...
5-min read

7 Manfaat Tanaman Hias, Salah Satunya Baik Untuk Kesehatan Mental!

Tak hanya mempercantik ruangan, ada banyak manfaat tanaman hias yang dijamin membuatmu ingin segera memilikinya!

Tanaman hias telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia sejak zaman dahulu. Dengan keindahan dan keragaman bentuknya, tanaman hias tidak hanya menyajikan elemen estetika, namun juga memberikan sejumlah manfaat, baik bagi lingkungan maupun makhluk lainnya di bumi, salah satunya manusia.

Dalam beberapa dekade terakhir, popularitas tanaman hias telah meningkat pesat, tidak hanya sebagai dekorasi, tetapi juga sebagai elemen yang meningkatkan kualitas hidup. Pada artikel kali ini, Kostmin akan mengulas beberapa manfaat utama tanaman hias bagi kita dan lingkungan sekitar. Jika penasaran, baca sampai habis, ya!

Apa Itu Tanaman Hias?

Tanaman hias disebut juga dengan tanaman taman yang mempunyai keindahan sebagai ciri utamanya. Mereka biasanya ditanam di taman bunga untuk menambah estetika. Ini adalah tanaman yang ditanam dengan tujuan utama yakni mempercantik ruangan maupun untuk alasan penyaringan, aksen, spesimen, menambahkan warna atau meningkatkan estetika.

Manfaat Tanaman Hias

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengoleksi tanaman hias, berikut adalah khasiatnya!

1. Menambah estetika

Taman hias membantu menciptakan keajaiban visual dengan berbagai tanaman yang membentuk palet warna yang beragam. Tak hanya sebagai hiasan di rumah, di zaman media sosial, taman hias juga bisa menjadi cara yang bagus untuk mempercantik akunmu.

Tanaman hias hadir dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Bentuk-bentuk ini dapat memberikanmu palet gambar yang cerah dan lanskap yang menakjubkan. Jadi, kamu dapat memilih bunga sesuai dengan preferesimu, entah yang memberikan berani dan anggun atau daun yang halus untuk mempercantik lingkungan rumahmu.

Info wajib baca: 10 Tanaman Hias Depan Pagar Rumah yang Bikin Memanjakan Mata

2. Menyaring udara secara alami

Source: You Had Me At Gardening

Tumbuhan secara umum adalah penyaring udara alami terbaik yang mengubah karbon dioksida menjadi oksigen, suatu kebutuhan untuk kelangsungan hidup. Banyaknya spesies tanaman yang berbeda akan membantu memperkuat daur ulang udara dan juga mengatur tingkat kelembapan di atmosfer.

Kumpulan debu, abu, serbuk sari dan partikel lainnya mendarat pada daunnya sehingga mengurangi debu di udara yang dihirup. Menurut McPherson pada tahun 2005, pelepasan oksigen seperti disebutkan di atas adalah aspek yang meningkatkan kualitas udara untuk dihirup manusia. Jumlah polutan yang terbawa udara yang dihilangkan meningkat seiring dengan luas permukaan daun.

3. Meredakan stres

Kehadiran tanaman hijau di lokasi mana pun selalu memberikan ketenangan bagi kehadiran manusia. Keindahan alam ciptaan Tuhan ini membawa manfaat bagi kesehatan manusia, meskipun tanaman-tanaman ini tidak terlalu menampilkan manfaat tersebut.

Tanaman hias menghilangkan segala kecemasan atau perasaan tidak nyaman. Tak hanya itu, tanaman hias juga menanamkan rasa damai yang pada akhirnya bisa meningkatkan produktivitas.

4. Mencegah erosi tanah

Source: RAS Network Gardening

Taman hias cenderung memiliki lanskap yang kokoh karena berbagai tanaman membantu menjaga keseimbangan fondasi tanah. Tanaman terbaik untuk mengendalikan erosi adalah tanaman yang penutup tanah atau semak yang kuat, berpenampilan cantik, dan memiliki sistem perakaran yang efektif menahan tanah di daerah perbukitan.

Tanaman berfungsi untuk menyebarkan dedaunan yang nantinya akan memperlambat kecepatan hujan lebat. Jika kamu tinggal di daerah yang terdapat banyak rusa, tanaman hias juga bisa menjadi tanaman yang cenderung ditolak oleh rusa untuk dimakan.

Info wajib baca: 7 Tanaman Hias Merambat yang Mudah Tumbuh di Rumah dan Bikin Cantik

5. Meningkatkan kualitas ruang

Tanaman hias tidak hanya meningkatkan daya tarik estetika properti taman, tetapi juga berfungsi sebagai penghalang angin yang membuat kualitas ruang menjadi lebih baik. Tanaman hias menyediakan habitat bagi banyak organisme dan juga membersihkan polutan dari tanaman penyerbuk di dekatnya.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Kehadiran tanaman hijau di kamar tidurmu dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, sehingga membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini disebabkan oleh efek menenangkan dari alam yang dikenal sebagai biofilia. Gemerisik lembut dedaunan dan pemandangan tanaman yang menyejukkan mampu menciptakan suasana tenteram yang mendorong relaksasi. Tanaman terbaik untuk meningkatkan kualitas tidurmu adalah gardenia, lavender, pothos emas, melati, peace lily, passion flower, lidah buaya, spider plant, catnip, chinese evergreen, dan snake plant.

7. Mencegah datangnya nyamuk

Tanaman hias selain memenuhi fungsi estetika juga memiliki fungsi sebagai pengusir nyamuk. Banyak penelitian yang menemukan bahwa jenis tanaman tertentu mengandung senyawa kimia organik yang menghasilkan bau atau wangi yang tidak disukai nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk terbaik untuk tamanmu adalah lavender, marigold, serai wangi, catnip, rosemary, basil, dan geranium beraroma.


Itulah sejumlah manfaat tanaman hias. Dengan perawatan yang tepat, tanaman hias akan tumbuh dengan subur dan mempercantik rumah kamu. Tanaman tersebut tidak hanya memberikan keindahan visual, tetapi juga membantu menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan sejuk di rumahmu.

Kamu punya rekomendasi tanaman lainnya? Jangan ragu untuk share di kolom komentar, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare