...
makanan khas subang
5-min read

8 Makanan Khas Subang yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Nasi Goreng Nanas

makanan khas subang

Kota Subang tidak hanya menawarkan pesona alamnya yang menakjubkan, namun juga mengundang para pencinta kuliner untuk menjelajahi ragam cita rasa yang menggugah selera. Salah satu daya tarik utama yang tak boleh dilewatkan adalah keberagaman makanan khas Subang. Dengan kreativitas masyarakatnya, Subang memiliki makanan khas yang unik dan enak!

Dari hidangan tradisional yang diwariskan secara turun-temurun hingga inovasi kreatif di dunia kuliner modern, kuliner khas Subang hadir untuk memanjakan setiap lidah wisatawan yang penasaran. Berencana untuk berkunjung ke sini? Simak artikel ini selengkapnya karena Kostmin akan memperkenalkan makanan khas Subang yang tidak boleh kamu lewatkan. Mari kita mulai petualangan kuliner di Subang!

Makanan Khas Subang

1. Tutut soding

Tutut merupakan sebutan bagi orang Sunda dalam menyebut keong sawah. Hewan bercangkang ini memiliki nama latin Pila ampullacea. Tutut banyak ditemukan di rawa-rawa, sungai, danau hingga kolam air tawar. Di sejumlah daerah Indonesia tutut diolah menjadi kuliner lezat yang mengandung banyak sekali protein.

Tutut soding merupakan hidangan yang diproses dengan cara direndam terlebih dahulu hingga bersih. Cara memasak tutut yaitu dengan cara direbus dalam bumbu kuning gurih atau pedas sebagai makanan berkuah. Mengutip dari Uun Halimah, bahan-bahan bumbunya terdiri dari garam, daun jeruk, salam, serai, lengkuas, tomat, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kunyit, jahe, kemiri, kaldu bubuk, dan gula.

2. Nasi timbel: makanan khas Subang

Source: Moeslim Choice

Hidangan ini merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Subang. Mengutip dari situs Kabupaten Subang, nasi timbel merupakan nasi yang dibentuk menjadi bulat lalu dibungkus dengan daun pisang. Makanan khas Subang yang satu ini biasanya dimakan dengan berbagai macam lauk pauk seperti tahu, tempe, dan ikan.

Kamu juga bisa makan nasi timbel dengan lauk daging ayam dengan menambahkan sambal serta lalapan. Dengan harga mulai dari 11 ribu rupiah, kamu bisa menikmati satu porsi nasi timbel yang lezat ini!

3. Bubuy Hayam

Source: Menyusuri Jalan

Meskipun terdengar seperti makanan khas Indonesia lainnya, yakni bubur ayam, makanan ini memiliki rupa dan rasa yang jauh berbeda dengan bubur ayam.  Bubuy hayam merupakan hidangan yang berbahan utama daging ayam. Hidangan ini dimasak dengan cara yang hampir sama dengan pepes ikan. Makanan ini masih dimasak dengan cara tradisional untuk menjaga cita rasa yang autentik.

Dilansir dari Best Meat, bumbu untuk membuat bubuy hayam diantara lain yakni kunyit, jahe, kemiri, bawang putih, bawang merah, batang sereh, dan cabe rawit merah. Harga satu bungkus bubuy hayam dimulai dari 5 ribu rupiah saja.

4. Oncom dawuan

Oncom Dawuan adalah jenis oncom premium yang terbuat dari kacang tanah asli dan diberi campuran ragi. Adapun cara membuat hidangan ini yakni dengan cara difermentasi. Nama oncom ini berasal dari tempat pembuatannya, yakni di Dawuan. Tidak seperti oncom pada umumnya, oncom dawuan memiliki tekstur yang lembih empuk. Oncom dawuan biasanya dijadikan makanan dengan cara digoreng.

5. Nasi goreng nanas

Siapa sangka buah manis yang biasa dimakan sebagai hidangan penutup dapat dicampur dengan satu porsi nasi goreng? Bukan sembarang nasi goreng, nasi goreng nanas merupakan makanan khas Subang.

Adapun asal usul makanan ini muncul dikarenakan Kabupaten Subang yang dikenal dengan julukan sebagai Kota Nanas atau Kota Nanas Madu dikarenakan mayoritas Warga Kabupaten Subang yang merupakan petani buah nanas. Dengan memadukan rasa manis dan gurih nasi goreng ini memiliki cita rasa yang unik di lidah. Penasaran untuk mencoba?

6. Dodol nanas khas Subang

Subang merupakan wilayah yang memiliki nanas yang berlimpah. Nanas asal Subang dikenal dengan julukan si madu sebab rasanya yang manis dan aromanya yang harum. Banyaknya nanas ini akhirnya juga dimanfaatkan sebagian warga untuk dibikin dodol. Mudah dibawa dan tahan lama membuat dodol nanas cocok untuk kamu bawa pulang untuk oleh-oleh.

7. Etong bakar

Etong merupakan sejenis ikan yang awalnya diremehkan oleh masyarakat setempat karena rasanya yang kurang enak dibandingkan ikan lainnya. Namun ikan ini akhirnya dapat diolah menjadi hidangan yang enak setelah menemukan cara memasak serta bumbu yang tepat. Keunggulan dari ikan ini adalah kulitnya yang tebal dan garing. Harganya juga murah, yakni mulai 25 ribu sampai 50 ribu rupiah saja untuk satu porsi etong bakar yang lezat.

8. Abon jantung pisang

Cocok untuk para vegetarian, abon ini tidak dibuat dengan daging hewani, namun terbuat dari jantung pisang. Teksturnya juga tidak jauh dengan abon yang terbuat dari daging sapi. Melansir dari Healthline, Jantung pisang kaya akan nutrisi, termasuk serat, antioksidan, dan berbagai mineral. Selain itu, jantung pisang dapat membantu kesehatan pencernaan, mencegah pembesaran prostat, mendukung kesehatan tulang, dan membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.


Dari setiap suapan, kita merasakan cerita dan identitas yang terkandung dalam setiap hidangan khas Subang. Apakah kamu pernah mencoba salah satu dari delapan makanan di atas? Jika iya, tulis pendapatmu di komentar, ya!

Mau tahu rekomendasi makanan lainnya? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare