...
cara mencabut gigi sendiri
5-min read

Ini 5 Cara Mencabut Gigi Sendiri yang Sudah Goyang Agar tidak Sakit

cara mencabut gigi sendiri

Cara mencabut gigi sendiri memang dibutuhkan keberanian dan kesiapan!

Cara mencabut gigi sendiri yang sudah goyang agar tidak sakit memerlukan sebuah kesiapan dan juga keberanian. Sebab, ketika kamu salah dalam melakukan caranya akan berdampak buruk pada gigi kamu dan pasti akan merasakan nyeri.

Mencabut gigi sendiri juga tindakan yang tidak disarankan karena akan menimbulkan berisiko. Namun, jika kamu merasa terpaksa untuk melakukannya, artikel ini akan memberikan panduan mengenai cara mencabut gigi sendiri yang sudah goyang dengan aman dan mengurangi rasa sakit.

Info wajib baca: 10 Makanan yang Terbuat dari Serealia, Penuh akan Manfaat!

Cara Mencabut Gigi Sendiri yang Sudah Goyang Agar tidak Sakit

Gigi goyang tidak hanya mengganggu, tetapi juga bisa menyebabkan sakit, jadi kamu harus melepaskannya. Jika gigi kamu sudah benar-benar goyang, ada beberapa cara untuk mempercepat melepaskannya:

cara mencabut gigi sendiri
Source: Grid.ID

1. Memakai benang gigi jadi salah satu cara mencabut gigi sendiri

Apakah kamu pernah melihat orang tua melepas gigi anaknya dengan benang? Menurut situs web Dentaly, metode ini memang dapat digunakan dalam kasus di mana gigi anak sangat goyang.

Dengan melingkarkan benang di gigi yang goyang, kamu dapat melepaskannya tanpa rasa sakit. Untuk membuat gigi goyang lepas dengan cepat, pastikan untuk menarik benang dengan cepat. Namun, jangan paksakan untuk menarik terlalu keras karena ini bisa membahayakan.

2. Goyangkan gigi

Memberikan tekanan dengan lidah kamu adalah cara yang paling mudah untuk membuat gigi goyang lepas secara alami. Kamu juga dapat menggunakan jari tangan kamu untuk memberikan tekanan yang lebih keras, tetapi pastikan tangan kamu bersih untuk menghindari infeksi bakteri di mulut.

3. Gunakan sikat gigi

Ketika kamu memilih sikat gigi yang tepat, kamu dapat membantu gigi goyang lepas dengan cepat. Kamu dapat melakukan ini dengan menggerakkan sikat ke atas dan ke bawah pada bagian gigi yang sudah goyang.

Menggosok ke setiap sisi sehingga gigi terlepas dari akarnya, tetapi jangan terlalu keras karena bisa melukai gigi. Selain itu, akan timbul rasa sakit yang begitu sakit.

4. Pakai kasa agar gigi goyang cepat lepas

Coba gunakan kasa steril untuk mencabut gigi yang goyang daripada menggunakan tangan. Untuk melepaskan gigi, letakkan kasa di atasnya dan goyang-goyangkan perlahan sampai terlepas.

Jika gigi tetap menempel kuat, jangan memaksanya untuk terlepas. Biar tidak menimbulkan efek yang buruk.

5. Mengunyah makanan dengan tekstru yang keras

Salah satu cara alami untuk menghilangkan gigi goyang adalah mengunyah makanan dengan tekstur keras. Kamu dapat mengunyah wortel, pir, atau apel daripada menggigit es batu.

Gigi goyang dapat dilepas tanpa menyebabkan sakit gigi dengan cara ini. Pastikan gigi yang terlepas tidak tertelan saat melakukan ini.

Info wajib baca: 5 Arti Mimpi Bertengkar dengan Ibu, Pertanda Baik atau Buruk?

Risiko Mencabut Gigi Sendiri

cara mencabut gigi sendiri
Source: DokterSehat

Mencoba melepas gigi yang sudah goyang sendiri ternyata berbahaya bagi kesehatan mulut dan gigi kamu daripada mengembalikan kenyamanan saat makan. Berikut adalah beberapa risiko kesehatan yang mungkin terjadi jika kamu mencabut gigi kamu sendiri.

1. Infeksi

Dalam kebanyakan kasus, mencabut gigi akan meninggalkan luka terbuka di dalam mulut. Jika kamu melakukannya sendiri di rumah, kamu mungkin tidak tahu cara yang aman untuk menutupnya.

Meninggalkan luka terbuka hanya akan meningkatkan risiko infeksi berbahaya, seperti halnya luka di bagian tubuh lainnya.

2. Kerusakan pada gigi

Meskipun gigi goyang, ada alasan kuat mengapa gigi permanen tidak boleh dicabut sendiri di rumah. Disebabkan fakta bahwa gigi ini memiliki akar yang kuat yang mencapai tulang rahang dan menghubungkan saraf sensitif di dalamnya.

Mencabut gigi orang dewasa dengan cara yang salah dapat menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah dan konsekuensi yang lebih lama. Jika ini terjadi, kamu akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk pengobatan.

3. Gigi patah

Ketika kamu melihat gigi goyang terlepas, itu tidak selalu berarti kamu benar-benar mencabutnya. Gigi mungkin patah dan potongannya masih tertinggal.

Seringkali, metode ini tidak memungkinkan untuk mencabut gigi sampai pada akarnya. Kondisi ini juga dapat terjadi pada gigi susu anak-anak.

Cara Mencabut Gigi Sendiri yang Aman

Sampai saat ini, untuk menangani gigi goyang, terutama gigi permanen, pergilah ke dokter gigi. Gigi orang dewasa disebut gigi permanen karena mereka tumbuh tanpa gigi lain yang bisa menggantikan.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa gigi goyang permanen dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti osteoporosis, kehamilan, kebiasaan makan dan minum yang tidak sehat, dan kecelakaan.

Dokter kamu mungkin menyarankan tindakan medis seperti pencabutan gigi, operasi gigi, atau penambalan gigi, antara lain, untuk menyelesaikan masalah gigi kamu.

Selain pengobatan, tentu akan lebih baik untuk mencegah gigi goyang dengan beberapa teknik berikut:

  • Menjaga kebersihan gigi dengan gosok gigi dua kali sehari.
  • Rutin periksa ke dokter gigi.
  • Menggunakan pengaman mulut saat olahraga.
  • Kurangi makan-makanan manis dan bertekstur keras.

Nah, itulah beberapa cara mencabut gigi sendiri yang paling aman, dari versi sendiri sampai yang paling aman. Jadi, apakah saat ini gigi kamu goyang? Kalo iya, cobalah lakukan hal terbaik yang menurut kamu itu tepat.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare