...
macam-macam keberagaman di indonesia beserta contohnya
5-min read

Macam-macam Keberagaman di Indonesia Beserta Contonya yang Mempersatukan Bangsa

macam-macam keberagaman di indonesia beserta contohnya

Berikut macam-macam keberagaman di Indonesia beserta contohnya yang sangat kaya.

Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman budaya dan suku bangsa. Dari Sabang hingga Merauke, setiap daerah memiliki karakteristik unik yang membuatnya berbeda dari yang lain.

Dikenal sebagai negara kepulauan yang terluas di dunia. Indonesia memiliki jumlah penduduk sekitar 280 juta jiwa. Jumlah provinsi di Tanah Air juga kian bertambah seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk, saat ini total ada 38 provinsi di Indonesia.

Maka, tentunya menarik untuk mengetahui macam-macam keberagaman di Tanah Air. Coba simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Info wajib baca: 5 Tempat Wisata di Maros yang Menarik Buat Kamu Kunjungi!

Mengenal Macam-macam Keberagaman di Indonesia 

Indonesia adalah negara dengan penduduk yang beragam, baik dari segi budaya, agama, maupun ras. Populasi etnis terbesar di Indonesia yaitu etnis Jawa, Sunda, dan Batak. 

Ada juga etnis Tionghoa, Madura, Dayak, Minangkabau, Bugis-Makassar, Bali, dan lainnya. Agama yang dominan di Indonesia adalah Islam, selanjutnya ada juga Kristen Protestan, Katolik, Hindu, dan Buddha.

Berbagai jenis keberagaman di Indonesia saat ini mencakup budaya, agama, ras, bahasa, dan masih banyak lagi. Dengan adanya berbagai jenis keberagaman di Indonesia ini, maka akan memunculkan kreativitas dan produktivitas yang lebih baik dari masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air.

Macam-macam Keberagaman di Indonesia Beserta Contohnya yang Perlu Diketahui

macam-macam keberagaman di indonesia beserta contohnya
Source: Unews.id

Macam-macam keberagaman di Indonesia beserta contohnya berikut ini penting untuk diketahui, lho. Yuk, simak agar jadi paham.

1. Keberagaman etnis

Di Indonesia, terdapat berbagai macam etnis yang mendiami negara ini. Beberapa di antaranya adalah Jawa, Sunda, Bali, Batak, Madura, Minangkabau, Bugis, Makassar, Dayak, Toraja dan lain sebagainya. Kebanyakan dari etnis-etnis ini mempunyai ciri khas tersendiri dalam hal budaya dan adat istiadatnya.

2. Keberagaman agama

Berbagai macam agama juga dianut oleh masyarakat di Indonesia. Beberapa agama yang populer di Indonesia adalah Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Meskipun berbeda-beda dalam hal ajaran dan keyakinan, semua agama tersebut hidup berdampingan dengan harmonis di negeri ini, sesuai dengan semboyan ‘bhinneka tunggal ika’.

Indonesia terkenal sebagai negara yang penuh keberagaman. Hal ini dapat dilihat dari berbagai aspek, termasuk agama. Di Indonesia, ada berbagai macam agama yang dianut oleh masyarakatnya. Berikut ini adalah beberapa agama yang populer di Indonesia menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020:

  • Islam: 227.361.000 jiwa (85,09%) penduduk Indonesia menganut Islam.
  • Kristen Protestan: 21.176.000 jiwa (7,97%) penduduk Indonesia menganut agama Kristen Protestan.
  • Katolik: 7.045.000 jiwa (2,65%) penduduk Indonesia menganut agama Katolik.
  • Hindu: 4.060.000 jiwa (1,53%) penduduk Indonesia menganut Hindu.
  • Buddha: 1.919.000 jiwa (0,72%) penduduk Indonesia menganut Buddha.
  • Konghucu: 63.000 jiwa (0,02%) penduduk Indonesia menganut Konghucu.
  • Kepercayaan: 1.138.000 jiwa (0,43%) penduduk Indonesia menganut aliran kepecayaan.
  • Lainnya: 556.000 jiwa (0,21%) penduduk Indonesia.

3. Keberagaman bahasa

Sebagaimana daerahnya yang beragam, maka bahasa pun beragam pula di Indonesia. Beberapa bahasa yang populer di antaranya adalah bahasa Indonesia, Jawa, Sunda, Bali, Betawi dan lain-lain. Bahkan di beberapa daerah juga terdapat bahasa lokal yang digunakan oleh masyarakat setempat.

Salah satu contoh keberagaman bahasa di Indonesia yaitu adanya berbagai macam bahasa daerah. Bahasa daerah merupakan bahasa yang digunakan oleh suatu kelompok masyarakat tertentu di suatu daerah tertentu. Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 700 jenis bahasa daerah yang berbeda-beda.

Keberagaman bahasa di Indonesia tidak hanya terbatas pada bahasa daerah saja, tetapi juga terdapat berbagai macam bahasa asing yang digunakan oleh masyarakatnya. Misalnya saja, selain Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Akibat proses akulturasi (percampuran dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling memengaruhi) dan perkawinan campur maka Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Bahasa Mandarin sering digunakan dalam keluarga di Indonesia.

Keberagaman bahasa di Indonesia memberikan keuntungan tersendiri bagi para wisatawan asing, karena mereka dapat memilih bahasa yang paling sesuai dengan kemampuan mereka. 

Info wajib baca: Temukan Kelezatan Tradisional Indonesia di Pasar Takjil Rawamangun Berikut Ini!

4. Keberagaman budaya

Keberagaman budaya juga merupakan salah satu ciri khas Indonesia. Beberapa di antaranya adalah tarian-tarian tradisional seperti Saman, Jaipong, Kecak dan lainnya. Selain itu, terdapat juga berbagai macam makanan tradisional, pakaian khas daerah, alat musik, senjata tradisional, dan masih banyak lagi yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang ke Indonesia.

5. Keberagaman suku

Selain etnis dan agama, di Indonesia juga terdapat berbagai macam suku yang menetap. Beberapa di antaranya adalah Asmat, Dani, Mentawai, Kombai, Dayak, dan lain-lain. Di setiap suku pun mempunyai ciri khas masing-masing dalam hal budaya dan adat istiadatnya.

Berdasarkan sensus penduduk Badan Pusat Statistik 2010 menyatakan ada sekitar 1.340 suku bangsa di Indonesia. Meski terdapat ribuan suku bangsa, tapi Indonesia bukanlah negara dengan jumlah suku bangsa terbanyak di dunia, melainkan Papua Nugini. Lalu, apa saja nama suku bangsa di Indonesia? 

Berikut adalah beberapa nama suku di Indonesia:

  • Suku asal Aceh (Aceh/Achin/Akhir/Asji/A-Tse/Ureung Aceh, Alas, Aneuk Jamee, Gayo, Gayo Lut, Gayo Luwes, Gayo Serbe Jadi, Kluet, Sigulai, Simeulue, Singkil, Tamiang) 
  • Suku Batak (Batak Angkola, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Pakpak Dairi, Batak Simalungun, Batak Tapanuli, Batak Toba, Dairi) 
  • Suku Nias Melayu (Melayu Asahan, Melayu Deli, Melayu Riau, Langkat/ Melayu Langkat, Melayu Banyu Asin, Asahan, Melayu, Melayu Lahat, Melayu semendo) 
  • Suku Minangkabau 
  • Suku asal Jambi (Jambi, Kerinci, Anak Dalam/ Anak Rimbo, Batin, Kubu, Pindah) 
  • Suku asal Sumatera Selatan (Palembang, Daya, Enim, Gumai, Kayu Agung, Kikim, Kisam, Komering, Lematang, Lintang, Lom, Mapur, Sekak, Meranjat, Musi Banyuasin, Musi Sekayu, Sekayu, Ogan, Orang Sampan, Pasemah, Pedamaran, Pegagan, Rambang, Ranau, Rawas, Saling, Semendo, Teloko, Ulu) 
  • Suku Betawi
  • Suku asal Banten (Banten, Badui/Baduy)
  • Suku Sunda Suku Jawa (Jawa, Osing/Using, Tengger, Samin, Bawean/ Boyan, Naga, Nagaring)
  • Suku Cirebon
  • Suku Madura
  • Suku Bali (Bali/Bali Hindu, Bali Majapahit, Bali Aga)
  • Suku Sasak
  • Suku Nusa Tenggara Barat Lain (Bima, Dompu, Semawa/Sumbawa, Dongo, Mbojo, Kore)
  • Suku asal Nusa Tenggara Timur (Abui, Adabe, Alor/Belagar/Kelong/Manete/ Mauta/Seboda/Wersin,
  • Suku Dayak
  • Suku Banjar
  • Suku Makassar
  • Suku Bugis
  • Suku Minahasa
  • Suku Gorontalo
  • Suku asal Sulawesi (Suwawa, Mandar, Ampana, dll)

Itulah penjelasan mengenai macam-macam keberagaman di Indonesia beserta contohnya. Semoga bisa menambah wawasan kamu dan meningkatkan jiwa nasionalisme kamu, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare