...
oleh oleh khas balikpapan
5-min read

Dari Camilan hingga Pernak-Pernik, Ini 7 Oleh-oleh Khas Balikpapan yang Bisa Kamu Bawa Pulang

oleh oleh khas balikpapan

Roti gemblong hingga kain songket menjadi oleholeh khas Balikpapan yang nggak boleh kamu lewatkan

Eits, ada yang baru nih buat kamu yang suka jalan-jalan dan doyan makanan! Balikpapan, kota di Kalimantan Timur yang keren abis, punya banyak camilan khas yang nggak boleh kamu lewatkan begitu saja sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Nggak cuma makanan, di Balikpapan juga ada oleholeh khas berupa pernak-pernik yang bisa bikin penampilan kamu jadi makin kece pastinya. Jadi, nggak ada salahnya dong untuk membawa pulang sedikit camilan dan pernak-pernik ini sebagai bukti serunya kamu menjelajahi kota Balikpapan!

Pilihan Oleh-oleh Khas Balikpapan

Dari makanan khas hingga pernak-pernik menarik, berikut ini sejumlah oleh-oleh khas Balikpapan yang bisa kamu bawa pulang:

1. Kue Mantau, oleh-oleh terkenal khas Balikpapan

Source: Blog Daerah Kita

Pernah dengar tentang kue mantau? Kalau belum, waktunya kamu mencicipi aemilan khas Balikpapan yang satu ini. Berbeda dari kebanyakan kue manis, kue mantau punya cita rasa sedikit asin yang khas banget.

Bentuknya mirip burger, tapi nggak ada isinya. Bagian luar kuenya  pun renyah dengan tekstur di bagian dalam yang tetap lembut. Nah, cara pembuatan kue ini digoreng sehingga menciptakan sensasi gurih saat mendarat di lidah.

Dengan cita rasa dan tekstur yang unik, nggak heran, deh, kalau kue mantau jadi favorit banyak orang, terutama yang doyan makanan asin.

Info wajib baca: 11 Oleh-oleh Khas Semarang yang Bikin Nagih dan Kekinian, Ada Mie dan Lumpia

2. Kue Bingka

Selanjutnya ada kue bingka, si manis legit dari Balikpapan yang wajib banget kamu cicipi. Teksturnya lembut dan pas banget buat kamu yang suka camilan yang nggak terlalu berat.

Kentang, susu, keju, dan sedikit gula merah yang dicampur jadi satu membuat cita rasanya sempurna. Originalnya aja udah enak banget, apalagi kalau nyicipin varian rasa lainnya seperti cokelat, keju, atau gula merah. Sayangnya, kue ini nggak tahan lama, jadi buruan bawa pulang biar nggak kehabisan!

3. Roti Gembong

Apa kamu pernah menemukan outlet roti gemblong di sekitar rumah? Nah, kudapan yang mulai mudah ditemukan di mana-mana ini ternyata termasuk oleh-oleh khas Balikpapan, lho.

Roti gembong mempunyai tekstur yang khas dengan crispy di luar, tapi lembut di dalam. Menciptakan sensasi dan pengalaman tersendiri saat kamu menikmati olahan makanan khas Kalimantan ini.

Selain itu, tekstur dan cita rasanya yang khas juga bikin roti ini jadi salah satu oleh-oleh yang selalu direkomendasikan. Warga Balikpapan pastinya udah pada hafal betul kenikmatan roti gembong ini, jadi nggak ada alasan untuk nggak bawa pulang, ya!

4. Amplang, oleh-oleh kerupuk khas Balikpapan

Amplang adalah makanan khas Balikpapan yang unik. Meskipun mirip kerupuk, tapi ada campuran ikan di adonannya yang bikin rasanya menjadi khas.

Camilan ini juga mempunyai banyak bentuknya, dari yang panjang seperti kuku macan, sampai yang lebih kecil. Rasanya juga bervariasi, dari yang original, bawang, merica, keju, sampai rasa lainnya yang menarik untuk dicoba. Cocok banget buat kamu yang suka dengan makanan gurih dan asin!

5. Kue Ilat Sapi

oleh oleh khas balikpapan
Source: Cookpad

Kue ilat sapi atau kue lidah sapi adalah jajanan tradisional yang berasal dari Kalimantan Timur. Meskipun disebut lidah sapi, tapi bahan utamanya sebetulnya berasal dari campuran tepung, gula merah, telur, dan beberapa bahan lainnya, lho.

Adonannya dibentuk menyerupai bentuk lidah sapi, dan inilah yang menjadi asal-usul nama kue ilat sapi. Cita rasanya manis dan legit, cocok buat pencinta makanan manis!

6. Pernak-Pernik Suku Dayak

Suku Dayak adalah salah satu suku asli yang menghuni tanah Kalimantan. Nah, Suku Dayak juga memiliki pernak-pernik khas yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh, lho.

Kalung, anting, gelang, dan tas dengan manik-manik berwarna-warni akan menjadi oleh oleh yang menarik banget untuk dibawa pulang dari Balikpapan. Nggak hanya sebagai oleh-oleh, pernak-pernik ini juga bisa digunakan sebagai hiasan yang unik dan etnik.

Info wajib baca: Oleh-oleh Khas Thailand yang Menarik, Ada Makanan, Produk Kecantikan, hingga Kerajinan

7. Kain Songket, oleh-oleh kesenian khas Balikpapan

Selain camilan, kamu juga bisa membawa pulang kain songket sebagai oleh-oleh khas Balikpapan. Kain ini sangat khas dengan pilihan warna-warna cerah dan corak yang menarik.

Kamu pun bisa memilih antara kain meteran atau yang sudah jadi sarung atau penutup kepala. Bukan hanya sebagai oleh-oleh, kain songket juga bisa jadi koleksi seni yang memukau.

Nah, itu dia beberapa oleh-oleh khas Balikpapan yang nggak boleh kamu lewatkan. Semuanya punya keunikan dan kesan tersendiri yang membuatmu jadi makin dekat dengan kota satu ini.

Pastikan juga kamu membawa pulang beberapa untuk keluarga dan teman-teman sebagai bukti selama kamu di Balikpapan. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi kelezatan cemilan khas ini saat berkunjung ke kota yang menyajikan pesona alam, kuliner, dan pastinya pernak-pernik yang luar biasa!


Dari beberapa oleh-oleh khas Balikpapan di atas, adakah salah satunya yang ingin kamu bawa pulang? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare