...
mukjizat nabi yahya
5-min read

Mengenal Mukjizat Nabi Yahya yang Istimewa, Sudah Bisa Bicara Sejak dalam Kandungan

mukjizat nabi yahya

Kali ini kita bakal bahas mukjizat Nabi Yahya sebagai nabi ke-23 yang nggak kalah istimewa.

Sahabat, tahukah kalian bahwa Nabi Yahya memiliki keistimewaan yang membedakannya dari para nabi lainnya? Ya, mukjizat Nabi Yahya nggak kalah luar biasa! Kali ini, mari kita telusuri kembali tentang mukjizat-mukjizat Nabi Yahya yang nggak kalah istimewa dari mukjizat 24 nabi Allah SWT lainnya. Yuk, simak!

Siapa itu Nabi Yahya?

mukjizat nabi yahya
Source: Balitteknologikaret.co.id

Nabi Yahya, juga dikenal sebagai Yahya bin Zakaria, adalah seorang nabi dalam agama Islam dan juga diakui dalam agama-agama lain seperti Kristen. Ia merupakan seorang nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan wahyu dan petunjuk-Nya kepada umat manusia.

Nabi Yahya adalah anak dari Zakaria (Zacharias), seorang nabi dalam agama Islam yang juga dihormati dalam agama Kristen. Ia lahir sebagai buah dari mukjizat Allah, karena ayahnya dan ibunya, Elizabeth, telah lanjut usia dan sebelumnya tidak memiliki keturunan. Kelahiran Nabi Yahya dianggap sebagai tanda keajaiban dan rahmat Allah.

Nabi Yahya diberikan tugas dan misi yang penting dalam perjalanan kenabian. Ia disebutkan dalam Al-Quran sebagai nabi yang saleh dan diberkahi dengan hikmah (kebijaksanaan) sejak masa kanak-kanak. Tugas utama Nabi Yahya adalah untuk mempersiapkan jalan bagi kedatangan Nabi Isa (Yesus) yang akan datang setelahnya.

Nabi Yahya dikenal sebagai seorang nabi yang berdedikasi dan berkomitmen dalam menyerukan kebenaran. Ia menyerukan tauhid (keyakinan kepada Allah yang Maha Esa) dan menyampaikan pesan moral kepada umat manusia. Nabi Yahya juga mengajarkan nilai-nilai kebaikan, keadilan, dan kejujuran kepada pengikutnya.

Namun, keberanian Nabi Yahya dalam menegakkan kebenaran dan mengkritik tindakan-tindakan yang melanggar nilai-nilai agama membuatnya menjadi sasaran pembunuhan.

Menurut kisah dalam Al-Quran, Raja Herodes yang berkuasa pada saat itu menginginkan kekuasaan mutlak dan menganggap Nabi Yahya sebagai ancaman. Akhirnya, Nabi Yahya menjadi martir ketika Raja Herodes memerintahkan penangkapannya dan kematiannya dengan cara dipenggal.

Nabi Yahya dihormati dan dijadikan contoh keberanian, ketabahan, dan kesetiaan dalam mempertahankan ajaran agama. Ia merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah kenabian dalam agama Islam dan Kristen, dan dianggap sebagai figur yang membawa pesan perdamaian dan kebenaran kepada umat manusia.

Info wajib baca: Kisah Nabi Zulkifli dalam Al-Quran: Fakta-Fakta dan Inspirasi

Mukjizat Nabi Yahya

mukjizat nabi yahya
Source: Islampos

Selain cerita kisah mukjizat Nabi Zakaria yaitu ayahnya, kisah Nabi Yahya dan mukjizat yang diterimanya juga nggak kalah menarik buat kita ketahui! Penasaran mukjizat apa aja yang diterima sama Nabi Yahya? Langsung cek satu-satu di bawah ini!

1. Lahir dari seorang wanita yang tidak bisa hamil

Seperti yang udah kita ketahui, Elizabeth, istri dari Nabi Zakaria adalah seorang perempuan lanjut usia yang tidak bisa hamil, alias mandul.

Namun, berkat mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Elizabeth dan suaminya, Nabi Zakaria, ia bisa hamil dan melahirkan seorang anak yang diberi nama Yahya. Saat dewasa ia pun menjadi seorang nabi utusan Allah SWT.

2. Berbicara sejak dalam perut ibunya

Keistimewaan dari mukijizat Nabi Yahya sendiri nggak cuma sekedar lahir dari seorang wanita tua yang tidak bisa hamil, beliau juga diketahui bisa berbicara dalam perut ibunya selama kehamilan.

Mukjizat ini berkaitan dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Al-Maryam ayat 12 yang berarti (Allah berfirman,) “Wahai Yahya, ambillah (pelajarilah) Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh.” Kami menganugerahkan hikmah kepadanya (Yahya) selagi dia masih kanak-kanak.

3. Bisa berkomunikasi dengan makhluk hidup

Salah satu mukjizat Nabi Yahya adalah beliau bisa berbicara dengan makhluk hidup yang ada di alam, dan mengerti bahasa mereka. Bahkan dalam beberapa riwayat disebutkan kalau Nabi Yahya dapat berbicara pada hewan-hewan seperti burung, ikan, bahkan serangga.

Karena dapat mengerti bahasa makhluk hidup selain manusia, Nabi Yahya juga dapat berbicara dan mengerti bahasa tumbuhan, lho!

4. Memberi kabar gembira tentang Nabi Isa binti Maryam

Dalam beberapa riwayat disebutkan juga kalau Nabi Yahya membawa kabar baik bagi orang-orang di kampung halaman Siti Maryam terkait kelahiran Nabi Isa. Di mana beliau mengumumkan bahwa Maryam akan melahirkan seorang anak yang nantinya akan jadi nabi utusan Allah SWT.

Perkataannya pun terbukti benar, nggak lama, Maryam melahirkan Nabi Isa yang jadi salah satu nabi paling berpengaruh nggak cuma di dalam agama Islam, tapi juga dalam agama Kristen, dan agama lainnya.

Info wajib baca: Kisah Nabi Ishaq AS yang Terkandung dalam Al-Qur’an | Dari Perjalanan Dakwah hingga Mukjizat

5. Al-Hanan

Al-Hanan dalam Bahasa Arab berarti suatu karunia yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang terpilih, salah satunya adalah Nabi Yahya. Di mana hal ini membuat beliau jadi nabi yang diberi kepercayaan sebagai cahaya atau sinar yang muncul dari wajah seseorang, pancaran ini berasal dari hati suci dan murni.

Nabi Yahya senantiasa setia mengabdi pada Allah SWT, dan dengan cinta dan kasih sayangnya kepada Allah SWT, Nabi Yahya mendapatkan Al-Hanan, yang membuat cahaya memancar dari wajahnya akibat dari kesucian serta kemurnian hatinya.

6. Diwarisi ilmu dan kenabian ayahnya

Salah satu mukjizat Nabi Yahya lainnya adalah, beliau diwarisi ilmu serta kenabian dari ayahnya, Nabi Zakaria. Yang tentunya hal ini memberinya keistimewaan dalam menyampaikan ajaran-ajaran Allah SWT kepada umat manusia sebagai penerus dakwah ayahnya, Nabi Zakaria.

7. Hafal isi Kitab Taurat

Yang terakhir dan nggak kalah keren, Nabi Yahya mampu menghafal seluruh isi dari Kitab Taurat di umur belia. Hal ini karena kecerdasan yang dimilikinya sejak kecil, dan ketekunannya dalam belajar, serta mukjizat yang didapat dari Allah SWT.

Hal ini pun membuatnya sebagai pemimpin yang menyampaikan ajaran-ajaran Allah SWT dengan penjelasan sangat baik, sehingga mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh siapa pun yang mendengarkannya.


Gimana, mukjizat dari Nabi Yahya nggak kalah menarik dibanding kisah maupun mukjizat nabi-nabi utusan Allah SWT lainnya, kan? Jadikan hal-hal ini sebagai teladan, yuk!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Medan Murah

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Kost Jakarta Selatan Murah

Info Kost Dago Murah

Kost Surabaya Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare