...
oleh oleh khas medan
5-min read

5 Oleh-Oleh Khas Medan yang Wajib Dicoba Wisatawan

oleh oleh khas medan

Berkunjung ke Kota Medan, Sumatera Utara rasanya belum lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khasnya untuk kerabat. Beragam kuliner lezat, mulai dari camilan hingga minuman tersedia di kota yang terkenal dengan wisata Danau Toba ini. 

Buat kamu yang akan berkunjung ke Medan, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh saat pulang nanti. Kira-kira ada apa saja? Berikut oleh-oleh khas Medan yang wajib dicoba saat kamu berkunjung ke sana. Yuk, disimak artikelnya!

Info wajib baca: 10 Oleh-Oleh Khas Bogor, Bisa Tahan Lama!

Oleh Oleh Khas Medan yang Bikin Happy

Berikut lima oleh-oleh khas Medan, berupa makanan dan minuman, yang bisa kamu coba dan jadikan referensi saat berkunjung ke Medan.

1. Bolu Meranti

Source: Bolumeranti.id

Salah satu oleh-oleh populer di Medan, Sumatera Utara, yakni Bolu Meranti. Bolu Meranti merupakan bolu gulung yang terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa manisnya. Dalam setiap gigitannya, kamu akan merasakan rasa legit dari campuran telur, mentega, dan gula.

Kelezatan Bolu Meranti terletak pada keharmonisan antara cita rasa tradisional dan modern. Penggunaan butter dan margarin berkualitas tinggi, menjadikan bolu ini terasa lebih lembut dan creamy. 

Bolu Meranti terdiri atas beragam varian jenis dan rasa, seperti keju, cokelat, stroberi, nanas, kacang, dan lain-lain. Bolu gulung Meranti dapat bertahan tiga hari di luar lemari pendingin, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. 

Buat kamu yang mau coba, kamu bisa membeli Bolu Meranti dengan datang langsung ke tokonya yang beralamat di  Jalan Kruing simpang Razak No.7C, Medan. 

2. Bika Ambon

Source: Orami

Bika Ambon merupakan salah satu kue tradisional Indonesia khas Medan, Sumatera Utara. Kue ini memiliki ciri khas berwarna kuning, dengan tekstur kue yang licin dan berongga. Walau berasal dari Medan, konon kue ini diberi nama Bika Ambon karena pertama kali di jual di sekitar Jalan Ambon.

Bika Ambon menawarkan sensasi gurih manis yang memanjakan lidah. Rasanya lembut dengan sentuhan aroma pandan yang khas. Setiap suapan dari Bika Ambon akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pencinta makanan manis.

Bika Ambon memiliki daya tahan yang cukup lama sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat. Kamu dapat menjumpai beragam toko atau penjual Bika Ambon di sekitar Kota Medan dengan mudah. 

Salah satu merek Bika Ambon terkenal yang bisa kamu coba adalah Bika Ambon Zulaikha. Bika Ambon Zulaikha beralamat Jalan Mojopahit No 70 A-C, Petisah Tengah.

3. Pancake Durian

Source: Orami

Pancake Durian adalah salah satu oleh-oleh khas Medan yang sangat terkenal dan wajib dicoba bagi pencinta durian. Rasa unik dari pancake ini menghadirkan kombinasi sempurna antara lembutnya adonan dengan aroma kuat dan manisnya daging buah durian yang segar.

Untuk mencicipi Pancake Durian yang enak, kamu bisa mendatangi beberapa toko oleh-oleh di Medan yang menyediakan hidangan ini. Salah satu tempat yang cukup populer adalah Pancake Durian Ucok  beralamat di Jalan Wahid Hasyim No.3A Medan.

Jika kamu termasuk pencinta makanan manis seperti pancake, mencoba Pancake Durian saat berkunjung ke Medan merupakan pengalaman kuliner yang tak boleh dilewatkan. Rasa autentik khas dari Medan memberikan sensasi kenikmatan tersendiri bagi para penikmatnya.

Info wajib baca: Dari Camilan hingga Pernak-Pernik, Ini 7 Oleh-oleh Khas Balikpapan yang Bisa Kamu Bawa Pulang

4. Kacang Sihobuk

oleh oleh khas medan
Source: Okezone

Kacang Sihobuk merupakan camilan tradisional khas Medan yang berasal dari kacang tanah yang direbus dan kemudian digoreng dengan minyak kelapa.

Makanan ini memiliki rasa gurih dan renyah, yang membuat setiap gigitan terasa nikmat. Kacang Sihobuk juga memiliki aroma harum yang begitu menggugah selera. Umumnya kacang ini dijual dalam kemasan kecil sehingga mudah untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh atau camilan di perjalanan.

Tidak hanya enak untuk dinikmati sendiri, Kacang Sihobuk juga bisa menjadi pilihan hadiah untuk teman atau keluarga. Rasanya yang unik dan cita rasanya yang autentik akan memberikan pengalaman baru bagi mereka yang mencobanya.

5. Sirup Markisa

Source: Orami

Meskipun Medan bukan daerah penghasil buah markisa, namun Sirup Markisa menjadi salah satu oleh-oleh minuman khas Medan yang populer. Bahan baku berupa buah Markisa, banyak didatangkan langsung dari Brastagi. 

Sirup ini terkenal lewat rasa segar dan manisnya yang unik. Sirup ini kerap menjadi pilihan favorit para wisatawan yang mencari oleh-oleh khas dari Medan. 

Buah markisa memiliki kulit yang khas berwarna ungu dengan daging yang mengandung biji-biji kecil dan kaya akan rasa. Kombinasi antara rasa manis dan asam membuat buah markisa menjadi bahan yang sempurna untuk dijadikan sebagai sirop yang menyegarkan. 

Umumnya Sirup Markisa dijual dalam bentuk botol kaca  ataupun plastik dengan berbagai ukuran. Sirop ini lebih nikmat dihidangkan bersama es batu, terutama saat cuaca panas.


Itu dia 5 oleh-oleh khas Medan yang wajib dicoba. Jika suatu hari kamu berkunjung ke Medan, jangan lupa membeli beberapa oleh-oleh khasnya ya! Selamat mencoba. 

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare