...
manfaat minum teh tanpa gula
5-min read

11 Manfaat Minum Teh Tanpa Gula, Bikin Sehat Tubuh dan Panjang Umur

manfaat minum teh tanpa gula

Ternyata ini dia manfaat minum teh tanpa gula yang harus kamu tahu!

Manfaat minum teh tanpa gula ternyata baik untuk kesehatan tubuh kamu lho. Walaupun rasanya memang terasa aneh dan tidak ada manis-manisnya, tapi teh tanpa gula ini memiliki khasiat yang mungkin sebagian orang belum tahu.

Namun, bagi banyak orang, mengurangi gula dalam teh atau minuman manis lainnya bisa menjadi hal yang sulit. Kebanyakan dari kita telah terbiasa dengan rasa manis yang kuat, dan menghilangkan gula sepenuhnya mungkin terasa berat.

Nah, berikut ini akan ada ulasan mengenai manfaat dari teh tanpa gula yang harus kamu ketahui sebelum terlambat. Simak selengkapnya ya!

Info wajib baca: 30+ Kata Sindiran buat Istri, Ngena Banget!

Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

manfaat minum teh tanpa gula
Source: CNN Indonesia

Berikut 10 manfaatnya yang harus kamu tahu:

1. Mengurangi asupan kalori

Salah satu manfaat paling jelas dari minum teh tanpa gula adalah bahwa kamu secara signifikan mengurangi asupan kalori kamu lho. Sejumput gula dalam teh bisa menambahkan puluhan kalori ke dalam minuman kamu.

Terutama jika kamu minum beberapa cangkir teh sehari. Dengan menghilangkan gula, kamu dapat menghemat kalori yang bisa kamu gunakan untuk makanan yang lebih bermanfaat secara nutrisi.

2. Menjaga berat badan yang sehat jadi manfaat minum teh tanpa gula

Minum teh tanpa gula adalah pilihan bijak untuk mereka yang berusaha menjaga berat badan yang sehat atau mengurangi berat badan. Mengurangi asupan kalori dari gula dapat membantu kamu mencapai defisit kalori yang diperlukan untuk menurunkan berat badan.

Ini adalah langkah sederhana yang dapat berdampak besar pada tujuan penurunan berat badan kamu. Cocok untuk kamu yang sedang menjalani proses diet.

3. Mengendalikan gula darah

Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang tidak sehat. Namun, minum teh tanpa gula membantu menjaga kadar gula darah kamu tetap stabil.

Hal ini dapat bermanfaat terutama bagi individu yang memiliki diabetes atau berisiko tinggi terkena penyakit tersebut. Jadi, cobalah untuk mengonsumsi teh tanpa gula ini ya.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penambahan gula dalam minuman kamu dapat berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit jantung. Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Dengan menghindari gula dalam teh, kamu dapat membantu melindungi jantung kamu dari berbagai masalah kesehatan. Sehingga, kamu terhindar dari dampak buruk yang tidak diinginkan.

5. Meningkatkan kesehatan gigi

Gula adalah musuh nomor satu kesehatan gigi. Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Dengan minum teh tanpa gula, kamu mengurangi risiko kerusakan gigi dan menjaga senyum yang sehat. Sehingga membuat kamu terasa lebih nyaman.

6. Meningkatkan rasa asam jadi salah satu manfaat minum teh tanpa gula

Minum teh tanpa gula memungkinkan kamu menikmati rasa alami teh. Teh memiliki rasa bervariasi tergantung pada jenisnya, dan gula dapat memengaruhi kemampuan kamu untuk merasakan nuansa rasa yang lebih halus dalam teh.

Ini adalah cara yang bagus untuk memahami dan menghargai berbagai varietas teh. Jadi kamu mengenal dan mempelajari rasa teh yang berbeda-beda.

7. Menyehatkan kulit

Teh memiliki efek antioksidan yang dapat mempertahankan kesehatan kulit dengan menekan beberapa bagian seluler, yang dapat merusak jaringan serat yang membantu kulit tetap kencang.

Antioksidan melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah jerawat. Gula berlebih dikaitkan dengan kulit kusam, berjerawat, dan kering, jadi minum teh tanpa gula membantu menjaga keseimbangan kulit.

8. Membuat panjang umur

Orang yang minum teh hijau memiliki risiko lebih rendah terkena kanker dan penyakit jantung, jadi masuk akal bahwa mengonsumsinya dapat membantu hidup lebih lama.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 40.530 orang dewasa di Jepang, mereka yang minum teh hijau sebanyak 5 cangkir atau lebih setiap hari secara signifikan menurunkan kemungkinan meninggal selama periode 11 tahun. Ini karena orang Jepang lebih suka minum teh tanpa gula.

9. Mencegah alzheimer

Teh tidak hanya membantu otak tetapi juga dapat mencegah penyakit Alzheimer. Ini adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum pada manusia dan penyebab utama demensia.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa katekin dalam teh hijau dapat melindungi neuron dalam tabung reaksi dan model hewan. Jika dikonsumsi tanpa gula, teh hijau dapat menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson.

Info wajib baca: Penasaran Arti Mimpi Melahirkan Bayi Laki laki? Cek di Sini!

10. Menyehatkan otak

Setelah dipelajari secara mendalam. Kafein dalam teh dikenal sebagai stimulan otak karena berfungsi untuk menghentikan neurotransmitter penghambat yang disebut Adenosine dari masuk ke otak.

Ini melakukannya dengan menghentikan neurotransmitter penghambat tersebut. Beberapa efek kafein termasuk meningkatkan kewaspadaan, waktu reaksi, memori, dan suasana hati.

11. Mencegah kanker

Menurut penelitian yang dikutip oleh National Cancer Institute (NCI), polifenol yang ditemukan dalam teh dapat mengurangi kemungkinan munculnya tumor. Teh hitam tanpa gula, misalnya, dapat mengurangi risiko kanker kulit, payudara, paru-paru, dan prostat.

Ini karena banyaknya antioksidan dalam teh. Jika teh dikonsumsi tanpa gula, manfaatnya akan jauh lebih besar.

Jenis Teh yang Cocok untuk Diminum Tanpa Gula

manfaat minum teh tanpa gula
Source: Kompas.com

Sementara minum semua jenis teh tanpa gula adalah pilihan yang baik, ada beberapa jenis teh yang lebih cocok untuk dinikmati tanpa tambahan gula. Di antaranya:

  1. Teh Hijau. Teh ini memiliki rasa yang ringan dan segar dengan sedikit atau tanpa rasa astringen. Minum teh hijau tanpa gula membantu kamu merasakan kekhasan rasa rumput atau bunga dari teh tersebut.
  2. Teh Putih. Teh putih adalah salah satu jenis teh yang paling ringan dan lembut. Ini memiliki rasa yang halus dan bening. Minum teh putih tanpa gula memungkinkan kamu untuk merasakan kekhasan rasa yang alami.
  3. Teh Oolong. Memiliki karakteristik rasa yang beragam, tergantung pada jenisnya. Namun, banyak teh oolong memiliki rasa yang lembut dan bunga yang dapat dinikmati tanpa gula.
  4. Teh Herbal. Teh herbal, seperti chamomile atau peppermint, umumnya tidak mengandung kafein dan memiliki rasa yang alami. Minum teh herbal tanpa gula adalah pilihan yang bagus untuk mereka yang mencari rasa yang alami dan tanpa tambahan pemanis.

Itulah beberapa manfaat minum teh tanpa gula beserta jenis teh yang cocok digunakan tanpa memakai gula. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk kamu ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare