanik.

Perjalanan dari Perkebunan Teh Sidamanik ke Air Terjun Bah Biak memakan waktu sekitar 8 kilometer atau sekitar 30 menit. Begitu tiba di area parkir, kamu akan melewati beberapa anak tangga.

Dari atas tangga, kamu dapat langsung menikmati kecantikan dan kesegaran air terjun Bah Biak. Air terjun Bah Biak sangat cocok untuk liburan bersama keluarga atau dengan pasangan.

Karena di sini kamu bahkan dapat berenang di kolam yang terletak di bawah air terjun. Suasana udara sejuk dan air yang segar akan mengundang kamu untuk menghabiskan waktu lebih lama di lokasi wisata ini.

Fasilitas yang tersedia juga lengkap, termasuk toilet, seluncuran, dan pondok-pondok yang berjejer di sekitar area air terjun. Tempat ini menjadi pilihan ideal untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam air terjun.

  • Alamat: Sidamanik, Simalungun, Sumatera Utara.
  • Jam buka: 08:00-17:00 WIB.

Info wajib baca: 6 Rekomendasi Wisata di Pandaan, Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun!

3. Siantar waterpark

Siantar Waterpark adalah destinasi liburan yang sangat cocok untuk keluarga. Di sini, berbagai permainan air tersedia untuk membuat anak-anak bahagia dan memberi mereka kesempatan untuk menikmati aktivitas air dengan sepenuh hati.

Waterpark ini menyediakan tiga seluncuran air dan kolam renang untuk pengunjung dewasa maupun anak-anak. Dan dilengkapi dengan air mancur dan ember besar.

  • Alamat: Jalan Rakutta Sembiring No. 1, Naga Pita., Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar.
  • Jam buka: Setiap hari pukul 10.00-18.00 WIB.

4. Patung Dewi Kwan Im

wisata siantar
Source: merdeka

Patung Dewi Kwan Im, yang berada di pusat kota Siantar merupakan tempat wisata yang patut dikunjungi. Meskipun berfungsi sebagai tempat ibadah bagi agama Tionghoa, patung ini terbuka untuk umum yang ingin melihat keindahannya.

Ditempatkan di Vihara Avalokitesvara, patung ini mencapai ketinggian 22,8 meter dan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI), serta dianggap sebagai patung tertinggi di Asia Tenggara. Terbuat dari granit impor langsung dari Tiongkok.

  • Alamat: Jalan Gn. Pusuk Buhit, Kebun Sayur, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar.
  • Jam buka: Setiap hari pukul 07.00-17.00.

Info wajib baca: 5 Coffee Shop di Kemang yang Buka 24 Jam | Asyik Nongkrong sampai Pagi!

5. Pemandian Pulau Batu

Pemandian Pulau Batu telah menjadi destinasi favorit keluarga sejak tahun 2019 dan masih hits sampai sekarang. Pengunjung dari berbagai daerah tertarik dengan keindahan dan kenyamanan Pemandian Pulau Batu.

Pemandangan kawah kecil yang dikelilingi tanaman alami dan air sungai bersih sering dijadikan latar belakang foto. Orang dewasa maupun anak-anak dapat menikmati berendam atau berenang di pemandian ini.

  • Alamat: Jln Sibatu-Batu, Bah Sorma, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar.
  • Jam buka: 24 jam.

6. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja merupakan destinasi wisata keluarga, menawarkan kolam air panas berwarna biru yang dikelilingi oleh batuan kapur putih. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil merasakan sejuknya udara hutan.

Awalnya wisata ini merupakan cagar alam yang dilindungi. Namun, kini tempat ini telah menjadi taman wisata alam karena kunjungan yang semakin meningkat.

  • Alamat: Dolok Marawa, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun.
  • Jam buka: Setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB.

7. Umbul Manigom Nauli

wisata siantar
source: tobaria

Umbul Manigom Nauli adalah destinasi yang menarik dengan kolam pemandian yang memiliki tiga mata air jernih, memungkinkan pengunjung melihat dasar kolam. Semua orang akan tergoda untuk merendam diri di dalamnya.

Tempat wisata ini cocok sebagai tempat refreshing untuk orang dewasa dan anak-anak. Wisata ini di memiliki suasana sejuk dengan pohon-pohon yang menambah keasrian sekitarnya.

  • Alamat: Buntu Bartong, Tiga Dolok, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun.
  • Jam buka: Setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB.

Itulah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Siantar. Destinasi wisata yang telah memberikan kita pengalaman yang tak terlupakan. Dalam setiap cerita dan sudut kota Pematang Siantar, kita menemukan kekayaan budaya dan pesona alam yang memukau.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare