...
makanan khas bogor
5-min read

8 Makanan Khas Bogor Wajib Coba hingga Jajanan yang Legendaris

makanan khas bogor

Ke Kota Hujan dingin-dingin, berangkatnya bareng Rini. Jangan ketinggalan buat cobain, makanan khas Bogor berikut ini!

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang sangat kaya akan budaya, termasuk soal kuliner. Ada 38 provinsi di Indonesia dan setiap daerahnya pasti memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing, tak terkecuali Bogor. Yuk, kita kenalan dengan beberapa makanan khas bogor di bawah ini!

Kenalan dengan Bogor

Bogor atau yang sering dikenal dengan julukan Kota Hujan ini, terletak di provinsi Jawa Barat. Bogor sendiri memiliki nama lain yaitu Buitenzorg, serasa bukan di Indonesia, ya! Kota ini juga sering kali menjadi salah satu destinasi healing warga Jakarta, karena memang suasananya yang adem dan lokasinya yang ‘hanya’ 55 km, atau sekitar 1,5 jam berkendara saat jalanan bebas macet.

Di samping memiliki nama lain yang unik, Kota Hujan satu ini juga punya makanan khas yang tentunya tidak kalah menarik dan pastinya menggugah selera kamu. Beberapa makanan berikut wajib kamu coba jika berkunjung ke Bogor ini!

Info wajib baca: 13 Rekomendasi Kuliner Pasar Lama Tangerang Wajib Coba, Harga Mulai 10 Ribu!

Makanan Khas Bogor yang Wajib Dicoba

Kamu-kamu yang sedang berkunjung ke Buitenzorg, jangan lupa untuk coba beberapa makanan khas yang ada di bawah ini!

1. Roti Unyil

makanan khas bogor
Source: ZonaBogor

Hayo, kamu pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini, kan? Roti Unyil pasti selalu menjadi salah satu makanan khas Bogor yang sering dibawa sebagai oleh-oleh begitu pulang dari kota ini. Apakah kamu sudah pernah makan roti yang satu ini?

Bentuk dari Roti Unyil yang kecil, cocok dijadikan bekal camilan selama perjalanan atau sembari menikmati pemandangan dan suasana Kota Bogor. Yang menjadikan makanan ini unik adalah pilihan isinya yang banyak dan bentuk uniknya.

2. Pepes sagu

makanan khas bogor
Source: Pinhome

Kalau mendengar kata ‘pepes’, yang langsung muncul di kepala kamu kira-kira apa, nih? Pepes ikan? Pepes ayam? Pepes sayur? Memang ada banyak sekali bahan yang digunakan untuk membuat lauk pepes yang bahan utamanya dibumbui rempah dan dibungkus daun pisang sebelum dikukus atau panggang.

Kali ini yang dibahas juga pepes, tapi menggunakan bahan utama yang bukan berasal dari ikan atau ayam, melainkan sagu! Uniknya lagi, pepes sagu ini memiliki berbagai macam varian rasa seperti nangka, pisang dan juga keju.

Tenang, pepes sagu ini bukan lauk untuk dimakan bersama nasi, tapi kue basah yang dibungkus daun pisang dan dikukus. Gimana, kamu tertarik nggak untuk coba makanan yang satu ini?

3. Jojorong Bogor

makanan khas bogor
Source: Wikipedia

Apa, tuh, Jojorong Bogor? Makanan satu ini adalah camilan manis khas Bogor yang memiliki keunikan pada nama dan cara memakannya.

Uniknya di mana? Sesuai dengan namanya ‘jojorong’, kalau mau makan makanan yang satu ini kita harus sedikit mendorong si adonan campuran tepung kanji dan tepung beras yang ada di dalamnya. Di dalam adonan tersebut berisi gula merah yang memberikan cita rasa manis dan gurih.

Selain itu, mangkuk yang menjadi tempat Jojorong Bogor ini terbuat dari daun pisang yang ujung-ujungnya dirapatkan menggunakan tusuk gigi. Kamu juga tinggal menyendok kue basah yang satu ini dari ‘mangkoknya’. Unik banget!

4. Bajigur

makanan khas bogor
Source: Kompas.com

Yang satu ini merupakan minuman yang bisa dimakan. Gimana, gimana? Minuman, kok, dimakan? Iya, kamu nggak salah baca.

Jadi, bajigur ini adalah minuman tradisional di mana campurannya adalah santan yang dicampurkan oleh gula aren dengan garam, jahe, dan bubuk vanili. Biasanya bajigur jadi incaran di kala udara sedang dingin.

Di dalam bajigur sendiri, biasanya ada topping irisan kolang kaling yang dapat kamu makan. Uniknya dari minuman ini, kamu dapat mengonsumsinya hangat-hangat atau ditambah es kalau butuh minuman dingin-dingin segar. Tinggal dipilih sesuai keinginan!

5. Strudel Bogor

makanan khas bogor
Source: Popmama.com

Makanan yang satu ini juga wajib kamu jadikan sebagai oleh-oleh jajanan enak khas Bogor untuk kamu bawa pulang dan dibagikan kepada teman atau keluargamu! Strudel sendiri sudah menjadi salah satu oleh-oleh khas Bogor yang terkenal, lho.

Strudel Bogor memiliki isian yang cenderung beragam, mulai dari isian yang manis-manis seperti potongan buah, cokelat, atau talas, hingga yang asin dan gurih seperti asinan, daging, dan bakso. Kalau ke Bogor, kamu wajib icip dan bawa pulang makanan yang satu ini!

Info wajib baca: 5 Tempat Makan Sate Taichan Enak dan Murah di Jakarta | Pencinta Makanan Pedas Merapat!

Makanan Khas Bogor yang Legendaris

Makanan-makanan berikut juga tidak kalah menarik untuk kamu coba, terlebih lagi makanan-makan rekomendasi di bawah ini termasuk jajanan legendaris Bogor, lho!

6. Asinan Bogor

makanan khas bogor
Source: Bogor Daily

Banyak dari kalian pasti sudah tidak asing dengan kata ‘asinan’. Salah satu makanan yang cukup khas dan legendaris di Bogor adalah asinannya. Asinan ini sendiri sudah booming sejak lama dan menjadi primadona Kota Buitenzorg.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini pun cukup sederhana, yaitu potongan sayur dan buah segar dengan teknik pengasinan menggunakan garam ataupun cuka. Kamu bisa menikmati asinan Bogor bersama kerupuk serta potongan lontong atau ketupat, atau ditambah dengan sambal untuk kamu yang suka pedas. Tertarik?

7. Laksa Bogor

makanan khas bogor
Source: detikFood

Memangnya cuma negara tetangga yang punya laksa? Indonesia juga punya, dong! Salah satu rekomendasi tempat menikmati laksa yang enak adalah Bogor. Makanan yang satu ini juga sangat terkenal dan menjadi salah satu makanan khas Bogor yang sering dihidangkan di acara-acara besar seperti syukuran, pernikahan, atau kebudayaan.

Isian laksa Bogor kurang lebih terdiri atas ketupat, bihun, tauge, daun kemangi, tahu kuning, dan juga telur rebus. Selain itu, laksa juga menonjolkan bumbu rempah untuk memberikan cita rasa yang unik.

8. Cungkring Bogor

makanan khas bogor
Source: Bisniswisata

Selanjutnya ada makanan Cungkring Bogor. Dari namanya, apakah makanan ini bisa bikin kurus? Bukan, gaes! Cungkring sendiri diambil dari nama bahan-bahan yang digunakan untuk makanan tradisional ini, yaitu cungur (bibir) dan kaki garingan, makanya disebut ‘cungkring’.

Cungkring Bogor sendiri menjadi salah satu makanan legendaris Bogor yang langka, lho! Meskipun langka, peminat makanan yang satu ini banyak banget. Orang-orang biasanya memakan cungkring sebagai sarapan di pagi hari.

Dalam 1 porsi cungkring, kamu akan mendapatkan kulit, kikil, urat, dan dampal. Empat bagian yang sudah dipisahkan tadi, kemudian diolah dengan cara khusus dan disajikan dengan memberikan kenikmatan tersendiri. Wajib coba, deh, pokoknya!


Kuliner setiap daerah di Indonesia memang unik-unik, ya! Walaupun ada beberapa yang nama dan bentuknya mirip, tapi selalu ada karakteristik unik dari masing-masing makanan khas daerah. Kalau ke Bogor, jangan sampai kelewatan buat icip makanan-makanan di atas!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare