...
menu diet seminggu turun 10 kg
5-min read

Menu Diet Seminggu Turun 10 Kg, Coba Cara Ampuh Ini!

menu diet seminggu turun 10 kg

Simak cara membuat menu diet seminggu turun 10 kg di bawah ini, jangan lupa catat, ya!

Banyak orang yang menginginkan diet dengan hasil yang cepat, terutama mereka yang sibuk dalam kegiatan sehari-hari. Tentunya hal ini membuat waktu untuk diet mereka jadi terbatas. Nah, salah satu solusinya bisa dengan mengonsumsi menu diet 1 minggu turun 10 kg. Selain cepat, cara ini juga ampuh menurunkan berat badan secara signifikan, lho, gaes.

Jika ingin mendapatkan hasil diet yang memuaskan dalam waktu seminggu, kamu bisa mencoba beberapa cara diet, seperti diet kentang dan telur rebus, diet lemon, diet pisang, serta diet lainnya. Penasaran dengan cara mengatur jadwal menu diet dalam seminggu? Langsung simak di bawah ini, ya!

Info wajib baca: 13 Cara Diet Sehat Alami, Salah Satunya Minum Air Putih yang Cukup

Mengapa Diet Penting?

Diet pada dasarnya adalah pola makan, yang cara dan jenis makanannya diatur. Tujuannya yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, diet juga bertujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol. 

Meski begitu, tidak semua diet dilakukan untuk menurunkan berat badan, beberapa orang melakukan diet atas dasar anjuran dokter karena mengidap penyakit tertentu yang memaksanya untuk mengatur segala nutrisi yang akan masuk ke tubuhnya. Oleh karena itu, diet dan nutrisi adalah suatu kesatuan yang diperlukan tubuh dalam porsi seimbang.

Saat diet, sebaiknya kamu jagan sampai melewatkan sarapan. Karena melewatkan sarapan tidak dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini justru membuat tubuh kehilangan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk beraktivitas.

Sebaiknya ketika diet kamu membuat jadwal makan, ini bertujuan mencegah makan berlebihan akibat menunda waktu makan. Untuk meningkatkan keberhasilan diet, kamu bisa membagi tiga waktu makan besar menjadi enam kali dalam porsi kecil.

Menu Diet Seminggu Turun 10 Kg

menu diet seminggu turun 10 kg
Source: Labviral.com

1. Menu diet seminggu turun 10 kg, hari pertama

Pada hari pertama, tujuan dari diet kamu adalah melakukan perubahan pola makan secara bertahap. Dalam memulainya, cobalah konsumsi buah-buahan untuk memenuhi asupan gizi harian kamu.

Kenapa kok, gitu? Hal ini dikarenakan buah-buahan dan sayuran kaya akan serat yang jauh lebih bersahabat bagi sistem pencernaan kamu. Sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi di pagi hari.

Selain itu, di hari pertama ini kamu hanya dibolehkan makan buah-buahan apa saja kecuali pisang. Disarankan banget, nih, untuk mengonsumsi lebih banyak buah melon dan semangka yang kandungan airnya tinggi.

2. Hari kedua

Lanjut pada hari kedua, kamu bisa memasukkan sayur-sayuran dalam daftar menu diet sehat. Sayur apa saja baik, segar maupun dimasak sebentar. Bisa banget dimasak tumis, sup, ataupun rebus, dan kukus, lho. Dibuat pecel atau karedok juga boleh asalkan bumbu kacangnya sedikit saja, ya. Nggak ada batasan untuk jumlah ataupun jenis sayuran, makanlah hingga kenyang.

3. Hari ketiga

Memasuki hari ketiga, kamu bisa mengkombinasikan menu sayuran dan buah-buahan. Nggak ada batasan untuk jumlahnya, yang penting kamu jangan sampai lapar. Eits, tetapi tetap kamu nggak boleh mengonsumsi buah pisang.

Selain itu, kombinasi menu sayuran dan buah-buahan tersebut tentunya untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Hindari sayur yang dimasak dengan minyak, serta kurangi garam dan gula pada sayur. Jangan lupa, pastikan untuk mengonsumsi sayur dengan cara dikukus, ya!

4. Hari keempat

Di hari keempat ini, saatnya kamu harus mengonsumsi pisang sebanyak 8 buah ditambah 3 gelas susu dalam sehari. Makanan lain tidak diperbolehkan. Jika kamu alergi terhadap susu sapi (lactose intolerance), gantilah dengan susu kedelai. Lalu, kalau kamu tidak suka makan pisang, bisa diganti dengan jambu biji masak, kiwi, atau melon.

Alternatif lainnya, kamu juga bisa mengonsumsi yogurt atau milkshake. Pastikan kamu tidak mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan, ya!

5. Menu diet seminggu turun 10 kg, Hari kelima

Pada hari kelima, kamu akan merasakan berat badan mulai turun secara bertahap. Nah, oleh karena itu, ksmu diperbolehkan untuk mengonsumsi 5 sendok nasi di pagi hari. Lebih baik lagi jika kamu hanya mengonsumsi kentang dan telur rebus. Untuk makanan lainnya, kamu bisa menambahkan lalapan dan tomat. 

Selanjutnya, kamu juga bisa memilih menu hari kelima ini adalah 500 g daging sapi dan 6 buah tomat untuk konsumsi tiga kali makan utama. Daging burger atau daging cincang dibolehkan.

Daging sapi bisa diganti dengan daging ayam tanpa kulit atau tempe bagi yang vegetarian. Bila tidak suka tomat, kamu bisa menggantinya dengan belimbing manis.

6. Hari keenam

Hampir sama seperti hari kelima, pada hari keenam kamu dapat mengonsumsi 5 sendok nasi. Sebagai alternatif, kamu juga bisa memasukkan kentang rebus dalam menu diet sehat. Untuk camilan, hindari camilan yang manis dan berminyak dan ganti dengan camilan sehat, seperti buah-buahan segar.

Ada lagi, nih, kamu bisa menyiapkan menu kombinasi sayuran dan daging atau Ikan (filet) dalam jumlah secukupnya.

7. Menu diet seminggu turun 10 kg, Hari ketujuh

Pada hari terakhir, menunya terdiri atas beras merah (beras dengan kandungan serat yang tinggi), jus buah, serta sayuran (segar atau dimasak sebentar).

Kamu dianjurkan untuk minum air putih dalam jumlah yang banyak (12-15 gelas) setiap harinya selama menjalani diet. Ini bertujuan untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi kombinasi dari beberapa makanan di hari sebelumnya, seperti sayuran, buah, dan sedikit nasi. Mengonsumsi kombinasi makanan tersebut secara bertahap mampu membantu penyesuaian sistem pencernaan dalam tubuh kamu agar tidak terlalu kaget. 


Nah, setelah menerapkan menu diet 1 minggu turun 10 kg di atas, kamu tinggal menimbang berat badan. Apakah hasilnya sesuai harapan kamu atau tidak? Jika kamu melakukannya dengan disiplin dan konsisten, hasilnya tentunya akan memuaskan, ya!

Ada catatan penting juga, nih, gaes, terat diet ini. Sebaiknya kamu cukup melakukannya sekali sebulan, karena berpotensi mengurangi beberapa nutrisi penting dalam tubuh yang tidak terdapat dalam buah dan sayuran.

Selain itu, kekurangan gizi penting dalam tubuh, apapun bentuknya, tidak akan menyebabkan penurunan berat badan yang bertahan lama.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare