...
oleh oleh khas cirebon
5-min read

7 Oleh-oleh Khas Cirebon, Nggak Cuma Olahan Udang dan Rebon Aja!

oleh oleh khas cirebon

Terasi udang dan rebon menjadi oleh oleh khas Cirebon paling terkenal dari kota ini

Kalau kamu lagi mikirin salah satu kota untuk tempat liburan yang asyik, Cirebon bisa jadi destinasi seru buat dicoba. Selain pemandangan alam dan budayanya yang nggak kalah oke, Cirebon juga punya makanan khas yang lezat, lho.

Nggak hanya empal gentong, nasi lengko, atau nasi jamblang saja, lidah kamu pastinya akan dimanjakan dengan pilihan kuliner lain yang menarik dan menggugah selera. Apalagi, makanan tradisional Cirebon juga bisa kamu bawa pulang buat oleh oleh, lho.

Mulai dari sirup manis yang udah terkenal dari jaman dulu sampe batik dengan motif yang kece, semuanya ada di sini. Yuk, cari tahu lebih dalam mengenai oleh oleh khas Cirebon di artikel ini. Let’s go!

Pilihan Oleh Oleh Khas Cirebon

Source: Sokoguru

Penasaran dengan berbagai macam oleh oleh yang bisa kamu bawa pulang dari Cirebon? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Sirup Tjampolay, oleh oleh legendaris khas Cirebon

Mari kita mulai perjalanan kuliner di Cirebon dengan yang manis- manis dulu. Salah satunya dengan menikmati Sirup Tjampolay yang telah ada sejak tahun 1936 ini.

Sirup ini merupakan oleh-oleh khas Cirebon yang legendaris, lho. Dengan cita rasa manis yang khas, sirup ini hadir dalam banyak varian rasa yang berbeda dan sering digunakan untuk melengkapi berbagai minuman, mulai dari warung-warung makan hingga restoran dan hotel.

Apa yang membuat Sirup Tjampolay begitu istimewa? Rasanya yang khas, yang akan memberikan sentuhan manis pada minumanmu, menjadikannya pilihan favorit para pengunjung. Apalagi, harga yang cukup terjangkau juga membuatnya semakin diminati.

Info wajib baca: 5 Rekomendasi Oleh-oleh khas Blitar! Ada Dodol Blitar sampai Keripik Tempe

2. Terasi Udang Cirebon: Kelezatan dari Kota Udang

Terkenal sebagai Kota Udang, kamu bisa menemukan berbagai hidangan lezat yang terbuat dari udang. Dari banyaknya olahan yang ada, salah satu yang bisa kamu jadikan oleh oleh adalah terasi udang Cirebon.

Terbuat dari udang rebon, terasi udang khas Cirebon memiliki cita rasa yang sangat lezat dan unik. Sangat cocok untuk melengkapi bumbu masakan di dapur rumahmu yang akan memberikan rasa gurih dan sedikit pedas pada masakan.

Kamu juga dapat menggunakan terasi udang ini untuk membuat sambal yang lezat atau sebagai bumbu dalam hidangan khas Cirebon, lho. Jadi, pastikan untuk membawa pulang beberapa bungkus terasi udang Cirebon saat mengunjungi kota ini, ya.

3. Terasi Cirebon

Selain sirup dan terasi udang, salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang tahan lama adalah terasi. Nah, terasi ini memiliki rasa yang khas dan bisa menjadi bumbu penyedap luar biasa untuk masakan kamu, lho.

Ada dua jenis terasi yang dapat bisa kamu pilih yaitu terasi matang yang siap tabur dan digunakan sebagai bumbu, atau terasi mentah yang dapat digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan sambal.

4. Keripik Rambak, oleh oleh gurih khas Cirebon

Keripik Rambak adalah camilan yang wajib dicoba saat kamu berkunjung ke Cirebon. Camilan ini terbuat dari kulit sapi yang digoreng hingga menjadi renyah dan gurih.

Kelebihan dari keripik ini adalah daya tahannya yang lama, sehingga kamu dapat membawanya pulang dan menikmatinya dalam waktu yang lebih lama.

5. Kripik tempe sagu

oleh oleh khas cirebon
Source: Fimela

Jika kamu mencari camilan yang berbeda namun lezat, kripik tempe sagu khas Cirebon adalah pilihan yang tepat. Kripik ini berbeda dengan produk sejenis dari kota lain karena memiliki bentuk yang tipis dan renyah.

Proses pembuatannya pun tidak melibatkan tepung sebelum digoreng, melainkan dilapisi dengan sagu sehingga menghasilkan tekstur yang unik dan lezat.

Nah, kamu dapat menemukan kripik tempe sagu dengan berbagai varian rasa yang menggoda, seperti pedas, manis, dan gurih. Camilan ini cocok untuk dinikmati sambil menikmati secangkir teh atau kopi.

Info wajib baca: 5 Pusat Oleh Oleh Jogja, Menarik dan Murah!

6. Rebon

Cirebon memang terkenal dengan olahan rebon atau udang kecil, yang menjadikannya terkenal sebagai Kota Udang. Jika kamu berkunjung ke Cirebon, pastikan untuk mencicipi oleh-oleh berupa produk olahan rebon ini, ya.

Nah, produk ini biasanya ditempatkan dalam toples atau kemasan plastik, sehingga mudah untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh. Kamu juga dapat memilih dari berbagai olahan rebon, mulai dari udang rebon asin hingga udang rebon manis.

7. Batik Trusmi

Selain kuliner, Cirebon juga terkenal dengan batiknya. Nah, Batik Trusmi adalah salah satu ikon produk ekonomi kreatif yang dapat kamu temukan di Cirebon.

Batik ini memiliki sejarah yang panjang sejak dari abad ke-14, lho. Nama “Batik Trusmi” pun diambil dari lokasi pembuatan produk batik ini, yaitu Kampung Batik Trusmi.

Batik Trusmi hadir dalam dua jenis utama: batik tulis dan batik cap. Awalnya, Batik Trusmi dibuat dari bahan dasar kain mori, tetapi sekarang telah berkembang menjadi berbagai bahan seperti sutera, poliester, rayon, dan bahan sintetis lainnya.

Motif Batik Trusmi sangat beragam, termasuk motif mega mendung yang khas Cirebon. Begitu melihat keindahan dan keanggunan Batik Trusmi, kamu mungkin tidak dapat menahan diri untuk tidak membawanya pulang sebagai oleh-oleh.


Nah, itulah sejumlah oleh oleh khas yang bisa kamu bawa pulang jika datang ke Cirebon. Jadi, kamu tertarik untuk membawa pulang yang mana, nih? Tulis jawaban kamu di kolom komentar, yuk!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare