...
lagu daerah kalimantan utara
5-min read

3 Lagu Daerah Kalimantan Utara Paling Populer, Pernah Dengar Salah Satunya?

lagu daerah kalimantan utara

Tak hanya kaya akan budaya, Kalimantan Utara juga mempunyai beberapa lagu daerah yang populer, lho!

Kalimantan Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan keindahan alamnya. Salah satunya, daerah ini memiliki harta tak ternilai dalam bentuk lagu-lagu daerah khas.

Nah, lagu-lagu ini bukan sekadar melodi yang menghiasi heningnya malam atau lirik yang memenuhi hati dengan makna. Lagu adalah jendela ke dalam kearifan lokal, sejarah, dan nilai-nilai yang melandasi kehidupan masyarakat Kaltara.

Dalam setiap nada dan kata, terdapat cerita tentang leluhur, alam, dan perjuangan. Apa kamu sudah pernah mendengar salah satu lagu daerah dari Kalimantan Utara? Kalau belum, simak artikel ini sampai habis, yuk!

Info wajib baca: Filosofis dan Mengandung Pesan Moral, Ini Arti Syair Lagu Cublak-Cublak Suweng

Fungsi Lagu Daerah

Source: Bobobox

Salah satu fungsi utama lagu daerah adalah memelihara identitas budaya. Dalam lirik-liriknya, terkandung pesan-pesan leluhur, nilai-nilai kearifan lokal, dan cerita-cerita nenek moyang. 

Lagu daerah juga memiliki peran dalam pendidikan dan pembelajaran, lho. Karya seni ini sering digunakan sebagai alat untuk mengajarkan anak-anak tentang sejarah dan tradisi mereka.Dalam proses pembelajaran, lagu-lagu ini dapat membuat materi yang lebih abstrak menjadi lebih mudah dipahami dan diterima.

Selain itu, lagu daerah juga juga sering kali menjadi sarana hiburan dan kesenangan. Lagu ini sering digunakan dalam berbagai acara sosial mulai dari perayaan ulang tahun, pernikahan, hingga upacara adat.

Musik dan nyanyian menciptakan atmosfer yang ceria dan meriah, yang mengajak semua orang untuk bersatu dan merayakan momen penting dalam hidup.

Bahkan, lagu daerah juga memainkan peran penting dalam menjalin ikatan sosial. Mereka sering kali dinyanyikan bersama dalam kelompok-kelompok, seperti paduan suara atau kelompok masyarakat.

Lagu daerah juga membantu dalam menjaga keberlanjutan budaya, lho. Lagu jenis ini mengingatkan orang akan pentingnya menjaga warisan budaya dan alam sekitar. Lirik-lirik tentang alam, hutan, sungai, dan gunung mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan dan alam. 

Terakhir, lagu daerah sering digunakan untuk mempromosikan pariwisata. Mereka menciptakan gambaran yang indah dan menarik tentang suatu daerah, yang mengundang wisatawan untuk menjelajahi tempat tersebut. Lagu-lagu ini adalah sarana yang kuat dalam mempromosikan keindahan dan keunikan suatu tempat.

Dalam semua fungsi ini, lagu daerah menjadi bagian penting dari warisan budaya suatu daerah. Karya seni ini adalah nyanyian yang menghubungkan masa lalu, masa kini, dan masa depan, serta membantu dalam menjaga dan merayakan kekayaan budaya yang ada.

Dengan mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu daerah, kita bisa merasakan kedalaman dan kekayaan budaya suatu daerah, sambil bersenang-senang dan belajar lebih banyak tentang dunia di sekitar kita.

Info wajib baca: Mendalami Lirik dan Makna Lagu Kicir-Kicir | Bahagia adalah Kunci!

Pilihan Lagu Daerah Kalimantan Utara

lagu daerah kalimantan utara
Source: apahabar.com

Ada sejumlah lagu daerah Kalimantan Utara yang populer. Berikut di antaranya:

1. Bebilin, lagu daerah Kalimantan Utara

Di Kalimantan Utara, ada lagu daerah keren yang namanya “Bebilin.” Lagu ini sebenarnya memberikan petuah dan nasehat, lho, buat masyarakat Kaltara.

Ada bagian lirik berbunyi “Bebilin Yaki Yadu,” yang artinya, pesan kakek dan nenek. Intinya, jangan lupa ingat nasehat leluhur kita. Katanya sih, lagu ini punya semangat yang bisa bikin kita bersemangat banget. Biasanya, lagu ini dinyanyikan waktu lagi kerja keras, misalnya lagi panen padi. Berikut ini liriknya:

Inindang inindang

Iyadu yaki bebilin yadu yaki

Bebilin yadu yaki

Suboi no labu be dilit

Penembayud ke de pikir

Impang de lunas incuai

Manong ku te ganak kandis

Layau pe gadan ku gino

Tembelayan awoi lumot

Batang tembaloi ku gino

Sapu tangan jingga-jingga

Mapit ke gulu injakin

Bowoi no kati intamu

Betapap maya bedidang.

2. Lan E Tuyang

Lagu lain dari Kalimantan Utara yang juga nggak kalah asyik berjudul “Lan E Tuyang” yang berasal dari masyarakat Dayak Kenyah. Lagu ini menceritakan tentang senangnya main-main di bawah bulan. Berikut liriknya:

Lan e tuyang

Pemung ilu jae lan alem ini

Malam ini ilu edang bulan

Lan e lan e tuyang

Llan e tuyang nyain ekem sao

lan sungai

Sao sungai

Sungai limun kanan lan e lan e tuyang

Nyain ekem sao

Lan sungai

Sao sungai sungai limun kanan

Lan e lan e tuyang.

3. Gunung Incung

Nah, ada juga lagu daerah “Gunung Incung” dari Kabupaten Bulungan. Lagu ini diciptakan sama Ahmad Tjatjuk buat promosiin Gunung Incung, yang artinya Gunung Putih.

Gunung Putih ini keren banget, lho. Nah, gunung ini merupakan sebuah karya seni alam dan hasil dari ukiran para seniman alam. Berada di Kecamatan Tanjung Palas, gunung ini menjadi salah satu destinasi yang menarik banget buat jalan-jalan. Berikut ini lirik lagu “Gunung Incung”:

Konon mitos jaman bahari

Gunung Incung di darat kami

Telaga mandi mambang dan peri

Kur semangat intan baiduri

Seputar alam keliling negeri

Sukar didapat mahal dicari

Namun kenyataan masa kini

Gunung incung di darat kami

Obyek wisata taman rekreasi

Jadi kebanggaan muda mudi

Di lembahnya pemukiman transmigrasi

Menambah suasana asri dan lestari.


Nah, itulah beberapa lagu daerah Kalimantan Utara yang populer banget. Apa kamu pernah mendengar salah satunya? Yuk, share cerita kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare