...
manfaat kunir putih
5-min read

5 Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

manfaat kunir putih

Pahami manfaat kunir putih untuk kesehatanmu, cek juga resepnya berikut ini, yuk!

Apakah kamu tahu bahwa kunir putih memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatanmu? Ya, benar! Tumbuhan yang satu ini memang telah dikenal secara luas sebagai rempah-rempah dalam masakan Indonesia.

Namun, tahukah kamu bahwa kunir putih juga dapat memberikan efek positif pada tubuhmu? Dalam artikel kali ini, akan kita bahas mengenai 7 manfaat kunir putih untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak terus informasi berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Kunir Putih?

Apa yang Dimaksud Dengan Kunir Putih?
Source: Gaya – Tempo.co

Kunir putih adalah sebutan lain untuk Curcuma Zedoaria, yang merupakan tanaman herbal yang berasal dari keluarga Zingiberaceae. Tanaman ini dikenal pula dengan nama lain, lho, seperti temu putih, zedoary putih, atau kunyit putih. Kunir putih tumbuh di daerah tropis dan subtropis di Asia, terutama di Indonesia, India, dan China.

Kunir putih memiliki rimpang (akar) yang digunakan dalam pengobatan tradisional dan juga sebagai bahan rempah-rempah dalam masakan. Rimpang kunir putih memiliki aroma harum dan rasa pahit, dan biasanya digunakan dalam bentuk serbuk atau ekstrak.

Kunir putih telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai tujuan, seperti mengatasi gangguan pencernaan, meredakan peradangan, meredakan nyeri, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa penelitian ilmiah telah menunjukkan potensi sifat antiinflamasi, antikanker, antidiabetes, dan antivirus kunir putih.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami dengan lebih baik manfaat dan efek samping yang mungkin terkait dengan penggunaan kunir putih dalam pengobatan modern.

Sebelum mengonsumsi atau menggunakan kunir putih sebagai obat atau suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga medis yang kompeten untuk menentukan dosisnya secara tepat dan memperhitungkan kondisi kesehatan individu kamu, ya!

Manfaat Kunir Putih

Manfaat Kunir Putih
Source: Alodokter

1. Sifat antiinflamasi

Kunir putih diketahui memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam kunir putih dapat menghambat aktivitas enzim dan mediator inflamasi.

Sehingga hal tersebut juga dapat membantu meredakan peradangan pada berbagai kondisi, seperti osteoarthritis, kolitis, dan dermatitis.

2. Manfaat kunir putih: Efek antimikroba

Kunir putih memiliki sifat antimikroba, yang dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak kunir putih memiliki aktivitas antimikroba terhadap beberapa jenis mikroorganisme patogen, seperti Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Candida albicans, dan virus herpes.

3. Mendukung pencernaan yang baik

Kunir putih telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti masalah pencernaan, kembung, dan mual. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kunir putih dapat merangsang produksi enzim pencernaan dan meningkatkan motilitas usus, yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan.

4. Manfaat kunir putih: Potensi antikanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam kunir putih, seperti kurkuminoid, memiliki potensi aktivitas antikanker. Studi in vitro dan pada hewan telah menunjukkan bahwa kunir putih dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan merangsang apoptosis (kematian sel kanker) serta menghambat proses metastasis (penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lain).

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami dengan lebih baik potensi antikanker kunir putih pada manusia.

5. Sifat antioksidan

Kunir putih mengandung senyawa antioksidan, seperti kurkuminoid, yang dapat membantu melawan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan peradangan.

Info wajib baca: Mengenal Lebih Dekat Teh Hijau: Manfaat Minum Sebelum Tidur

Resep Kunir Putih

Resep Kunir Putih
Source: Suara.com

1. Minuman kunir putih (kunyit asam)

Bahan

  • 2 cm kunir putih, parut halus
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 1 sendok teh asam jawa, larutkan dalam 100 ml air matang
  • 2 sendok makan madu
  • 500 ml air matang

Cara membuat:

  1. Campurkan kunir putih parut, air perasan jeruk nipis, larutan asam jawa, madu, dan air matang dalam sebuah gelas atau teko.
  2. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  3. Sajikan sebagai minuman kunir putih yang menyegarkan.

2. Tumis ayam kunir putih

Bahan

  • 500 gram daging ayam, potong-potong
  • 2 cm kunir putih, parut halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah cabai merah, iris tipis (opsional, sesuai selera)
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula merah serut
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara memasak:

  1. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan cabai merah (jika menggunakan) hingga harum.
  2. Tambahkan potongan daging ayam, kunir putih parut, garam, merica bubuk, dan gula merah serut. Aduk rata.
  3. Tumis hingga daging ayam matang sempurna dan bumbu meresap, angkat.
  4. Sajikan tumis ayam kunir putih dengan nasi hangat dan sayur-sayuran sesuai selera.

Info wajib baca: Manfaat Putih Telur untuk Wajah, Salah Satunya Mengurangi Garis Halus!

3. Jamur kunir putih

Bahan

  • 2 cm kunir putih, parut halus
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 1 sendok makan madu
  • 500 ml air matang

Cara memasak:

  1. Rebus air matang bersama daun pandan hingga mendidih.
  2. Tambahkan kunir putih parut ke dalam air rebusan, masak dengan api kecil selama 10-15 menit hingga air berubah warna kekuningan.
  3. Angkat dari api, saring air kunir putih ke dalam gelas.
  4. Tambahkan air asam jawa dan madu, aduk rata.
  5. Jamu kunir putih siap disajikan sebagai minuman kesehatan yang hangat.

Itu tadi beberapa manfaat kunir putih yang baik untuk kesehatan kamu. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi kunir putih dengan beberapa cara seperti membuatnya menjadi minuman atau makanan.

Masih banyak informasi terkait manfaat tumbuhan lainnya salah satunya yaitu manfaat lidah buaya untuk luka. Ikuti terus informasi-informasi yang Kostmin rangkum buat kamu, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare