...
kisah nabi ishaq
5-min read

Kisah Nabi Ishaq AS yang Terkandung dalam Al-Qur’an | Dari Perjalanan Dakwah hingga Mukjizat

kisah nabi ishaq

Kisah Nabi Ishaq AS sangat menarik untuk dipahami. Simak kisah selengkapnya di artikel ini, yuk!

Kamu mungkin sudah mendapatkan pengetahuan mengenai kisah-kisah para Nabi yang terdapat di Al-Qur’an dan Al-Hadist. Umumnya yaitu membahas mengenai jumlah keseluruhan Nabi dan Rasul, nama Nabi dan Rasul yang wajib diketahui, sampai sejarah mengenai kisah para Nabi dan Rasul dalam berdakwah mengajarkan agama Islam pada masanya.

Apabila sejak dini kamu sudah mempelajari kisah para Nabi dan Rasul, seperti kisah Nabi Nuh. Hal ini merupakan bukti pentingnya untuk mengetahui dan memahami mengenai Nabi dan Rasul sebagai salah satu bentuk iman kita umat manusia kepada Nabi atau utusan Allah.

Nah, di artikel kali ini akan membahas kisah Nabi Ishaq AS yang dapat kamu pahami dan dijadikan pelajaran.

Info wajib baca: Simak Kisah Nabi Zulkifli yang Terkenal dengan Sifat Sabar

Sejarah Singkat Nabi Ishaq

Nabi Ishaq AS adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk memberikan petunjuk dan bimbingan kepada umat manusia. Nama Ishaq atau Ishak berasal dari bahasa Ibrani yang mempunyai arti tersenyum atau tertawa. Kata Ishaq sendiri terinspirasi dari ibunda Nabi Ishaq ‘alaihis salam.

Ia merupakan putra dari Nabi Ibrahim dan Siti Sarah. Berdasarkan sejarah, kelahiran Nabi Ishaq dianggap sebagai suatu keajaiban karena Siti Sarah yang telah berusia lanjut masih mampu melahirkan anak.

Kisah lahirnya Nabi Ishaq ke dunia terkandung dalam Al-Qur’an surat Hud ayat 69 berikut ini:

Allah SWT berfirman dalam Q.S Hud ayat 69 sebagai berikut,

وَلَقَدْ جَآءَتْ رُسُلُنَآ إِبْرَٰهِيمَ بِٱلْبُشْرَىٰ قَالُوا۟ سَلَٰمًا ۖ قَالَ سَلَٰمٌ ۖ فَمَا لَبِثَ أَن جَآءَ بِعِجْلٍ حَنِيذٍ

Artinya: “Dan sesungguhnya utusan-utusan Kami (malaikat-malaikat) telah datang kepada lbrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan: ‘Selamat’. Ibrahim menjawab: ‘Selamatlah,’ maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang dipanggang.”

Kelahiran Nabi Ishaq AS merupakan karunia kepada Nabi Ibrahim AS yang telah memerangi para penyembah berhala. Allah SWT berfirman dalam Q.S Maryam ayat 49,

فَلَمَّا ٱعْتَزَلَهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ وَهَبْنَا لَهُۥٓ إِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ ۖ وَكُلًّا جَعَلْنَا نَبِيًّا

Artinya: “Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Ya’qub. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi.”

Kehadiran Nabi Ishaq dalam keluarga Nabi Ibrahim menjadi berkah bagi keluarga tersebut. Nabi Ibrahim dan Siti Sarah sangat mengasihi putra mereka itu, dan mereka menganggap Nabi Ishaq sebagai anugerah dari Allah SWT. 

Kisah Nabi Ishaq AS dalam Berdakwah dan Mukjizat yang Diberikan Kepadanya

Setiap kisah para nabi dan rasul memiliki perjalanan dakwah dan mukjizat yang merupakan anugerah dari Allah SWT. Simak perjalanan dakwah dan mukjizat Nabi Ishaq di bawah ini.

1. Perjalanan dakwah Nabi Ishaq

Semasa hidupnya, Nabi Ishaq AS menyampaikan pesan dakwah kepada kaum saat itu dengan sangat sabar dan penuh kasih sayang. Ia selalu berusaha untuk memberikan dakwah secara santun dan tidak pernah memaksakan kehendaknya kepada orang lain. 

Selama hidupnya, Nabi Ishaq as memiliki keturunan yang juga diangkat sebagai seorang nabi, yaitu Nabi Ya’qub AS. 

Nabi Ishaq AS merupakan nabi kesembilan yang ditugaskan untuk berdakwah di wilayah Palestina menggantikan peran ayahnya yaitu Nabi Ibrahim AS yang pada saat itu dan telah menginjak usia senja. Wilayah dakwah Nabi Ishaq AS yaitu berada di daerah Kan’an dan Syam.

Keutamaan Nabi Ishaq dalam berdakwah terkandung dalam Al-Qur’an.

“Dan ingatlah hamba-hamba kami: Ibrahim, Ishaq, dan Ya’qub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi. Sesungguhnya Kami telah menyucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) pada negeri akhirat. Sesungguhnya mereka pada sisi Kami benar-benar termasuk orang-orang pilihan yang paling baik.” (Q.S. Shaad ayat 45-47).

Nabi Ishaq memilih cara-cara yang halus dan persuasif untuk menyampaikan pesan Islam kepada kaum zaman tersebut. Ia selalu berbicara dengan sopan dan menghindari konflik dengan siapa pun.

Namun, dalam berdakwah, Nabi Ishaq juga kerap menghadapi berbagai rintangan dan tantangan. Banyak orang yang menolak dakwahnya dan bahkan menghalangi upaya-upaya dakwahnya. Namun, Nabi Ishaq tetap sabar dan terus berusaha untuk menyampaikan ajaran Islam kepada masyarakat.

Info wajib baca: 5 Mukjizat Nabi Isa yang Terkandung di Al-Qur’an | Salah Satunya Bisa Menghidupkan Orang Mati

2. Mukjizat Nabi Ishaq

Nabi Ishaq AS mendapatkan beberapa mukjizat dari Allah SWT yang tentunya dapat kita jadikan pelajaran untuk saat ini

1. Atas seizin Allah SWT, Nabi Ishaq AS yang pada saat itu telah berusia sangat tua yakni 100 tahun dapat memiliki keturunan dengan istrinya Ribka yang memiliki kondisi mandul

2. Keturunan dari Nabi Ishaq AS adalah pencetus dari munculnya Kaum Bani Israil. Kaum Bani Israil terlahir dari para keturunan Nabi Ya’qub AS. Nabi Ya’qub memiliki nama lain Israil dan ia merupakan keturunan dari Nabi Ishaq ‘alaihis salam.

Maka dari garis keturunan tersebut lahirlah kaum Bani Israil dimana total telah ada 12 nabi yang diutus oleh Allah Ta’ala kepada kaum Bani Israil tersebut. Salah satu dari 12 nabi tersebut adalah Nabi Isa AS. 

Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Anbiya ayat 72,

وَوَهَبْنَا لَهُۥٓ إِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ نَافِلَةً ۖ وَكُلًّا جَعَلْنَا صَٰلِحِينَ

Artinya: ” Dan Kami telah memberikan kepada-nya (Ibrahim) lshak dan Ya’qub, sebagai suatu anugerah (daripada Kami). Dan masing-masingnya Kami jadikan orang-orang yang saleh.”


Demikian pembahasan mengenai kisah Nabi Ishaq AS. Semoga bisa bermanfaat dan menambah keimanan kamu, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare