...
manfaat biji bunga matahari
5-min read

Catat! 10 Manfaat Biji Bunga Matahari yang Tersembunyi di Dalamnya

manfaat biji bunga matahari

Apakah kamu tahu biji bunga matahari punya banyak manfaat? Yuk, cari tahu di sini aja!

Apakah kamu menyukai kuaci yang terbuat dari biji bunga matahari? kamu mungkin tidak menyadari manfaat kesehatan biji bunga matahari ini, nih. Perlu diketahui, biji bunga matahari secara teknis adalah buah dari tanaman bunga matahari yang dipanggang dan akan menjadi kuaci yang mungkin sering kamu makan. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi biji bunga matahari. Penasaran seperti apa? Mari kita simak ulasannya dibawah ini, ya!

Info wajib baca: Hati-Hati Keracunan! Inilah 5 Ciri Telur Busuk yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat Biji Bunga Matahari

Source: Radar Selatan

1. Mengurangi peradangan

Kuaci biji bunga matahari dapat membantu mengurangi peradangan. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai bagian dari campuran makanan atau menaburkannya pada salad.

Sifat anti-inflamasi biji bunga matahari ini disebabkan oleh kandungan flavonoid, vitamin E, dan senyawa lainnya. Para ahli menemukan bahwa mengonsumsi biji bunga matahari sebagai bagian dari makanan kamu tiga hingga lima kali seminggu secara signifikan mengurangi kemungkinan terkena radang sendi atau nyeri sendi.

2. Membantu mengobati anemia

Biji bunga matahari juga bermanfaat untuk mengobati anemia karena merupakan sumber zat besi yang baik. Mengkonsumsi biji ini meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, yang dapat membantu mengobati anemia. Cocok untuk kesehatan kamu. Jadi, cobalah untuk memulai memakannya ya.

3. Menurunkan berat badan

Source: Alodokter

Karena kaya akan protein dan serat, biji bunga matahari dapat membantu menurunkan berat badan lho. Itu karena bisa membantu kamu merasa kenyang untuk waktu yang lama sambil mengurangi jumlah makanan yang kamu makan, sehingga kamu akhirnya mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi.

Biji bunga matahari adalah pilihan cemilan yang tepat, tapi juga padat kalori. Oleh karena itu, mengonsumsinya jangan berlebihan ya, agar kamu terhindar dari obesitas dan diabetes.

4. Mengurangi resiko kanker

Beta-sitosterol, fitosterol yang ada dalam kandungan biji bunga matahari membantu mencegah kanker payudara. Senyawa tersebut menghambat pertumbuhan sel tumor, mengurangi ukuran tumor, dan juga mencegah metastasis.

Adanya antioksidan kuat dalam biji bunga matahari juga mengurangi risiko kanker, seperti kanker usus besar. Oleh karena itu, biji bunga matahari kaya akan manfaatnya.

5. Mengurangi kolesterol dan baik untuk kadar gula darah

Kandungan serat biji bunga matahari menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Niacin atau vitamin B3 hadir dalam biji bunga matahari mengurangi kadar kolesterol total dan risiko penyakit jantung.

Sementara, itu vitamin B5 atau asam pantotenat dalam biji bunga matahari meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol serum total.

Jika kamu mengidap diabetes, apa yang kamu makan adalah bagian utama dari perawatan yang harus dijalani. Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan salah satu pilihan makanan bergizi bagi pengidap diabetes.

Info wajib baca: 30 Contoh Syair Nasihat yang Bisa Jadi Referensi | Ada Syair Pendidikan dan Persahabatan

6. Penguat imunitas

Source: Frisian Flag

Karena kandungan vitamin E dan selenium di dalamnya, kuaci biji bunga matahari meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin E meningkatkan respons kekebalan dan melindungi tubuh terhadap beberapa penyakit menular. Selain itu, juga berfungsi sebagai antioksidan yang kuat yang mencegah radikal bebas merusak sel-sel tubuh yang sehat.

7. Efek kardioprotektif

Kandungan biji bunga matahari memiliki efek perlindungan kardiovaskular. Ini karena biji ini rendah lemak jenuh dan natrium dan kaya akan asam oleat dan linoleat.

Selain itu, ada serat, magnesium, dan potasium di dalamnya. Fakta nutrisi biji bunga matahari menurunkan tekanan darah dan kolesterol serum. Selain itu, mengonsumsinya mengurangi kemungkinan terjadinya aritmia. Semua efek ini melindungi tubuh kita dari penyakit kardiovaskular.

8. Membantu mendetoks tubuh

Biji bunga matahari memiliki aktivitas antibakteri yang kuat. Makan kuaci biji bunga matahari bisa membantu secara efektif menghilangkan bakteri dan kuman dari sel. Kandungan biji bunga matahari juga berfungsi membantu mengeluarkan racun dari tubuh kita.

9. Bangkitkan energi

Biji bunga matahari merupakan sumber tiamin (vitamin B1) yang baik. Tiamin membantu memecah karbohidrat, protein, dan lemak yang ada dalam makanan kita menjadi energi.

Kandungan biji bunga matahari ini juga membantu dalam pembentukan otot. Segenggam biji bunga matahari bisa memberikan energi instan saat dikonsumsi.

10. Meningkatkan fungsi otak

Kuaci biji bunga matahari mengandung vitamin B6, yang dapat meningkatkan konsentrasi, memori, dan suasana hati, sehingga meningkatkan fungsi otak. Dalam situasi ini, tubuh akan melepaskan serotonin dan norepinefrin.

Serotonin berfungsi sebagai neurotransmiter, atau pengantar sinyal antarjaringan saraf, dan norepinefrin berfungsi sebagai obat untuk mengobati tekanan darah rendah. Kandungan tersebut juga membantu mengurangi gejala sindrom pramenstruasi (PMS).


Nah, itulah beberapa manfaat dari biji bunga matahari yang ternyata kaya akan nutrisi untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, jagalah kesehatan tubuh kita dan perbanyak olahraga serta memakan makanan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi, ya.

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare