...
cara menghilangkan daki di leher
5-min read

Cara Menghilangkan Daki di Leher Biar Kamu Makin Pede, Yuk Coba!

cara menghilangkan daki di leher

Nggak bingung lagi cara menghilangkan daki di leher kalau kamu baca artikel ini.

Penampilan adalah sesuatu yang penting bagi kebanyakan orang. Maklum, kita sendiri pasti lebih cepat menilai apa yang terlihat pada saat berkenalan dengan orang baru, kan? Oleh karena itu, penting menjaga penampilan selalu enak dilihat.

Penampilan baik akan memberikan kesan pertama yang juga baik kepada diri kita sendiri. Penampilan yang bersih dan rapi utamanya membuat kita terlihat berkali-kali lipat lebih menarik di mata orang lain. Setuju nggak?

Nah, menjaga penampilan, tuh, termasuk menjaga kebersihan tubuh tentunya. Kurang banget kalau cuma enak dilihat, tapi ternyata kulit kamu masih berdaki. Terutama pada bagian lipatan kulit yang sering terlihat, mulai dari tangan, leher, hingga mata kaki. Oh no!

Apa Itu Daki?

Menurut KBBI, daki adalah kotoran sisa debu bercampur keringat yang melekat pada tubuh (terutama pada kaki, lengan, leher). Nah, daki ini menjadi salah satu faktor yang dapat mengganggu penampilan seseorang akibat jarang dibersihkan secara optimal.

Pada daki juga terdapat kuman yang dapat memengaruhi kesehatan kita, lho! Daki yang terus menumpuk juga dapat berwarna gelap dan berkerak. Hayo ngaku, siapa, nih, yang jarang mandi sampai daki menumpuk?

Mandi sehari dua kali belum cukup sebagai pilihan cara menghilangkan daki di badan, terutama yang sudah menghitam. Bukan hanya karena kurang menggosok tubuh saat mandi, daki pada leher juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain, seperti berat badan yang tidak terkontrol, bahkan eksim atau jamur pun dapat menjadi penyebab dari adanya daki di leher.

Makanya biar penampilanmu makin pede, yuk, cari tahu cara menghilangkan daki di leher yang sekaligus bisa kamu terapkan juga untuk membersihkan daki dari lengan hingga kaki.

Cara Menghilangkan Daki di Leher Agar Kulit Bersih dan Mulus

cara menghilangkan daki di leher
Source: Freepik/@master1305

Saat ini ada banyak sekali cara untuk mengikis daki yang ada di tubuh kita, baik secara alami maupun menggunakan produk yang dapat membantu membersihkan daki yang menempel di kulit. Dengan membersihkan daki, kulit kita juga akan jadi lebih bersih dan halus.

Untuk kamu yang ingin menghilangkan daki dan menginginkan penampilan lebih bersih, nih, dapat menyimak beberapa cara menghilangkan daki di leher berikut ini.

Info wajib baca: Dijamin Ampuh, Cek 6 Cara Mudah Menghilangkan Komedo Hitam Ini | Muka Glowing Maksimal!

1. Menggunakan toner eksfoliasi

Sekarang sudah banyak toko yang menjual toner eksfoliasi untuk mengelupas lapisan luar kulit agar mendapatkan tampilan kulit cerah dan mulus. Toner ini dapat kamu beli dan gunakan sesuai kebutuhan.

Caranya: tuang cairan toner eksfoliasi ke kapas, lalu gosokkan kapas yang sudah diberi toner tadi ke bagian leher yang berdaki. Cara menghilangkan daki di leher ini cukup ampuh karena daki tersebut akan langsung terangkat dan menempel di kapas.

Untuk hasil maksimal, tentunya hal ini harus dilakukan secara rutin, ya!

2. Membersihkan leher ketika mandi

Nggak bisa dibantah kalau mandi memang jadi kegiatan yang penting untuk menjaga kebersihan tubuh kita, dari ujung rambut hingga ujung kaki. Cara menghilangkan daki di badan ini mungkin sudah setiap hari dilakukan oleh hampir semua orang, karena mandi menggunakan sabun dapat mengikis daki yang bersarang di kulit kita, termasuk daki di leher.

Oleh karena itu, jangan skip membersihkan leher saat mandi ya, gaes!

3. Cara membersihkan daki di leher menggunakan lulur mandi

Source: depok.urbanjabar.com

Cara menghilangkan daki di leher yang satu ini masih berhubungan dengan ritual mandi. Lulur mandi dipercaya dapat mengikis sel kulit mati dengan menggunakan bahan alami (minim kimia) yang dijual secara bebas dan sangat mudah ditemukan.

Lulur mandi memiliki varian aroma yang beragam sehingga akan membuat momen mandimu terasa lebih menyenangkan plus membuat kulit menjadi lebih harum.

Kamu pun dapat memilih lulur sesuai dengan keperluan kamu, entah untuk mencerahkan atau menghaluskan kulit. Kamu dapat menggunakan lulur saat mandi dan mengosokkannya ke bagian leher agar daki ikut rontok.

4. Memakai cuka apel

Serius cuka apel? Iya, dong! Kamu dapat menggunakan cuka apel sebagai alternatif untuk mengatasi daki yang menempel di leher. Cukup dengan mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan air sebanyak empat sendok makan, lalu dioleskan ke bagian leher yang berdaki. Diamkan dulu sekitar 10 menit, lalu bilas menggunakan air hangat, gampang, kan?

5. Cara menghilangkan daki di leher menggunakan baking soda

Siapa sangka kalau baking soda atau soda kue juga dapat menjadi salah satu alternatif menghilangkan daki? Baking soda ternyata memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati. Tinggal campurkan baking soda dengan air sesuai kebutuhan, hingga bertekstur kental seperti masker.

Nah, kalau sudah jadi masker, baking soda ini dapat kamu bubuhkan ke bagian leher untuk menghilangkan daki. Diamkan saja hingga mengering dan bersihkan menggunakan air bersih.

Ingat, jangan digosok, ya, cukup dijadikan masker dan didiamkan saja!

Cara Mencegah Daki dengan Mengontrol Berat Badan

cara menghilangkan daki di leher
Source: Unsplash/adrian825

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ya, berat badan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan penggelapan pada area leher. Ternyata berat badan, terutama yang berlebih, dapat memengaruhi warna kulit kita, lho.

Biasanya leher yang kehitaman seperti daki muncul pada penderita obesitas dan mereka yang memiliki penyakit gejala diabetes. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga berat badan agar tetap terkontrol, sekaligus menghindari leher berubah warna menjadi kehitaman.

Info wajib baca: 10 Budaya Hidup Sehat Buat Anak Kost | Sehat Fisik dan Mental!

Lalu, bagaimana cara mengontrol berat badan atau menjaga berat badan ideal? Kamu bisa mulai dari mengomsumsi makanan sehat, menerapkan pola makan teratur, berolahraga dan banyak bergerak, cukup istirahat, dan hilangkan stres. Tahu sendiri, kan, stres bikin nafsu makan nggak terkontrol. Kamu bisa!


Itu tadi beberapa cara menghilangkan daki di leher yang dapat kamu terapkan untuk membantu membersihkan daki atau lehermu yang menggelap. Selamat mencoba dan semoga membantu. Apa kamu punya trik lain untum menghilangkan daki di badan? Coba tinggalkan komentarmu di bawah, ya.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Sukabumi Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Lembang Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare