...
kedutan mata kiri atas
5-min read

Kedutan Mata Kiri Atas, Ini 4 Artinya Menurut Medis dan Primbon Jawa

kedutan mata kiri atas

Kamu penasaran apa arti kedutan mata kiri atas? Coba cek di sini, yuk!

Apa kamu pernah merasakan kedutan di mata kiri atas? Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi ini kerap membuat seseorang yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

Bahkan, kedutan pada mata kiri juga sering kali membuat siapapun yang merasakannya jadi bertanya-tanya apa arti dari kedutan tersebut. Ternyata, kedutan mata kiri atas memiliki makna yang beragam menurut medis dan primbon Jawa, lho.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang arti dari kedutan mata ini serta bagaimana cara mengatasinya. Simak artikel ini sampai selesai, yuk!

Info wajib baca: Kedutan Mata Kanan Bawah, Benarkah Tanda Kabar Baik?

Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas

Source: Halodoc

Penyebab kedutan mata kiri atas bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda. Beberapa penyebab umumnya adalah kelelahan, stres, kurang tidur, atau efek samping dari penggunaan komputer terlalu lama.

1. Kelelahan dan kurang tidur

Kelelahan dan kurang tidur dapat menyebabkan otot di sekitar mata menjadi tegang dan mengakibatkan kedutan. Selain itu, otot-otot di sekitar mata akan menyebabkan kontraksi involunter pada kelopak mata karena mata lelah atau kurang tidur ini.

2. Stres

Kondisi stres pada diri dapat memicu pelepasan hormon kortisol yang membuat tubuh terus-menerus dalam kondisi siaga. Hal ini menyebabkan ketegangan pada otot-otot wajah termasuk di area sekitar mata. Gejala ini akan berangsur menghilang seiring berkurangnya rasa stres yang kamu alami.

3. Konsumsi kafein secara berlebihan

Mengonsumsi kafein secara berlebihan juga dapat menjadi penyebab kedutan ini. Kafein memiliki efek stimulan pada sistem saraf sehingga dapat memicu kegugupan dan meningkatkan tekanan darah serta detak jantung. Maka dari itu, cobalah untuk membatasi konsumsi kafein, terutama dari teh dan kopi.

4. Mata Kering

Kedutan ini juga bisa dipicu dan disebabkan oleh kondisi mata yang kering, di mana salah satu penyebabnya adalah terlalu lama menatap layar ponsel atau laptop. Mata kering membuat kamu secara tidak sadar sering mengedipkan mata untuk menjaga kelembapan mata. Kedipan yang terlalu sering dapat memicu saraf di sekitar mata untuk berkedut.

5. Ketidakseimbangan Nutrisi

Kedutan mata kiri atas menurut medis juga bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan nutrisi. Kekurangan vitamin B dan cairan dapat menyebabkan otot dan saraf di sekitar mata terganggu sampai mengalami kedutan.

Namun perlu diperhatikan bahwa jika kedutan muncul bersama dengan gejala lain seperti sakit kepala atau kesemutan pada bagian tubuh lainnya, maka bisa jadi itu merupakan tanda dari suatu masalah medis yang lebih serius.

Oleh karena itu, selalu perhatikan kondisi fisik kamu secara keseluruhan untuk mengetahui apakah ada gejala tambahan yang perlu diperiksakan kepada dokter spesialis mata atau neurologi.

Arti Kedutan Mata Kiri Atas

kedutan mata kiri atas
Source: Klik Dokter

Arti kedutan mata kiri atas menurut medis cukup beragam, tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Kedutan bisa disebabkan oleh kelelahan atau stres ringan, tetapi juga bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan lebih serius. Coba simak di bawah ini, ya!

1. Kedutan mata kiri atas menurut medis

Dalam istilah medis, kedutan mata disebut dengan myokymia. Kedutan mata merupakan kejang di bagian otot kelopak mata yang terjadi secara berulang dan dalam kondisi nggak disengaja.

Biasanya kondisi ini terjadi pada bagian kelopak mata atas, tapi bisa juga terjadi di bagian kelopak mata atas dan bawah. Kondisi kedutan ini bisa dirasakan di satu mata atau keduanya.

Bagi kebanyakan orang, hanya merasakan ringan dan sedikit tarikan lembut di kelopak mata. Biasanya terjadi dalam kurun waktu beberapa detik, satu menit, maupun dua menit.

Sayangnya, frekuensi kedutan mata ini nggak dapat kamu prediksi. Kondisi tersebut nggak hanya berlangsung selama sehari, tapi beberapa hari. Lalu, seseorang mungkin nggak akan mengalami kedutan dalam kurun waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan.

Kondisi kedutan nggak berbahaya dan nggak bikin sakit, tapi mungkin bisa mengganggu kamu dalam melihat atau beraktivitas. Kebanyakan kedutan akan sembuh dengan sendirinya, meski kamu nggak melakukan pengobatan.

Untuk beberapa kasus, kejang kelopak mata dapat menjadi tanda peringatan awal dari kondisi kronis, apalagi kalau kejang tersebut dirasakan dengan kedutan bagian wajah lain atau gerakan wajah yang nggak terkendali. Jadi, kamu boleh saja, nih, waspada dengan kedutan ini, tapi jangan terlalu cemas juga, ya.

2. Kedutan mata kiri atas menurut Primbon Jawa

Menurut primbon Jawa, kedutan mata kiri atas merupakan pertanda yang berbeda dengan arti medisnya. Namun, tentunya hal ini tidak dapat dipercaya sepenuhnya dan hanya merujuk kepada keyakinan turun temurun masyarakat Indonesia khususnya Primbon Jawa. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Akan mendapatkan keberuntungan

Konon, jika seseorang mengalami kedutan pada mata kiri atas, maka itu menandakan bahwa seseorang akan mendapatkan keberuntungan atau kabar baik dalam waktu dekat.

Keberuntungan bisa kamu dapatkan dari mana saja, seperti hubungan percintaan, karir, maupun ekonomi. Namun, arti kedutan mata kiri atas ini tidak mutlak dan kembali pada keyakinan masing-masing, ya.

2. Akan mendapatkan kabar bahagia

Menurut Primbon Jawa, konon kedutan mata kiri atas tepatnya bola mata kiri memiliki arti yang bagus. Jika mengalami hal tersebut, itu menjadi tanda bahwa kamu akan mendapatkan kabar baik yang sumbernya bisa datang dari mana saja.

3. Peluang untuk sukses

Kalau kamu mengalami kedutan di pagi hari di mana biasanya orang mulai bekerja atau melakukan aktivitas lainnya, maka kedutan ini dikaitkan dengan pengharapan untuk mendapatkan hasil kerja yang baik serta produktif sehingga membuka peluang untuk mencapai sukses.

4. Pertanda kabar sedih

Dalam Primbon Jawa, kalau kondisi ini terjadi pada mata kiri atas tepatnya kelopak kiri dapat menjadi pertanda sedih. Hal ini berkaitan dengan hal menyedihkan dan bikin kamu merasa sedih.

Misalnya kamu akan mengalami perpisahan atau mungkin saja kehilangan suatu hal yang memicu perasaan muncul dan hati terluka.

Info wajib baca: Mengungkap Penyebab Kedutan Bibir Kanan Atas dan Artinya Menurut Primbon: Ada Apa?

Mitos Kedutan Pada Mata Kiri

Source: Siloam Hospitals

Selain beberapa arti yang telah dijelaskan di atas, kedutan pada mata kiri juga mempunyai sejumlah mitos tersendiri. Berikut ini mitos yang sering kali dikaitkan dengan kedutan di mata kiri di beberapa negara:

1. Mitos kedutan pada mata kiri di China

Berdasarkan kepercayaan masyarakat China, kedutan di mata sebelah kiri dipercaya bisa mendatangkan rezeki. Pasalnya, mitos ini berkaitan dengan datangnya hujan emas yang bisa dimaknai sebagai sebagai datangnya rezeki berlimpah kepada seseorang.

Namun begitu, di sisi lain, kedutan pada posisi tersebut juga bisa diartikan sebagai pertanda kamu akan segera menangis, baik itu karena terharu atau sedih.

2. India

Berbeda dari kepercayaan yang berlaku di China, mata kedutan untuk sebagian warga India malah dianggap mendatangkan sesuatu yang tidak menguntungkan, khususnya jika dialami oleh para pria. Namun jika dialami oleh perempuan, hal ini justru bisa mendatangkan pertanda baik, lho. Unik banget, ya?

3. Hawai

Sementara itu, bagi sebagian masyarakat di Kepulauan Hawaii, adanya kedutan di mata sebelah kiri menandakan adanya kedatangan orang asing. Namun, jika berlangsung secara terus menerus, jutsru kedutan tersebut bisa menjadi pertanda akan datangnya kematian pada anggota keluarga yang mengalami kondisi ini.

4. Sebagian wilayah Afrika

Nah, jika menurut sebagian masyarakat di Afrika, arti kedutan justru mirip dengan yang dipercayai di China. Ya, kedutan pada mata kiri seseorang bisa menjadi pertanda akan jatuhnya air mata. Namun, jika kedutan terjadi di bagian atas mata, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu akan bertemu dengan seseorang yang tidak terduga.

Cara Mengatasi Kedutan Mata Kiri Atas

Jika kamu mengalami kedutan mata kiri atas yang tidak kunjung hilang, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Namun, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kedutan pada mata kiri atas:

1. Istirahat yang cukup.
2. Mengompres mata dengan air dingin atau hangat.
3. Hindari faktor pemicu seperti stres dan kafein.
4. Konsumsi makanan yang kaya magnesium.

Dengan melakukan hal-hal tersebut secara teratur, diharapkan dapat membantu meredakan gejala kedutan pada mata kiri atas kamu. Selain itu, kamu juga bisa menyimak arti dari Kedutan Mata Kanan Atas berikut ini, nih.


Itulah penjelasan mengenai penyebab dan arti dari kedutan mata kiri atas menurut medis dan primbon Jawa. Meski terkadang kedutan hanya disebabkan oleh faktor lelah atau kurang tidur, namun tetap perlu diwaspadai jika terjadi dalam waktu yang lama. Semoga bermanfaat, ya!

Nah, apa kamu juga sudah pernah merasakan kondisi ini? Bagaimana kamu menyikapinya? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!



Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare