...
outfit kondangan simple
5-min read

10 Inspirasi Outfit Kondangan Simple, Cantik Tanpa Ribet!

outfit kondangan simple

Bingung memilih outfit kondangan simple? Cek inspirasinya di sini!

Tradisi datang ke pesta pernikahan atau kondangan sudah sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Datang ke acara pernikahan sendiri jadi sebuah salah satu bentuk penghargaan bagi mempelai dan keluarganya yang mengundang para tamu.

Sebagai tamu yang diundang, nih, tentu kita pun harus berpenampilan rapi sesuai acaranya. Jangan cuma sibuk cari gandengan, dandan cakep dengan outfit keren juga wajib, dong. Apalagi kalau nanti di kondangan ada banyak sesi foto-foto.

Beberapa outfit kondangan di bawah ini dapat kamu jadikan inspirasi untuk pergi ke acara nikahan tanpa harus ribet berbusana. Nggak harus mengenakan pakaian baru atau mewah, kadang dengan pakaian yang simpel pun kamu bisa tetap terlihat cantik, elegan, serta modern.

Kamu yang sedang cari inspirasi outfit kondangan yang simple tapi tetap cantik, wajib baca beberapa inspirasinya di artikel ini!

Apa Itu Kondangan?

Kondangan yang kita kenal adalah sebuah kegiatan untuk mendatangi acara pernikahan teman, saudara, tetangga, maupun kolega untuk memberikan selamat kepada kedua mempelai, sekaligus ikut meramaikan acara pernikahan tersebut.

Secara singkat kalau menurut KBBI, sih, kondangan adalah pergi menghadiri undangan perkawinan dan sebagainya (untuk mengucapkan selamat dan sebagainya).

Berhubung acaranya resmi, maka tamu undangan pun diharapkan datang dengan memakai pakaian yang rapi dan sopan. Bahkan adanya dress code membuat kamu harus menaati ‘permintaan’ si pengundang sesuai etika tamu kondangan.

Outfit Kondangan Simple yang Nggak Pernah Salah

Ada beberapa outfit kondangan yang selalu masuk kategori aman. Buat kamu yang suka malas dandan, berikut bocorannya.

1. Dress batik

outfit kondangan simple
Source: Herworld Indonesia

Batik jadi salah satu baju pilihan outfit formal di berbagai acara, nggak terkecuali kondangan. Batik sendiri di zaman sekarang sudah banyak model dan variasinya, salah satunya adalah dress batik. Inspirasi baju ini dapat jadi salah satu outfit kondangan yang kamu pakai.

Kamu bisa memilih beragam model dress dengan aneka corak, motif, atau warna kain yang sesuai selera untuk dipakai ke kondangan. Tetap cantik dan elegan dengan nuansa Indonesia! Beli dress batik di mana? Dress batik yang tergolong simpel sudah banyak dijual di toko offline maupun online, ya.

2. Tunik dan kulot

outfit kondangan simple
Source: Fimela

Kamu suka pakai tunik? Kalau gitu inspirasi outfit kondangan yang satu ini cocok buat kamu! Tunik sendiri bisa dipadupadankan dan dipakai dalam acara apa pun. Tunik bisa dipadukan dengan kulot (celana berpotongan lebar) yang cocok kamu pakai sebagai outfit kondangan simpel tapi tetap gaya dan cantik.

Outfit Kondangan Simple dengan Kombinasi Warna dan Bahan

Ingin bermain padu padan untuk kondangan? Padu padankan saja koleksi kardigan, outer, blus, rok, atau celana yang kamu miliki sebagai outfit kondangan. Coba, yuk!

3. Kardigan batik

outfit kondangan simple
Source: Shopee

Batik nggak hanya berupa baju kemeja atau dress, ada juga kardigan batik yang nggak kalah cantik dan keren untuk kamu jadikan salah satu outfit kondangan simple! Tinggal padu padankan kardigan batik dengan baju putih dan rok hitam seperti pada gambar di atas. Terlihat cantik dan klasik walaupun potongannya simpel.

4. Outfit kondangan simple: Blus putih dan rok batik

outfit kondangan simple
Source: Blog Evermos

Memang segala hal ‘berbau’ batik nggak bisa lepas dari kata kondangan. Satu lagi ide outfit yang simpel tapi tetap keren buat dipakai ke acara nikahan, nih, blouse putih yang dipadukan dengan rok batik. Tampilan satu ini cocok untuk kamu yang ingin terlihat feminin tanpa kelihatan usaha banget, hehehe.

5. Dress hitam dan outer lace

Dress Hitam dan Outer Lace
Source: Shopee

Dress berwarna hitam memang cocok dikombinasikan dengan pakaian atau aksesori aneka warna. Inspirasi outfit kondangan simpel yang satu ini dapat jadi pilihan yang sat set, alias minimalis karena kamu tinggal memakai dress hitam dengan padanan outer (baju luaran atau lapisan terluar) berbahan lace.

Info wajib baca: Cara Menghilangkan Daki di Leher Biar Kamu Makin Pede, Yuk Coba!

Outfit Kondangan Simple Warna Tanah

Warna cokelat identik dengan warna tanah (earth tone) yang terlihat sangat membumi bagi pemakainya. Salah satu warna favorit yang bisa kamu pakai ke kondangan, nih.

6. Blus cokelat dengan rok tutu

Blouse Cokelat dengan Rok Tutu
Source: www.sewaktu.com

Ide berbusana yang satu ini bisa jadi pilihan buat kamu untuk busana kondangan. Blouse cokelat yang cantik dipadukan dengan rok tutu putih semata kaki, simpel tapi tetap elegan dan cewek banget. Kenakan sepatu wedges (sepatu atau sandal yang solnya tebal) untuk melengkapi tampilan outfit kecemu.

7. Outfit kondangan simple: Cokelat di atas tampilan putih

Serba Putih Dengan Outer Cokelat
Source: Pinterest

Masih memadukan antara warna cokelat dan putih, kali ini kamu akan mendapatkan tampilan kondangan yang kasual dan keren. Baju kaus putih dan celana kulot putih dipadukan dengan outer warna cokelat sebagai poin utama penampilanmu. Cocok buat para cewek bumi yang ingin tampil simpel. Dan… buat kamu yang berhijab tinggal memakai kerudung berwarna putih atau hitam untuk kesan netral.

8. Outfit serbacokelat dengan rok plisket

Serba Cokelat Dengan Pelated Skirt
Source: Pinterest

Satu lagi inspirasi outfit kondangan buat kamu para cewek bumi. Setelan baju kondangan serbacokelat mulai dari kerudung hingga rok plisket (pleated skirt) sebagai bawahannya akan membuat tampilan kamu simpel tapi tetap terkesan elegan. Kamu pun bisa memakai sepatu pantofel atau hak tinggi yang senada.

Info wajib baca: 8 Tips Mengecilkan Perut Buncit dengan Cara Alami | Auto Langsing!

Outfit Kondangan Simple Satu Warna

Model baju kondangan satu ini cocok buat kamu yang lebih memilih tampilan satu warna atau monokrom. Terlihat klasik dan anggun!

9. Dress asimetris

Dress Asimetris
Source: Tokopedia

Kamu juga bisa pakai dress berdesain asimetris yang unik, seperti terlihat pada gambar di atas. Dress asimetris dengan potongan pola yang unik dengan warna simpel akan membuat kamu terlihat segar sekaligus trendi.

10. Outfit kondangan simple: Dress hitam polos

Dress Hitam Polos
Source: Lemon8

Dress hitam tidak akan pernah salah! Warna hitam yang cenderung gelap pun tidak selalu harus dipadupadankan dengan warna lain agar terlihat lebih menonjol. Meski warna hitam identik dengan acara melayat, tapi bisa dipakai dan terlihat mewah untuk kondangan.

Dress hitam dapat dijadikan outfit kondangan yang simpel dan elegan. Dress hitam ini bisa dipadukan dengan sepatu sandal atau selop berwarna putih dan kerudung cokelat bagi kamu yang berhijab agar tidak ‘merusak’ keglamoran si hitam.

Do’s and Don’ts Memilih Outfit Kondangan

Supaya penampilan menjadi lebih maksimal, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan, nih.

1. Jangan terlalu kasual

Karena kondangan adalah acara yang cukup resmi, sebaiknya hindari berpenamiplan terlalu kasual, nih. Selain bisa saltum, kamu juga bisa dianggap kurang menghargai yang punya hajat. Jadi, gunakanlah outfit formal atau semi-formal yang rapi dan tampillah sebaik mungkin.

    2. Pilih pakaian senyaman mungkin

    Yang paling penting, kenakan pakaian senyaman mungkin. Jangan gunakan pakaian yang terlalu terbuka jika kamu nggak nyaman. Jangan pula kenakan pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar. Pastikan pakaian sesuai dengan ukuranmu sehingga kamu nyaman mengikuti acara tanpa harus khawatir tentang pakaian.

    3. Sesuaikan pakaian dengan lokasi dan waktu kondangan

    Kamu juga bisa, nih, menyesuaikan outfit dengan lokasi dan waktu kondangan. Misalnya, jika lokasi kondangan di luar ruangan dan siang hari, kamu mungkin ingin menghindari mengenakan pakaian yang terlalu tebal supaya nggak kepanasan.

    Nah, kalau acaranya di dalam ruangan dan malam hari, kamu bisa memilih pakaian yang lebih glamor.

    4. Gunakan clutch dan heels yang menunjang penampilan

    Nggak mau memakai pakaian yang terlalu heboh? Tenang, kamu bisa menunjang penampilan dengan clutch atau hand bag serta heels kamu. Dengan begitu, kamu bisa tampil simple tapi tetap stand out.

    Di-update oleh: Aziza


    Baju-baju yang kelihatan sederhana dan simpel sedang jadi tren saat ini, terutama di kalangan anak-anak muda. Terbukti kalau kamu nggak perlu pakai baju yang ribet dan mewah untuk tetap tampil cakep, karena baju-baju berdesain sederhana juga nggak kalah keren!

    Setelah lihat daftar inspirasi baju-baju kondangan di atas, kira-kira kamu tertarik buat coba mix and match model baju kondangan yang mana, nih? Tulis di kolom komentar, ya!

    Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

    Cek Info Kost di Kotamu:

    Info Kost Jakarta Pusat Murah

    Info Kost Sukabumi Murah

    Kost Jakarta Utara Murah

    Info Kost Lembang Murah

    Kost Jakarta Barat Murah

    Join The Discussion

    Cari

    Compare listings

    Compare