...
pantangan sabtu wage
5-min read

5 Pantangan Sabtu Wage yang Penting Kamu Ketahui

pantangan sabtu wage

Penasaran dengan apa aja pantangan Sabtu Wage yang nggak boleh dilakukan? Simak selengkapnya di sini!

Siapa sangka kalau di setiap weton ada pantangan yang harus dihindari seperti pantangan weton Rabu Legi dan pantangan weton Senin Legi. Ada juga pantangan Sabtu Wage yang harus kamu perhatikan berikut ini!

Tapi, sebelum masuk ke pembahasan terkait apa-apa aja yang jadi pantangan Sabtu Wage, kira-kira kamu udah tau belum pantangan itu apa, sih sebenernya?

Pantangan Itu Apa?

Pantangan adalah larangan atau pembatasan dalam melakukan suatu aktivitas atau mengonsumsi suatu jenis makanan atau minuman. Hal terkait larangan ini biasanya dipengaruhi oleh agama, budaya, kesehatan, atau tradisi. Ada pantangan berdasarkan masing-masing aspek diantaranya:

1. Pantangan dalam agama

Pantangan dalam agama
Source: Pexels

Pantangan dalam agama seringkali berkaitan dengan perintah atau larangan dari Tuhan. Sebagai contoh, dalam agama Islam terdapat pantangan makanan halal dan haram. Pantangan dalam agama juga bisa berupa pantangan dalam melakukan aktivitas tertentu.

2. Pantangan dalam budaya

Pantangan dalam budaya dapat berkaitan dengan adat atau tradisi. Sebagai contoh, pada suku Jawa terdapat pantangan pada waktu-waktu tertentu, seperti pantangan pada malam Selasa Kliwon, atau pada waktu tertentu dalam bulan tertentu. Pantangan juga dapat berupa pantangan dalam memilih pakaian atau gaya rambut.

3. Pantangan dalam kesehatan

Pantangan dalam kesehatan
Source: iStock

Pantangan dalam kesehatan dapat berkaitan dengan kondisi medis tertentu atau situasi tertentu. Sebagai contoh, seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung mungkin dilarang untuk mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang dapat memperburuk kondisi kesehatannya.

4. Pantangan sosial

Pantangan juga dapat berkaitan dengan pengaruh lingkungan atau sosial. Sebagai contoh, pantangan pada sekelompok masyarakat tertentu dalam suatu wilayah tertentu dalam melakukan aktivitas tertentu seperti pantangan pada saat hari-hari tertentu atau pada saat adanya perayaan keagamaan tertentu.

Pantangan dapat memiliki arti yang sangat penting dalam budaya dan kehidupan seseorang. Penting bagi seseorang untuk memahami dan menghargai pantangan yang ada dalam budaya dan agama yang dianutnya, serta dalam kesehatan dan situasi tertentu yang dihadapinya.

Mengabaikan pantangan yang ada bisa merugikan diri sendiri atau orang lain, dan juga bisa dianggap sebagai tindakan yang tidak sopan atau tidak menghargai budaya dan tradisi yang ada.

Info wajib baca: 6 Pantangan Puasa Weton, Nggak Boleh Dilakukan!

Pantangan Sabtu Wage

Setelah tadi kita bahas sekilas terkait pantangan dari berbagai macam aspek, sekarang satnya kita masuk ke pembahasan terkait pantangan Sabtu Wage yang perlu kamu ketahui. Apa aja kira-kira? Simak sampai habis, ya!

1. Pantangan Sabtu Wage: Tidak boleh mandi di sungai atau laut

pantangan sabtu wage
Source: Live Science

Pantangan pertama Sabtu Wage adalah tidak boleh mandi di sungai atau laut. Diyakini bahwa pada hari Sabtu Wage, air yang ada di sungai atau laut menjadi kotor dan tidak baik untuk digunakan mandi atau mencuci pakaian.

Selain itu, ada juga kepercayaan bahwa di dalam air pada hari Sabtu Wage terdapat roh-roh jahat yang bisa membahayakan manusia.

2. Tidak boleh mencuci pakaian

Pantangan kedua Sabtu Wage adalah tidak boleh mencuci pakaian. Hal ini dianggap sebagai salah satu cara untuk menghormati hari Sabtu Wage yang dianggap sebagai hari istimewa. Selain itu, juga dipercayai bahwa mencuci pakaian pada hari Sabtu Wage akan membawa sial atau nasib buruk.

3. Pantangan Sabtu Wage: Tidak boleh berburu atau memancing

pantangan sabtu wage
Source: Argos

Pantangan ketiga Sabtu Wage adalah tidak boleh berburu atau memancing. Hal ini diyakini sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan alam dan memastikan agar hewan dan ikan tetap terjaga keberadaannya.

Selain itu, ada juga kepercayaan bahwa jika berburu atau memancing pada hari Sabtu Wage, hewan atau ikan yang ditangkap tidak akan enak atau bahkan bisa menyebabkan sakit.

4. Tidak boleh makan makanan yang mengandung garam

Pantangan keempat Sabtu Wage adalah tidak boleh makan makanan yang mengandung garam. Kepercayaan ini diyakini berasal dari zaman dahulu kala, di mana garam dianggap sebagai barang yang langka dan mahal.

Oleh karena itu, masyarakat pada saat itu memutuskan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung garam pada hari Sabtu Wage sebagai simbol penghormatan dan rasa syukur atas keberlimpahan yang telah diberikan oleh Tuhan.

5. Tidak boleh berkebun atau mengolah tanah

Pantangan kelima Sabtu Wage adalah tidak boleh berkebun atau mengolah tanah. Hal ini dianggap sebagai bentuk penghormatan terhadap tanah dan alam yang memberikan kehidupan bagi manusia.

Selain itu, juga dipercayai bahwa jika berkebun atau mengolah tanah pada hari Sabtu Wage, hasil yang didapat tidak akan maksimal atau bahkan bisa menyebabkan kerugian.

Pantangan Sabtu Wage Lainnya

pantangan sabtu wage
Source: benzoix (Freepik)

Selain pantangan umum yang nggak boleh dilakukan pada hari Sabtu Wage di atas, ada juga pantangan terkait jodoh yang nggak direkomendasikan untuk dilakukan para empunya weton atau orang yang lahir di hari berikut.

Orang dengan weton Sabtu Wage, sayangnya kurang cocok dnegan Senin Wage. Menurut kalkulasi hasil perhitungan kecocokan jodoh antara dua weton ini, hasilnya adalah 67%, tapi presentase ketidak cocokan atau kegagalan dalam hubungannya juga lumayan besar, yaitu sekitar 33%.

Walaupun masih bisa dilanjutkan, hal ini kurang direkomendasikan karena kemungkinan di masa depan hubungan asmara kalian bakal menghadapi luamayan banyak tantangan karena presentase kegagalan hubungan yang cukup mengkhawatirkan ini.

Info wajib baca: Pantangan Weton Rabu Pon: Apa yang Harus Dihindari agar Tak Bermasalah?

Kepercayaan terkait larangan atau pantangan dari tiap weton memang berbeda-beda. Kamu bisa menyikapi hal ini dengan bijak, baik kamu jadikan sebagai salah satu pedoman buat yang percaya, atau dijadikan sebagai hiburan saja buat yang nggak terlalu mempercayai ramalan seputar weton ini.


Nah, itu tadi bahasan seputar pantangan Sabtu Wage. Pembahasan terkait weton ini memang selalu menarik dan nggak ada habisnya, ya! Kamu bisa mengambil inti yang positif saja dari pembahasan di atas, dan tetap menghargai salah satu warisan budaya turun-temurun ini, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare