...
makanan khas banyuwangi
5-min read

7 Makanan Khas Banyuwangi yang Enak, Wajib Coba!

makanan khas banyuwangi

Makanan khas Banyuwangi nggak boleh kamu lewatkan!

Terletak di pesisir Jawa Timur, Banyuwangi kaya akan pesona alamnya yang memikat, seperti Hutan De Djawatan, Taman Nasional Alas Purwo, hingga Kawah Ijen.

Destinasi wisata tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi para wistawan. Selain menikmati wisatanya, jangan lupa mencicipi makanan khas Banyuwangi yang terbilang unik.

Kenapa dikenal unik? Soalnya nih, kebanyakan kuliner dari daerah di ujung Jawa Timur ini punya cita rasa pedas. Selain itu, dalam penyajian selalu menggabungkan dua jenis makanan dalam satu piring.

Rekomendasi Makanan Khas Banyuwangi yang Enak

Buat kamu yang sedang liburan ke Banyuwangi, berikut ini beberapa makanan khas yang wajib kamu coba. Jangan sampai melewatkannya, beberapa makanan sulit kamu temui di daerah lainnya.

Info wajib baca: Makanan Khas Sulawesi Tenggara, Ada Karasi dan Kasoami

1. Makanan khas Banyuwangi, Bagiak

Dalam daftar pertama, ada makanan ringan dengan nama Bagiak. Makanan ini termasuk oleh-oleh yang paling banyak dicari wisatawan saat berkunjung ke Banyuwangi.

Teksturnya yang sedikit keras, cocok disantap dengan minum teh dan kopi. Ada beragam varian rasa Bagiak yang bisa kamu pilih, seperti rasa jahe, kayu manis, kacang, dan susu.

2. Rujak soto

Jenis rujak satu ini sangat khas dengan kombinasi bumbu petis, dipadukan bersa soto yang terbuat dari kuah kaldu hasil rebusan jeroan sapi dan daging sapi. Unik banget makanan dari Bumi Blambangan ini!

Kamu pasti janggal menikmati rasa rujak soto. Tapi tenang saja, rasanya bakal membuat lidah kamu bergoyang. Jangan lupa saat menyantapnya tambahkan irisan lontong dan kecap manis sekaligus dalam satu piring.

Bisa juga kamu tambahkan ceker ayam di dalam rujak soto. Perpaduan kuliner yang biasa ditemui di Banyuwangi!

3. Sego Tempong

Mau cobain sepaket komplet dari beragam kuliner di Banyuwangi? Sego tempong rekomendasinya! Makanan khas ini mudah banget kamu temukan di sudut kota.

Jangan salah, Sego tempong menjadi kuliner kebanggaan masyarakat Banyuwangi. Kelezatannya nggak perlu kamu ragukan lagi. Seporsi sego tempong berisi nasi putih, tahu, tempe, ikan asin, sayuran rebus, dan nggak ketinggalan sambal mentah super pedas.

FYI, nama kuliner ini berasal dari sambal mentah dengan cita rasa super pedas. Saat kamu menyantap seporsi kuliner ini, sensasi pedasnya bikin kamu serasa di ‘tempong’ alias ditampar dalam bahasa Indonesia.

Info wajib baca: Makanan Khas Kalimantan Utara, Dari yang Asin Hingga Manis

4. Petulo

Yuk, cobain jajanan khas Banyuwangi lagi! Kali ini ada camilan manis bernama Petulo, terbuat dari tapioka dan tepung beras.

Meski sekilas mirip putu mayang, camilan petulo punya cita rasa yang beda. Jangan sampai salah kira, ya! Bentuk petulo lebih keriting kalau dibandingkan dengan putu mayang.

Teksturnya juga lebih legit dan sangat cocok disajikan dengan gula merah dan kuah santan yang dikenal dengan juruh. Biasanya masyarakat lokal menghidangkan petulo bersama sajian ketan atau kue serabi.

5. Tahu walik

Rekomendasi satu ini pasti nggak asing buat beberapa orang. Tahu walik yang biasa kamu cicipi ternyata masuk dalam deretan makanan khas Banyuwangi.

Kalau ini kamu bisa menyantapnya tanpa harus liburan ke Banyuwangi. Untuk membuat tahu walik, kamu hanya perlu menggoreng tahu dan celupkan ke dalam adonan sapi dan ayam.

Kemudian haluskan menjadi tempung dan bentuk serupa bakso. Lalu, tinggal digoreng sampai bertekstur renyah dan berwarna emas. Sajikan dengan saus sambal!

6. Uyah asam

Makanan khas dengan yang berisi ayam dan beberapa sayuran seperti belimbing wuluh dan pepaya muda ini dikenal dengan nama uyah asem. Nggak ketinggalan, uyah asem juga bercita rasa pedas.

Campuran rasa asam dan pedas inilah yang menggoda seleras. Sajikan dengan nasi dan persiapkan diri kamu untuk menikmati kesegaran dari rasa pedasnya.

7. Makanan khas Banyuwangi dari suku Osing

Terakhir ada makanan khas Banyuwangi dari suku Osing, bernama pecel pitik. Untuk membuat hidangan ini, kamu memerlukan bahan dasar, seperti ayam, cabai rawit, garam, gula, pasta udang, dan bumbu pecan kelapa.

Hidangan bercita rasa pedas ini sangat nikmat untuk kamu coba. Teskturnya terasa unik berkat bahan campuran bahan kelapa. Selain di Banyuwangi, kamu bsia menemukan pecel pitik di bagian daerah Jawa lain.


Itulah beberapa jenis makanan khas Banyuwangi yang patut kamu coba. Ada yang pernah kamu cobain?

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare