...
5-min read

9 Makanan Khas Ngawi yang Sayang Kamu Lewatkan, Ada Apa Saja?

Bosan dengan makanan itu-itu saja? Mungkin ini saat yang tepat mencoba makanan khas Ngawi ini.

Keindahan Ngawi tidak hanya terletak pada destinasi menariknya. Ngawi juga memiliki makanan khas yang mempunyai bercita rasa unik.

Jika kamu sedang mengunjungi Ngawi, pastikan untuk mencari oleh-oleh khas yang paling terkenal dan lezat. Ngawi sendiri merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

Keistimewaan kuliner Ngawi terletak pada penggunaan bahan-bahan yang unik. Bumbu khas yang terdapat dalam makanan khas Ngawi adalah warisan turun-temurun.

Info wajib baca: 9 Kue Khas Bangka Belitung yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Ngawi yang Lezat

Menghabiskan waktu libur di suatu kota menjadi lebih berkesan jika diakhiri dengan mencari oleh-oleh dan mencicipi makanan khas setempat. Setiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri dan keunikan tersebut membuatnya harus dicoba.

Bagi kamu yang berada di Ngawi, ada beberapa makanan khas Ngawi yang sangat direkomendasikan untuk dicicipi. Yuk lihat beberapa makanan di bawah ini!

1. Lenthok

makanan khas ngawi
Source: theboxsceneproject.org

Ngawi memiliki hidangan khas yang lezat untuk dinikmati, seperti lenthok atau sambal tumpang. Makanan tersebut menjadi favorit berkat bumbu racikannya yang sedap.

Tempe semangit atau tempe busuk, hasil dari proses fermentasi, menjadi bahan utamanya. Tempe ini dibiarkan fermentasi selama beberapa hari, memberikan cita rasa yang unik.

Bumbu tambahan seperti daun jeruk dan kencur menambahkan aroma harum dan lezat. Bagi yang menyukai makanan pedas, bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera.

2. Nasi pecel Ngawi

makanan khas ngawi
Source: putratravel.net

Daerah ini juga dikenal dengan nasi pecel khasnya, yang memiliki cita rasa dan ciri khas tersendiri. Nasi pecel disajikan dengan daun pisang yang dibentuk segitiga.

Bumbu kacangnya tidak terlalu halus karena sengaja diulek. Hal tersebut untuk memberikan sensasi tekstur kacang yang masih bulat atau berukuran besar.

Pecel ini disajikan dengan tempeyek dan sambal tumpang. Sambal tumpang merupakan sambal tempe busuk dicampur dengan daun jeruk, kencur, dan santan.

Info wajib baca: 10 Makanan Khas Karawang yang Terkenal dan Ramah di Kantong

3 Tepo tahu

makanan khas ngawi
Source: indonesiatraveler.id

Tepo tahu atau tahu lontong adalah makanan khas Ngawi yang terbuat dari beras dan tahu. Tahu telur di dalamnya dibuat dari tahu dicampur telur yang kemudian digoreng.

Disajikan dengan kuah berbahan kecap, air asam jawa, dan bumbu halus lainnya. Makanan ini, meski sederhana, namun memiliki aroma dan rasa yang menggoda.

4. Sate khas Ngawi

makanan khas ngawi
Source: idntimes

Tidak dapat disangkal bahwa hidangan khas Indonesia ini sangat populer. Tidak mengherankan bahwa hidangan ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Info wajib baca: 7 Kue Khas Gorontalo dengan Kelezatan Menggoyang Lidah

5. Ledre

makanan khas ngawi
Source: libur.co

Ledre, makanan khas Ngawi, memiliki bentuk serupa dengan egg roll, kue semprong, atau astor. Terbuat dari tepung beras, pisang raja, santan, gula pasir, dan bahan lainnya, ledre memiliki rasa manis dan gurih yang pas dengan teksturnya yang renyah.

Aroma khas pisang menjadi ciri khasnya, dan saat ini hadir dalam berbagai varian rasa seperti original, durian, stroberi, cokelat, dan lainnya. Ledre adalah oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang karena dapat bertahan lama.

6. Wedang cemoe

makanan khas ngawi
Source: respononline.info

Hidangan khas Ngawi berikutnya adalah wedang cemoe, yang tidak hanya menyegarkan tetapi juga menghangatkan tubuh kamu. Meskipun mirip dengan sekoteng atau wedang ronde, keunikan wedang cemoe terletak pada penggunaan santan kelapa dalam resepnya.

Berbeda dengan hidangan lain yang biasanya menggunakan air jahe, wedang cemoe mengandalkan santan yang direbus dicampur dengan jahe. Campuran jahe tersebut memberikan cita rasa gurih dan sensasi hangat.

Bahan-bahan untuk membuat hidangan ini termasuk roti tawar, santan, kacang tanah, gula pasir, jahe, daun pandan, dan air putih. Wedang cemoe juga memiliki sentuhan pedas dari jahe, yang dapat memberikan kehangatan ekstra pada tubuh.

7. Cokelat tempe

makanan khas ngawi
Source: kampoengngngawi.com

Makanan khas Ngawi lain yang memiliki rasa unik dan lezat adalah cokelat tempe. Selain dapat dijadikan lauk makanan, cokelat tempe juga cocok sebagai camilan santai bersama keluarga.

Cokelat tempe kini menjadi salah satu ikon kuliner Ngawi, dengan sentra produksinya berada di Desa Danguk, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi. Meskipun bentuknya mirip dengan cokelat pada umumnya, isian cokelat ini digantikan dengan tempe.

Varian rasanya pun beragam, termasuk original, white choco, tiramisu, dan cokelat susu. Kamu berniat beli cokelat ini ketika berkunjung ke Ngawi?

8. Keripik tempe

Source: cookpad

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Ngawi tanpa mencicipi keripik tempe. Meskipun keripik tempe ditemui tidak hanya di Ngawi, namun versi Ngawi memiliki keunikan rasanya. Bumbu khas seperti jeruk, cabai, dan kencur memberikan rasa unik pada keripik ini.

Dengan ukuran tipis dan kerenyahannya yang khas, keripik tempe ini dihasilkan dari proses pembentukan tempe persegi yang dicelupkan ke dalam adonan tepung sebelum digoreng hingga kering. Keripik tempe ini juga cocok sebagai camilan enak di sore hari.

9. Dodol jambu merah

Source: bukalapak

Berbeda dengan dodol khas Garut, dodol dari Ngawi memiliki keunikannya sendiri karena dibuat dari buah jambu merah. Proses pembuatannya melibatkan pencampuran jambu merah yang telah dijadikan jus dengan gula pasir.

Selanjutnya, adonan dipanaskan hingga mengental, menciptakan tekstur dodol. Rasanya yang unik membuat dodol jambu merah ini menjadi pilihan oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang.

Lokasinya dapat ditemukan di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi. Dan kemasannya yang menarik menggunakan besek bambu menambah daya tarik dodol ini sebagai oleh-oleh.


Saat kamu mengunjungi daerah ini, pastikan untuk mencicipi berbagai makanan khas Ngawi yang telah direkomendasikan di atas, ya. Pengalaman kuliner kamu pun akan menjadi lebih sempurna dan membantu kamu memahami lebih dalam kekayaan budaya dan kuliner yang dimiliki oleh Ngawi. Selamat menikmati!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Sukabumi Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Lembang Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare