...
penyebab bulu kucing rontok
5-min read

Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kucing Bau

penyebab bulu kucing rontok

Anabul kesayangan bau mulut? Ketahui penyebab dan cara mengatasinya!

Anabul kesayanganmu mulutnya bau? Jika ya, jangan khawatir karena kamu tidak sendirian. Bau mulut yang tidak sedap pada kucing adalah masalah umum yang sering dialami oleh pemilik hewan peliharaan. Namun, tahukah Anda bahwa baunya dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan?

Dalam artikel ini, Minkost akan membahas penyebab dan cara mengatasi mulut kucing bau agar hewan kesayanganmu tetap sehat dan segar nafasnya. Yuk simak selengkapnya!

Penyebab Mulut Kucing Bau

Mulut kucing yang berbau tidak sedap dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yakni sebagai berikut:

1. Infeksi Pada Mulut Kucing

Salah satunya adalah penyakit gigi dan gusi. Jika Anda melihat adanya pembengkakan, peradangan, atau bahkan kerusakan pada gigi atau gusi kucing Anda, ini bisa menjadi tanda adanya infeksi yang menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Infeksi gusi atau penyakit periodontal adalah masalah umum pada kucing dan dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Infeksi gusi dapat mengakibatkan peradangan dan pembengkakan gusi, serta kerusakan pada jaringan penyangga gigi.

Luka atau infeksi pada mulut atau tenggorokan kucing juga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak enak. Infeksi tersebut biasanya disebabkan oleh penumpukan plak dan tartar pada gigi.

2. Makanan Berkualitas Rendah

Penyebab yang kedua yaitu makanan yang dikonsumsi oleh anabul kamu juga dapat mempengaruhi bau mulutnya. Memilih makanan berkualitas rendah atau memberikan sisa-sisa makanan manusia dalam jumlah besar kepada kucing Anda dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Oleh sebab itu, makanan tersebut dapat meninggalkan residu di gigi dan gusi kucing yang memicu pertumbuhan bakteri.

3. Masalah Kesehatan

Kondisi medis lainnya seperti gangguan pencernaan, masalah hati, atau diabetes juga bisa menjadi penyebab mulut kucing bau. Ketidakseimbangan hormon juga dapat berkontribusi terhadap masalah ini. Penyakit ginjal, terutama penyakit ginjal kronis, seringkali menjadi penyebab kucing bau mulut. Ini terkait dengan penumpukan zat-zat beracun dalam darah yang dapat memengaruhi bau napas kucing.

Penyakit hati atau masalah hati lainnya dapat memengaruhi bau napas kucing karena organ hati yang tidak dapat mengeluarkan racun dengan baik dari tubuh. Sedangkan kucing yang menderita diabetes mellitus dapat menghasilkan bau mulut yang manis, mirip dengan bau acetone (seperti buah-buahan yang busuk), karena tubuh mereka mencoba membuang glukosa ekstra melalui napas.

4. Diet Kucing

Penyebab kucing mulut bau selanjutnya yaitu diet mereka yang tidak sehat. Makanan yang kurang sehat atau tidak sesuai dengan kebutuhan anabul dapat menyebabkan bau mulut. Contohnya yaitu makanan yang mengandung banyak ikan dapat menghasilkan bau mulut yang lebih kuat dan tidak sedap pada kucing. Ikan mengandung senyawa kimia tertentu yang dapat memengaruhi bau napas.

Makanan yang dirancang khusus untuk kesehatan gigi kucing seringkali memiliki tekstur yang membantu membersihkan gigi, mengurangi plak, dan mencegah tartar. Maka dari itu, jika kucing tidak mengonsumsi makanan jenis ini, bau mulut yang tidak sedap bisa menjadi lebih umum.

Tak hanya itu, makanan kaleng yang basah, dehidrasi pada kucing, dan makanan dengan kandungan gula yang tinggi juga menjadi penyebab kucing bau mulut.

Info wajib baca: 5 Rekomendasi Vitamin Bulu Kucing Agar Lebat!

ciri-ciri kucing cacingan
Source: Unsplash.com

Cara Mengatasi Mulut Kucing Bau

Mulut kucing yang berbau tak sedap bisa menjadi masalah bagi pemiliknya. Bau mulut yang tidak enak dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang telah disebutkan di atas. Inilah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi bau mulut pada anabul kesayangan:

1. Bersihkan Gigi dan Gusi Kucing

Pertama-tama, penting untuk memeriksa kebersihan gigi dan gusi kucing Anda. Rutin menyikat gigi kucing dengan pasta gigi khusus hewan peliharaan dapat membantu menghilangkan plak dan tartar yang menjadi penyebab utama aroma tidak sedap. Jika sudah terlalu parah, mungkin perlu dilakukan pembersihan gigi oleh dokter hewan.

2. Sediakan Makanan Berkualitas untuk Kucing

Selain itu, memberikan makanan berkualitas tinggi juga dapat membantu mengurangi mulut kucing berbau tidak sedap. Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi dan rendah karbohidrat agar sistem pencernaannya tetap sehat. Hindari memberikan makanan basah secara berlebihan karena bisa meningkatkan risiko pembentukan plak.

3. Sediakan Air Minum yang Cukup

Tidak hanya itu, air minum juga memiliki peranan penting dalam menjaga kebersihan mulut kucing. Pastikan selalu menyediakan air bersih dan segar setiap hari sehingga mereka bisa minum dengan cukup. Air akan membantu membersihkan sisa-sisa makanan di antara gigi-gigi mereka.

4. Kunjungan Rutin ke Dokter Hewan

Terakhir namun tidak kalah penting adalah melakukan kunjungan rutin ke dokter hewan untuk memastikan bahwa kondisi mulut dan gigi si Kucing optimal. Dokter hewan dapat memberikan perawatan dan saran yang tepat untuk anabulmu.

Kesimpulannya yaitu, mulut kucing yang berbau tidak hanya dapat mengganggu kenyamanan kita sebagai pemilik, tetapi juga dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius pada hewan peliharaan kita. Beberapa penyebab umum mulut kucing berbau tidak sedap pada termasuk plak gigi, penyakit gusi, infeksi gigi dan gangguan pencernaan.

Untuk mengatasi masalah ini, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan oral kucing dengan sikat gigi secara teratur dan memberikan makanan yang sehat serta bernutrisi. Selain itu, perlu juga melakukan kunjungan rutin ke dokter hewan untuk pemeriksaan gigi dan mulut secara menyeluruh.

Jika kucing kamu menunjukkan gejala dan tidak mau makan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan pengobatan yang tepat. Ingatlah bahwa perawatan gigi dan mulut adalah bagian penting dari menjaga kesehatan keseluruhan kucing kita.


Itulah penyebab, dan cara mengatasi mulut kucing bau. Pastikan anabul kamu selalu sehat dengan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter hewan dan sigap untuk mengatasi masalah apabila anabul menunjukkan sikap yang tidak biasa.

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare