...
arti syair lagu cublak cublak suweng
5-min read

Filosofis dan Mengandung Pesan Moral, Ini Arti Syair Lagu Cublak-Cublak Suweng

arti syair lagu cublak cublak suweng

Syair lagu “Cublak-Cublak Suweng” memiliki arti yang mendalam untuk dihayati

Kekayaan Nusantara nggak hanya sebatas kekayaan alamnya saja. Lebih dari itu, Indonesia juga kaya akan budaya yang tercermin dari beberapa hal seperti lagu daerah.

Nah, salah satu lagu Indonesia yang cukup populer dan kerap dinyanyikan banyak orang adalah “Cublak Cublak Suweng”. Lagu yang sering dinyanyikan oleh anak-anak dan dewasa ini memiliki syair yang unik dan misterius.

Lantas, apa kamu sudah mengetahui arti syair lagu “Cublak-Cublak Suweng”? Kalau belum, yuk, kita cari tahu bersama-sama mengenai informasi dari lagu ini lewat artikel berikut!

Syair Lagu Cublak-Cublak Suweng

arti syair lagu cublak-cublak suweng
Source: Grid.ID

Asal-usul “Cublak Cublak Suweng” tidak diketahui secara pasti. Ada beberapa versi mengenai asal usul lagu ini, namun kebanyakan bersumber dari cerita rakyat Jawa Tengah.

Lagu ini biasanya dinyanyikan oleh anak-anak dengan syair yang terkesan sederhana dan lucu. Berikut adalah syair lagunya: 

Cublak cublak suweng

Suwenge ting gelenter

Mambu ketundung gudhel

Pak Empong lerak-lerek

Sopo ngguyu ndelekakhe

Sir-sir pong dele kopong

Sir-sir pong dele kopong

Arti dalam bahasa Indonesia:

Tempat anting

Antingnya berserakan

Berbau anak kerbau yang terlepas

Bapak ompong yang menggeleng-gelengkan kepalanya

Siapa yang tertawa dia yang menyembunyikan

Hati nurani, kedelai kosong tidak ada isinya

Info wajib baca: Arti dan Lirik Lagu Unconditionally dari Katy Perry

Arti Syair Lagu Cublak-Cublak Suweng

Source: TheAsianParent

Syair lagu “Cublak-Cublak Suweng” mempunyai arti yang mendalam. Nah, arti dari lagu ini juga bisa kamu terjemahkan per kalimatnya.

Seperti misalnya Cublak Suweng yang memiliki arti sebagai tempat perhiasan perempuan. Namun begitu, tempat perhiasan ini juga bisa dimaknai sebagai barang berharga yang dimiliki seseorang.

Dalam penggalan lirik selanjutnya, yaitu Suwenge ting gelenter berarti tempat perhiasan tersebut tak beraturan. Maksudnya adalah barang berharga yang tidak diletakkan di tempat semestinya hingga membuatnya tercecer berantakan.

Secara filosofis, hal tersebut juga bisa dimaknai bahwa harta yang dicari manusia tak hanya berada di satu tempat. Dengan kata lain, manusia selalu mencarinya ke berbagai tempat untuk menemukan harta yang tercecer itu.

Nah, dalam pencarian harta itu, manusia seperti mambu ketundung gudhel. Artinya manusia bisa berlagak layaknya seekor kerbau yang mencari makan dengan penuh nafsu duniawi. Terkadang, pencarian harta tersebut juga bisa membuat manusia jadi kehilangan akal.

Dalam lirik selanjutnya, yaitu pak Empong lerak-lerek sopo ngguyu ndelekakhe juga mengartikan sesuatu. Adapun maksudnya orang yang mencari harta sampai kehilangan akal itu hanya terlihat kaya, namun tidak bahagia.

Sedangkan, mereka yang tenang, tidak dipenuhi oleh nafsu duniawi, maka merekalah yang berbahagia. Dengan kebijaksanaan, seseorang akan menemukan ketenangan dan kebahagiaan abadi.

Maka dari itu, manusia perlu melatih dirinya untuk menggunakan hati nurani. Dengan begitu, hidup manusia bersama dengan makhluk lainnya dapat selalu rukun dan harmonis.

Secara garis besar, lagu ini mengajak kita semua untuk menggunakan akal budi dan hati nurani dalam menjaani hidup. Jangan sampai pada akhirnya dipenuhi nafsu belaka hingga merugikan diri sendiri dan orang-orang di sekitar.

Sebab, nafsu duniawi hanya bersifat sementara dan tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dari kehidupan selanjutnya. Maka dari itu, dianjurkan untuk selalu hidup rukun dan rajin membantu antarsesama. 

Info wajib baca: Cek Makna Lirik Lagu Begitu Indah dan Makna di Baliknya, Simak di Sini!

Chord Lagu Cublak Cublak Suweng

Source: detikcom

Bagi kamu yang menyukai lagu ini, pastinya bisa banget untuk menyanyikannya sendiri dengan gitar. Nah, berikut adalah kunci gitar untuk lagu “Cublak-Cublak Suweng”:

[Intro] G

[Verse]

C

Cublak cublak suweng

C

Suwenge teng gelenter

C

Mambu ketundhung gudèl

 C        F                 C

Pak empong lera-lere

C          F               C

Sapa ngguyu ndelikake

[Chorus]

G                  C

Sir-sir pong dele kopong

G                  C

Sir-sir pong dele kopong

G                  C

Sir-sir pong dele kopong


Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa lagu “Cublak Cublak Suweng” memiliki arti yang dalam dan sarat makna. Meskipun terlihat sederhana, lirik-lirik dari lagu ini mengandung pesan moral yang tinggi.

Selain itu, lagu ini juga menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Generasi muda perlu mengetahui nilai-nilai positif dari lagu ini agar dapat mempertahankan identitas sebagai bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, mari kita cintai dan lestarikan budaya Indonesia dengan cara mempelajari lirik-lirik dari lagu tradisional seperti “Cublak Cublak Suweng”. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan wawasan baru bagi pembaca mengenai arti syair dari lagu tersebut, ya!

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare