...
makanan khas probolinggo
5-min read

7 Makanan Khas Probolinggo, Populer untuk Kamu Coba!

makanan khas probolinggo

Makanan khas Probolinggo yang lezat dan enak

Nggak hanya menawarkan destinasi wisata yang menarik, Probolinggo juga mempunyai beragam makanan khas yang lezat. Salah satu daerah di Jawa Timur ini menyajikan pilihan kuliner yang menggugah selera.

Hidangan-hidangan tradisional ini dengan mudah dapat kamu temukan di berbagai tempat di Probolinggo. Sebagai rekomendasi bagi kamu yang ingin mengisi waktu liburan dengan wisata kuliner, jangan lupa mencicipi hidangan khas Probolinggo.

Makanan Khas Probolinggo Paling Populer

Mengunjungi Probolinggo bukan hanya tentang mengeksplor tempat-tempat menariknya, tapi juga tentang mencicipi kekayaan kuliner khasnya. Sebagai kota terbesar keempat di Jawa Timur ada banyak makanan khas yang istimewa di kota ini.

Makanan khas tersebut menjadi kebanggaan bagi penduduk setempat, lho. Nggak heran kalau wisatawan dan penggemar kuliner kerap mencari dan menikmati sajian khas Probolinggo.

Info wajib baca: 6 Makanan Khas Nias yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung

1. Makanan nasi glepungan khas Probolinggo

Source: Tribunnews.com

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, sangat direkomendasikan untuk mencicipi nasi glepungan yang terbuat dari jagung, sebuah hidangan khas Probolinggo yang patut kamu cicipi saat berkunjung ke daerah tersebut.

Hampir serupa dengan nasi campur! Dalam satu porsi nasi glepungan, kamu akan menikmati berbagai menu lain, termasuk ikan asin, tahu penyet, tempe, lalapan, sambal, dan nasi glepungan itu sendiri yang merupakan campuran nasi dengan jagung. Semua hidangan tersebut disajikan dalam satu piring.

2. Soto kraksaan

Soto Kraksaan sebenarnya hampir identik dengan soto pada umumnya. Membedakannya dari soto lain adalah kuahnya yang menggunakan santan. Keunikan khusus dari soto Kraksaan terletak pada penggunaan ayam jantan sebagai bahan utamanya.

Sebelum dimasak, ayam direbus dengan santan dan ditambahkan serbuk kelapa yang telah disangrai. Selain itu, tambahan bahan soto yang membuat soto Kraksaan istimewa adalah irisan kentang yang sudah dikukus dan tak lupa kerupuk udang.

3. Kepiting olok

makanan khas probolinggo
Source: Pegipegi.com

Makanan khas lain yang paling terkenal di Probolinggo adalah Kepiting Olok. Istilah “Olok” digunakan oleh masyarakat setempat untuk merujuk pada kepiting muda yang ditemukan di pantai. Kepiting Olok diolah menjadi hidangan lezat yang sangat menggugah selera.

Proses pembuatan Kepiting Olok mulai dari pengukusan kepiting dan pemisahan dagingnya dari cangkang. Kemduain daging kepiting diolah bersama dengan campuran udang dan bumbu, lalu dimasukkan kembali ke dalam cangkangnya.

Hasilnya, Kepiting Olok memiliki cita rasa gurih dan manis yang sangat menggoda selera.

Info wajib baca: 10 Makanan Khas Karawang yang Terkenal dan Ramah di Kantong

4. Makanan nasi campur nyak nyong khas Probolinggo

Terdapat banyak hidangan lezat yang bisa dijadikan pilihan saat berkunjung ke Probolinggo, termasuk nasi campur nyak nyong. Menu ini menjadi sangat populer dan digemari karena banyak diminati oleh penduduk setempat.

Selain dikenal sebagai nasi campur nyak nyong, hidangan ini juga sering disebut sebagai Nasi Campung Klenteng. Isi dalam sajian nasi campur nyak nyong ada empal, serundeng, mie, dan dendeng, yang kemudian disiram dengan kuah santan kental.

5. Nasi jagung

Source: Suara.com

Selain nasi glepungan dan nasi campur nyak nyong, Probolinggo juga terkenal dengan hidangan nasi jagungnya. Nasi jagung khas Probolinggo merupakan pilihan yang wajib dicoba bagi pencinta kuliner tradisional.

Hidangan nasi jagung sering ditemui di tempat-tempat kuliner malam di Probolinggo. Salah satu nasi jagung yang sudah menjadi legenda di kota ini adalah nasi jagung merpati yang dapat kamu nikmati di Jalan Sunan Kalijaga 77, Kecamatan Mayangan, Probolinggo.

6. Rawon nguling

Kalau makanan satu ini sering dijadikan hidangan khusus untuk artis dan pejabat saat berkunjung ke daerah Jawa Timur tersebut. Biasanya rawon nguling disajikan dengan daging empuk, toge, dan kuah yang sedikit encer.

Enak banget, deh, rasanya!

7. Makanan khas Probolinggo, ketan kratok

Meski pada pandangan pertama, Ketan Kratok tampak serupa dengan ketan biasa, namun keunikan dari ketan ini terletak pada campuran kratok atau kacang koronya.

Proses pembuatan Ketan Kratok dimulai dari perendaman dan pencucian beras ketan, kemudian dimasak bersama kacang koro. Hasilnya, ketan disajikan dengan kelapa parut dan sirup gula merah atau juruh sebagai taburan.


Itu dia beberapa rekomendasi makanan khas Probolinggo yang lezat dan enak untuk kamu coba. Mana yang jadi favorit kamu? Atau ada rekomendasi lain, bagikan di kolom komentar, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare