...
kue ulangtahun
5-min read

7 Kue Ulangtahun Unik Aneka Rasa | Bisa Kamu Bikin Sendiri!

kue ulangtahun

Bosan kue ulangtahun yang gitu-gitu aja? Cek beberapa ide kue ulang tahun unik berikut ini, yuk!

Ulang tahun jadi sebuah acara yang berkesan bagi seseorang yang sedang bertambah umur. Acara yang dirayakan setahun sekali oleh banyak orang ini tentu harus memiliki sebuah kenangan yang indah, bahkan unik. Salah satu yang memberi kesan di hari bertambahnya umur adalah kue ulangtahun!

Ada banyak jenis kue ulang tahun yang dijual di toko-toko kue, tapi, kue ulangtahun buatan sendiri akan memberikan sebuah kesan mendalam, baik bagi kamu maupun orang yang menerima kue buatanmu, apalagi jika bentuk dan bahannya nggak biasa!

Kue Ulangtahun yang Rasanya Gurih

Buat kamu yang sedang cari ide kue ulang tahun yang unik buat dikasih ke diri sendiri atau teman, yuk, simak beberapa ide kue ulangtahun yang berikut ini!

1. Kue ulang tahun dari mi goreng

kue ulangtahun
Source: cookpad.com

Kira-kira, kalau mendengar kata ‘mi’, gambaran apa yang muncul di kepala kamu? Mi kuah, mi goreng, mi pedas, atau mi ayam? Kamu nyangka nggak, kalau ternyata mi bisa disulap menjadi sebuah kue ulang tahun yang unik, lho!

Kamu tinggal masak mi goreng seperti biasa, lalu cetak sesuai keinginan atau bentuk-bentuk tertentu, misalnya kotak atau bulat. Kalau mau terlihat lebih meriah bisa ditumpuk di atas nasi, lalu kasih beberapa lauk seperti ayam atau kentang. Kamu juga bisa pakai keju sebagai hiasannya, terus tinggal tambah lilin, deh!

2. Kue ulangtahun nasi goreng

kue ulangtahun
Source: Flokq.com

Hah, nasi goreng jadi kue ulang tahun? Eits, bisa, dong! Kata siapa nggak bisa? Langkah-langkahnya sama seperti membuat kue ulangtahun dari mi goreng. Ikuti saja resep nasi goreng andalanmu seperti biasa, lalu cetak sesuai keinginan kamu.

Makan kue ulangtahun kayak gini, selain enak, juga bikin kenyang perut orang-orang yang memakannya! Selain itu, berkesan juga pastinya, karena kue ini lain dari yang lain!

3. Kue tumpeng

Source: cookpad.com

Siapa, sih, yang nggak kenal sama nasi yang satu ini? Nasi kuning sering kali jadi salah satu hidangan wajib saat hajatan. Baik itu selametan, upacara adat, maupun ulang tahun. Kue dari nasi kuning atau yang biasa disebut dengan ‘tumpeng’ ini sendiri sudah lumayan lumrah di Indonesia.

Kamu bisa bikin sendiri nasi kuning, lalu disusun jadi tumpeng dengan lauk yang sesuai selera. Atau kalau malasmu lagi kumat, nih, tinggal pesan ke rumah makan atau catering yang menyediakan jasa membuat tumpeng untuk hajatan dan acara ulang tahun.

Kue Ulangtahun Rasa Manis

Buat pencinta manis, nih, kue ulang tahun berikut bisa kamu buat sendiri untuk kejutan teman atau keluargamu.

4. Donat susun

kue ulangtahun
Source: detikFood

Donat jadi camilan kesukaan banyak orang, apakah termasuk kamu? Kue berbentuk cincin dengan aneka topping ini, bisa kamu jadikan kue ulangtahun juga, lho! Cukup ditumpuk-tumpuk jadi satu, kasih hiasan permen-permen gula dan lilin, jadi, deh, kue ulang tahun dari donat!

Kalau mau lebih berkesan lagi, kamu bisa bikin sendiri donatnya! Tapi kalau mau lebih praktis, kamu langsung beli donat di toko kue atau tempat yang menjual donat. Simpel tapi lucu!

Info wajib baca: Empal Gentong Cirebon, Kuliner Istimewa Wajib Coba!

5. Kue es krim

kue es krim
Source: IDN Times

Ingin kue manis dengan sensasi dingin? Kamu bisa memilih ice cream cake, alias kue yang terbuat dari es krim! Ada berbagai rasa yang bisa dipilih sesuai seleramu, mulai dari cokelat, stroberi, vanilla, moka, hingga green tea/teh hijau.

Oh ya, agar kue lebih awet kamu bisa mengombinasikan es krim dengan brownies sebagai alasnya. Hmm, kebayang legitnya kue yang satu ini, kan?

6. Kue puding

Source: Pinterest

Nah, selanjutnya ada kue yang terbuat dari puding. Beberapa dari kamu mungkin sudah pernah mendengar kue puding, atau malah sudah pernah mencobanya? Sekarang ini banyak tempat yang menjual kue ulangtahun terbuat dari bahan dasar agar-agar atau puding. Namun, kalau mau lebih hemat dan sesuai selera, sih, kamu bisa bikin sendiri di rumah!

Info wajib baca: 8 Makanan Khas Bogor Wajib Coba hingga Jajanan yang Legendaris

Kue Ulang Tahun Segar

Ada juga, nih, ide kue ulang tahun yang rasanya segar dan sehat.

7. Kue buah

kue ulangtahun
Source: Fimela

Kok, makin aneh, min? Namanya juga kue ulangtahun unik, pasti kuenya harus aneh-aneh dan lain dari kue biasanya, dong! Salah satunya kue dari buah. Memang buah bisa jadi kue ulang tahun? Bisa! Kata siapa nggak bisa?

Kue yang satu ini cocok banget buat kamu yang sedang dalam program diet dan mau mengurangi asupan gula dan kalori. Pastinya kue ‘aneh’ yang satu ini nggak kalah enak dari kue-kue pada umumnya, dan lebih sehat.

Tinggal pilih sendiri buah yang ingin kamu susun bertingkat-tingkat, misalnya semangka, kiwi, apel, anggur, nanas, atau melon. Dijamin nggak bakalan diabetes, deh.


Itu tadi 7 kue ulangtahun unik yang bisa dijadikan ide untuk kamu kasih ke temanmu sebagai kejutan yang unik! Beberapa kue di atas malah bisa kamu bikin sendiri dengan bujet yang murah. Si penerima senang dan bisa dimakan bersama-sama sampai kenyang! Gimana, kamu tertarik bikin ‘kue’ yang mana, nih? Coba bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Balikpapan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare