...
pusat oleh oleh jogja
5-min read

5 Pusat Oleh Oleh Jogja, Menarik dan Murah!

pusat oleh oleh jogja

Jogja kota istimewa, oleh olehnya juga nggak kalah ngangenin!

Kota apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata bakpia? Pasti banyak dari kamu langsung berpikir soal Yogyakarta atau Jogja. Memang bakpia sudah menjadi salah satu oleh oleh khas yang wajib dibawa ketika baru pulang dari Jogja. Padahal banyak pilihan oleh-oleh selain bakpia, kok.

Belum tahu harus berburu oleh oleh Yogyakarta di mana? Biar nggak salah, kamu wajib baca artikel ini sampai selesai. Tenang, harganya bersahabat, kok, bahkan untuk anak kost Jogja yang merantau ke Kota Gudeg ini. Yuk, baca artikel ini sampai selesai.

Sedikit tentang Jogja

Sedikit Tentang Jogja
Source: Kumparan

Yogyakarta atau yang akrab disebut Jogja oleh masyarakat luas, adalah salah satu kota di Jawa. Jogja sendiri berkedudukan sebagai ibu kota Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan merupakan satu-satunya daerah tingkat II yang berstatus kota, di samping 4 daerah tingkat II lainnya yang berstatus kabupaten.

Jogja sendiri berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Bantul di sisi timur, barat, selatan, dan utaranya. Kota ini juga menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang menjadi pilihan para pelancong dari luar kota maupun luar negeri untuk berlibur.

Tempat Wisata Populer di Jogja

Tempat Wista Populer di Jogja
Source: Raskita.com

Kalau mendengar kata Jogja, apa saja tempat wisata yang langsung muncul di pikiran kamu? Nggak sedikit mungkin yang menjawab Malioboro atau Pantai Parangtritis, karena memang dua tempat ini adalah tempat wisata yang paling terkenal di Jogja.

Namun, nggak cuma dua itu, lho, tempat wisata di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi ketika ingin bersantai. Ada beberapa tempat lainnya yang nggak kalah ‘istimewa’ dari kedua tempat di atas. Ya, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata alam dan wisata sejarah lain seperti Istana Yogyakarta, Kalibiru, Kaliadem, Taman Pelangi, Pantai Indrayanti, Tebing Breksi, dan lain-lain.

Info wajib baca: 6 Tempat Wisata di Solo yang Instagramable, Pernah ke Sini?

Pusat Oleh Oleh Jogja

Setelah puas berkeliling ke tempat-tempat wisata yang ada di Jogja, tentunya nggak boleh lupa untuk membawa oleh-oleh makanan khas Jogja. Kamu bisa membeli jajanan khas Jogja dengan berkunjung ke beberapa pusat oleh oleh Jogja berikut ini!

1. Bakpia Pathok 25

pusat oleh oleh jogja
Source: KSMTour.com

Sebagai penyuka bakpia, tempat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu yang sering ke Jogja. Bakpia Pathok 25 adalah pusat oleh-oleh bakpia khas Jogja yang sudah lumayan terkenal, terutama di kalangan turis.

Bakpia Pathok 25 ini menjadi salah satu tempat oleh oleh Jogja yang unik, karena di sini kamu bisa melihat secara langsung proses pembuatan bakpia. Pusat oleh oleh Jogja yang satu ini juga menyediakan beberapa makanan lainnya seperti yangko, geplak, dan camilan lain khas Kota Gudeg. Menarik!

  • Alamat Bakpia Pathok 25: Jln. Karel Sasuit Tubun No.504, Sanggrahan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Pusat oleh-oleh Dagadu Jogja

pusat oleh oleh jogja
Source: Foursquare

Pasti beberapa dari kamu juga sudah familiar dengan pusat oleh-oleh yang kedua ini. Dagadu Jogja adalah salah satu pusat oleh oleh Jogja yang menawarkan kaos maupun pernak-pernik unik khas Yogyakarta, dan jenis buah tangan lainnya. Yang unik, sih, desain kaosnya bertuliskan kata-kata humor, kritis, dan nyeleneh sehingga beda dari kaos lainnya.

  • Alamat Dagadu Jogja: Jln. Gedongkuning No.128, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 

3. Pasar Beringharjo

pusat oleh oleh jogja
Source: Joglosemar News

Kalau ingin mendatangi pusat oleh-oleh yang menjual makanan, baju, serta pernak-pernik khas Jogja dalam satu tempat maka kamu bisa datang ke Pasar Beringharjo yang lokasinya di sebelah utara Benteng Vredeburg.

Pasar Beringharjo menjual berbagai pilihan batik dengan beragam harga, kerajinan seni, makanan, hingga barang antik. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, bahkan kamu juga dapat melakukan transaksi tawar-menawar secara langsung dengan pedagang di sini. Terpenting: jangan sadis-sadis minta diskonnya!

  • Alamat Pasar Beringharjo: Jln. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 

4. Kawasan Teras Malioboro

pusat oleh oleh jogja
Source: Tribun Jogja

Buat kamu yang sedang berkunjung ke Malioboro, sayang sekali jika kamu tidak mampir dan membeli oleh-oleh khas Jogja di sini! Kawasan Teras merupakan kompleks relokasi dari pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya berjualan dan memenuhi trotoar toko sepanjang Jalan Malioboro.

Setelah ditertibkan, pedagang menempati dua bagian kompleks pertokoan, yaitu Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2. Di sini, kamu dapat menemukan banyak oleh-oleh khas Jogja, mulai dari pakaian, blangkon, pernak-pernik, hiasan, makanan, hingga miniatur serba Yogyakarta. Yakin mau lewatin pusat oleh-oleh yang satu ini?

Alamat:

  • Teras Malioboro 1 Jln. Margo Mulyo, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Teras Malioboro 2 Jln. Malioboro No.56, Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Info wajib baca: 10 Tempat Wisata di Serang Wajib Mampir | Dari Wisata Alam hingga Sejarah

5. Mirota Kampus

pusat oleh oleh jogja
Source: Mirota Kampus

Beroperasi sejak tahun 1980, Mirota menjadi salah satu pusat oleh oleh Jogja yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Kamu juga dapat menemukan banyak oleh-oleh menarik khas Jogja dengan harga yang yang miring di sini!

Uniknya, ketika kamu masuk ke Mirota, aroma dupa yang dibakar dengan alunan gending Jawa akan menyambutmu. Konsep ini diambil agar memberikan kesan budaya Jawa yang sangat kental. Unik banget!

  • Alamat Mirota Kampus: Jln. Menteri Supeno No.38, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jogja memang benar-benar kota istimewa ya, gaes! Mulai dari tempat-tempat wisata yang unik, makanan yang enak, sampai ke oleh-olehnya yang tidak kalah menarik untuk kamu beli dan bawa pulang. Pantes aja, Jogja pasti selalu ramai pengunjung!

Nah, kalau datang ke Jogja, jangan lupa mampir ke pusat oleh oleh Jogja di atas, ya! Kamu bisa beli mulai dari makanan, baju, gantungan kunci, pernak-pernik, hiasan rumah, hingga miniatur. Ternyata selain tempat-tempat wisatanya, pusat oleh-olehnya juga nggak kalah menarik. Kamu punya tempat belanja oleh-oleh favorit? Coba spill di kolom komentar!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare