...
pantangan hamil 7 minggu
5-min read

12 Pantangan Hamil 7 Minggu, Makanan hingga Aktivitas

pantangan hamil 7 minggu

Simak pantangan hamil 7 minggu biar calon bayi tetap sehat selama masa kehamilan!

Masa kehamilan yang masih muda, setiap tindakan dan keputusan menjadi sangat penting. Pantangan hamil 7 minggu harus diketahui agar perjalanan kehamilan tetap berjalan lancar dan sehat.

Kali ini, kita bakal bahas terkait hal yang nggak boleh dilakukan, serta makanan yang patut dihindari pada trimester pertama ini untuk menjaga kesehatan janin kamu. Yuk, simak bersama-sama!

Pantangan Hamil 7 Minggu Ini Nggak Boleh Dilakukan

pantangan hamil 7 minggu
Source: Verv

Dalam masa kehamilan, tentunya sang ibu harus menjaga kesehatan dirinya serta janin yang sedang dikandung. Oleh karena itu ada beberapa pantangan bagi para bumil yang bahkan baru menginjak usia 7 minggu. Pertama kita bakal bahas apa yang nggak boleh dilakukan terlebih dahulu, ya.

1. Pantangan hamil 7 minggu, nggak boleh terpapar zat kimia berbahaya

Terpapar zat kimia berbahaya, seperti pestisida, bahan kimia rumah tangga, atau asap rokok dapat membahayakan kesehatan janin. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil menghindari terpapar zat kimia berbahaya.

2. Melakukan aktivitas fisik yang berlebihan

Aktivitas fisik yang berlebihan dapat meningkatkan risiko keguguran atau komplikasi kehamilan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil melakukan aktivitas fisik yang seimbang dan sesuai dengan kondisinya, misalnya ikut kelas yoga khusus kehamilan.

3. Mengalami stres dan tekanan emosional yang berlebihan

Stres dan tekanan emosional yang berlebihan dapat memengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang berkembang. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil mengelola stres dan mencari dukungan dari keluarga dan profesional kesehatan jika diperlukan.

4. Mengonsumsi suplemen tanpa resep dokter

Meskipun mengonsumsi suplemen dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin, namun sebaiknya ibu hamil nggak mengonsumsi suplemen tanpa resep dokter, karena beberapa suplemen tertentu dapat berbahaya bagi janin jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak tepat.

5. Pantangan hamil 7 minggu, jangan merokok

pantangan hamil 7 minggu
Source: EndocrineWeb

Merokok adalah pantangan selama kehamilan. Kegiatan merokok selama kehamilan dapat mengganggu perkembangan bayi dan meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan kecacatan. Kalau kamu merokok, sebaiknya segera hentikan selama kehamilan berlangsung.

6. Mengonsumsi makanan yang berpotensi membahayakan

Beberapa jenis makanan, seperti makanan yang tidak diolah dengan baik, makanan laut mentah atau setengah matang, serta makanan yang tinggi kandungan merkuri atau toksin lainnya dapat membahayakan kesehatan janin. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil menghindari jenis makanan tersebut.

Info wajib baca: 5 Cara Mengetahui Orang Hamil dari Leher, Apa Saja?

Pantangan Hamil 7 Minggu yang Nggak Boleh Dimakan

pantangan hamil 7 minggu
Source: SciTechDaily

Tadi sudah dibahas sedikit terkait makanan apa yang jadi pantangan hamil 7 minggu. Nah, sekarang kita bahas lebih banyak terkait makanan-makanan yang jadi pantagan buat ibu yang usia kehamilannya masih 7 minggu berikut ini, yuk!

7. Alkohol

Minuman beralkohol adalah pantangan selama kehamilan. Alkohol dapat mengganggu perkembangan otak dan sistem saraf bayi, serta meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah. Jadi, hindari mengonsumsi alkohol selama kehamilan.

8. Pantangan hamil 7 minggu, hindari konsumsi kafein

Kafein dalam jumlah moderat sebenarnya tidak membahayakan selama kehamilan, tetapi konsumsi kafein yang berlebihan harus dihindari.

Minuman yang menganfung kafein dapat melewati plasenta dan mempengaruhi denyut jantung dan tekanan darah bayi. Untuk menghindari risiko, batasi konsumsi kafein selama kehamilan.

8. Makanan mentah atau nggak matang

Makanan mentah atau tidak matang seperti daging mentah, ikan mentah, telur mentah, dan keju mentah dapat terkontaminasi oleh bakteri seperti Listeria dan Salmonella.

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan kerusakan pada janin, keguguran, atau kelahiran prematur. Oleh karena itu, pastikan semua makanan yang dikonsumsi matang sempurna.

9. Makanan laut tertentu

Beberapa jenis ikan dan makanan laut seperti ikan pedang, hiu, dan makarel besar mengandung merkuri yang tinggi, yang dapat membahayakan perkembangan janin. Hindari konsumsi makanan laut tertentu selama kehamilan.

10. Pantangan hamil 7 minggu, perhatikan konsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan tertentu seperti kacang tanah, kacang kedelai, dan kacang almond dapat menyebabkan alergi pada bayi. Kalau seorang ibu hamil memiliki riwayat alergi, sebaiknya hindari mengonsumsi kacang-kacangan tersebut selama kehamilan.

11. Buah dan sayuran mentah

Meskipun buah dan sayuran sangat baik untuk kesehatan, beberapa jenis buah dan sayuran mentah dapat mengandung bakteri seperti Salmonella dan E. coli yang dapat membahayakan kesehatan janin. Pastikan untuk mencuci buah dan sayuran dengan baik sebelum dikonsumsi.

12. Pantangan hamil 7 minggu, hindari obat-obatan tertentu

Beberapa obat tertentu dapat membahayakan kesehatan janin, terutama selama trimester pertama kehamilan. Pastikan ibu hamil selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat selama kehamilan.

Info wajib baca: Pahami Ciri-Ciri Kehamilan Sehat di Usia 5 Bulan di Sini, Yuk!

Sebagai ibu hamil, tentunya kesehatan diri dan janin harus diperhatikan, karena hal tersebut bisa berpengaruh pada kondisi janin yang dikandung. Kalau kamu sebagai ibu ingin agar bayi lahir dan tumbuh dengan sehat, jangan sampai melakukan pantangan-pantangan di atas, ya!


Itu tadi pantangan hamil tujuh minggu yang sebaiknya dihindari oleh para calon ibu. Ada baiknya mengurangi makanan atau kegiatan yang dapat merusak janin, serta senantiasa menjaga kesehatan dan jangan sampai stres!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare