...
cara mengetahui orang hamil dari leher
5-min read

5 Cara Mengetahui Orang Hamil dari Leher, Apa Saja?

cara mengetahui orang hamil dari leher

Emang ada cara mengetahui orang hamil dari leher? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Udah bukan rahasia umum lagi kalau perut adalah bagian tubuh yang paling mudah dikenali dari seseorang yang sedang hamil. Tapi, tahukah kamu kalau ada cara mengetahui orang hamil dari leher?

Siapa sangka kalau ternyata, leher juga dapat memberikan petunjuk tentang kehamilan? Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan detail tanda-tanda dan cara mengetahui orang hamil dari leher. Siapkan diri kamu untuk pengetahuan baru yang menarik!

Tanda-Tanda Umum Kalau Seseorang Hamil

Tanda Umum
Source: Jovee

Sebelum masuk ke pembahasan utama, kita simak dulu beberapa tanda umum yang seringkali muncul pada wanita hamil berikut!

Tanda-tanda kehamilan juga bisa bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya, tapi ada beberapa tanda umum yang sering dialami oleh wanita yang sedang hamil. Berikut ini beberapa tanda-tanda kehamilan yang umum:

  1. Terlambat menstruasi: Ini adalah tanda kehamilan yang paling umum. Jika seorang wanita biasanya memiliki siklus menstruasi yang teratur, dan mengalami keterlambatan, maka ini bisa menjadi tanda pertama kehamilan.
  2. Nausea atau mual: Beberapa wanita mengalami mual dan muntah pada awal kehamilan, terutama pada pagi hari.
  3. Payudara yang bengkak dan sensitif: Perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan, payudara bisa menjadi lebih besar dan terasa lebih sensitif.
  4. Perubahan suasana hati: Kehamilan dapat menyebabkan perubahan suasana hati, seperti mudah marah atau menangis.
  5. Kelelahan: Merasa lelah yang berlebihan bisa menjadi tanda kehamilan, terutama pada trimester pertama.
  6. Sering buang air kecil: Selama kehamilan, organ panggul wanita mengalami tekanan dan ini dapat menyebabkan sering buang air kecil.
  7. Perubahan selera makan: Beberapa wanita mungkin mengalami perubahan selera makan, seperti keinginan makanan tertentu atau ketidaksukaan terhadap makanan tertentu.
  8. Perut yang membuncit: Pada trimester kedua kehamilan, perut mulai membuncit karena pertumbuhan janin di dalam rahim.
  9. Kenaikan berat badan: Kehamilan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan.
  10. Gerakan janin: Pada trimester kedua dan ketiga, wanita dapat merasakan gerakan janin di dalam perut.

Tapi, penting untuk diingat kalau tanda-tanda kehamilan yang dialami oleh setiap wanita dapat bervariasi. Jika seseorang curiga sedang hamil, penting untuk melakukan tes kehamilan dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan prenatal yang tepat dan memastikan kesehatan ibu dan bayi.

Jangan lupa juga, terutama buat kamu atau orang terdekat yang sudah hamil kurang lebih lima bulan untuk mengetahui ciri-ciri hamil 5 bulan yang sehat.

Info wajib baca: Apa itu Rasa Mual? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara Mengetahui Orang Hamil dari Leher

Sebenarnya, belum ada cara yang dapat mengetahui secara pasti apakah seseorang sedang hamil hanya dari leher. Tapi, ada beberapa tanda-tanda yang dapat diperhatikan pada leher yang mungkin menunjukkan kehamilan.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang mungkin terlihat pada leher selama kehamilan, cek di bawah, yuk.

1. Peningkatan ukuran leher

cara mengetahui orang hamil dari leher
Source: IBSA DERMA

Selama kehamilan, beberapa wanita mungkin mengalami peningkatan ukuran leher karena perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Leher yang terlihat lebih besar atau terasa lebih tebal dari sebelumnya dapat menjadi tanda-tanda kehamilan seseorang.

2. Cara mengetahui orang hamil dari perubahan warna kulit leher

cara mengetahui orang hamil dari leher
Source: NOVA – Grid.ID

Perubahan warna kulit leher dapat terjadi selama kehamilan. Beberapa wanita mungkin mengalami peningkatan pigmen atau hiperpigmentasi pada kulit mereka selama kehamilan, terutama di bagian leher.

Keadaan penggelapan warna kulit di leher ini dapat terlihat sebagai bintik-bintik gelap atau lingkaran di sekitar leher, dan biasanya dikenal sebagai “mask of pregnancy” atau “melasma”.

3. Cara mengetahui orang hamil dari pembuluh darah yang lebih terlihat di leher

cara mengetahui orang hamil dari leher
Source: Glamour UK

Pembuluh darah yang lebih terlihat pada leher juga dapat menjadi tanda-tanda kehamilan. Selama kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin dan membantu menyeimbangkan perubahan hormon.

Akibatnya, hal ini bisa membuat pembuluh darah lebih terlihat pada kulit seorang ibu yang sedang hamil, termasuk di bagian leher.

4. Leher yang lebih kaku atau nyeri

cara mengetahui orang hamil dari leher
Source: theAsianparent

Beberapa wanita mungkin merasakan leher yang lebih kaku atau nyeri selama kehamilan. Hal ini bisa disebabkan oleh perubahan posisi tidur yang dilakukan untuk menghindari tekanan pada perut yang sedang membesar.

Atau bisa juga karena peningkatan berat badan yang dapat menyebabkan stres pada tulang belakang dan leher sang ibu. Tapi kalau ternyata ini bukan tanda-tanda hamil, kamu harus tau penyebab sakit leher kiri kanan belakang ini, serta cara mengatasinya.

5. Peningkatan kelenjar getah bening di leher

kelenjar getah bening
Source: Kompas Health

Kelenjar getah bening yang membengkak di leher juga dapat terjadi selama kehamilan. Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh sedikit melemah untuk membantu mencegah penolakan janin oleh tubuh ibu. Hal ini dapat menyebabkan kelenjar getah bening membengkak dan terlihat pada leher.

Namun, penting untuk diingat kalau tanda-tanda ini tidak dapat dijadikan patokan pasti bahwa seseorang sedang hamil. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi ukuran dan penampilan leher, seperti usia, berat badan, dan kesehatan umum.

Info wajib baca: Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa? Simak Hukumnya Berikut Ini!


Itu tadi informasi terkait beberapa tanda umum, serta tanda kalau seseorang sedang hamil yang dapat dilihat dari lehernya. Siapa yang baru tau kalau kita bisa tau seseorang hamil dari lehernya aja? Menarik, ya!

Kalau masih belum yakin, ada beberapa tes yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kehamilan. Yang paling mudah adalah dengan menggunakan testpack, atau kalau masih belum yakin juga, kamu bisa langsung ke dokter spesialis ibu dan anak.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare