...
renang gaya katak
5-min read

6 Teknik Dasar Renang Gaya Katak, Simak Manfaatnya di Sini

renang gaya katak

Ingin bisa renang gaya katak? Simak caranya berikut ini!

Pernah denger tentang renang gaya katak? Gayanya yang menyelam seperti katak di air membuatnya menjadi favorit bagi beberapa pemula yang baru belajar berenang. Namun, untuk dapat melakukannya kamu juga harus tau langkah-langkahnya dengan benar.

Siap untuk mempelajari semua hal menarik seputar cara renang gaya katak? Yuk, baca artikel ini hingga tuntas agar bisa langsung kamu praktikkan sesegera mungkin.

Manfaat Renang

Selain menjadi salah satu kegiatan olahraga yang menyenangkan bagi sebagian besar orang, berenang juga bisa memberikan banyak manfaat. Dilansir dari Alodokter, selain sebagai salah satu olahraga meninggikan tubuh, berenang juga bisa memberimu manfaat-manfaat berikut ini:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Ini berdampak positif terhadap kesehatan jantung secara keseluruhan.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga renang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

Dengan demikian, nggak cuma berdampak kepada kesehatan jantung, berenang secara rutin juga baik untuk memelihara fungsi berbagai organ tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menurunkan berat badan

Berenang dapat membantu membakar kalori dengan efektif. Aktivitas ini membantu mengurangi lemak tubuh dan mendukung upaya menurunkan berat badan.

Berenang selama 1 jam dapat membakar sekitar 500–650 kalori. Oleh karena itu, berenang bisa menjadi olahraga pilihan bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Olahraga ini juga baik untuk mengecilkan perut, serta mengurangi jaringan lemak di perut dan bagian tubuh lainnya.

3. Mengurangi stres

renang gaya katak
Source: Suara Jogja

Stres merupakan kondisi yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Kabarnya, berenang memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Aktivitas ini dapat membantu meredakan stres, kecemasan, dan depresi, serta meningkatkan suasana hati.

Sebuah penelitian juga mengemukakan bahwa berenang dapat melemaskan otot-otot tubuh, sehingga membuat kamu jadi lebih rileks.

Info wajib baca: 7 Perbedaan Sunblock dan Sunscreen, Mana yang Lebih Bagus?

4. Meningkatkan kekuatan dan massa otot

Berbagai gerakan dalam olahraga renang menuntut hampir seluruh otot tubuh untuk bergerak melawan tekanan di dalam air. Karena berenang melibatkan banyak otot dalam tubuh, seperti otot lengan, kaki, dada, dan punggung, ini membantu kamu memperkuat otot-otot tersebut dan meningkatkan kekuatan fisik secara keseluruhan.

Berenang juga kabarnya baik dilakukan untuk kamu yang mau mengecilkan betis dan membuatnya tampak lebih kencang, serta dapat membantu membentuk dan menguatkan otot dada kamu, lho.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah studi yang dilakukan terhadap penderita insomnia menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan kualitas tidur mereka. Latihan berenang secara teratur kabarnya dapat membantu mengatur siklus tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

Oleh karena itu, jika kamu sedang mengalami gangguan tidur, cobalah untuk berenang agar tidur lebih nyenyak pada malam hari, karena salah satu penyebab kamu nggak bisa tidur adalah stres dan berenang juga bisa mengatasi stres.

Teknik Dasar Gaya Renang Katak

renang gaya katak
Source: IDN Times

Kamu yang tertarik melakukan salah satu gaya renang untuk pemula berikut ini, bisa ikutin cara-caranya di bawah. Sstt, minta tolong sama temen atau instruktur renang yang berpengalaman sambil dipraktekkin akan memperlancar prosesnya. Simak caranya berikut:

1. Posisi awal

  • Mulailah dengan berdiri di air dengan kedua kaki terbuka selebar bahu.
  • Kedua tangan di depan, diapit dengan jari-jari terbuka.

2. Gerakan tangan

  • Dorong tangan ke depan dengan lembut dan buka tangan ketika tangan hampir sejajar dengan bahu.
  • Lalu, dorong tangan ke samping dengan sedikit melengkung dan menekuk siku.
  • Lanjutkan gerakan tangan ini secara bergantian.

3. Gerakan kaki

  • Ketika tangan mulai bergerak ke samping, dorong kedua kaki ke bawah dengan lembut.
  • Kedua kaki harus dibuka selebar pinggul dan jari-jari kaki diarahkan keluar.
  • Saat tangan mulai kembali ke posisi awal, kaki akan mengalami gerakan alami naik ke permukaan air.

4. Gerakan kepala dan pernapasan

  • Kepala tetap menghadap ke depan sepanjang waktu.
  • Untuk bernapas, putar kepala ke samping saat tangan mulai bergerak ke dalam. Tarik napas dengan cepat dan kembali ke dalam air seiring gerakan tangan.

5. Gerakan badan

  • Saat tangan bergerak ke samping, badan akan mengalami gerakan melengkung ke atas permukaan air.
  • Begitu tangan mulai bergerak ke dalam, badan akan kembali turun ke dalam air.

6. Koordinasi gerakan

  • Pastikan gerakan tangan, kaki, kepala, dan badan dilakukan dengan sinkronisasi yang baik.
  • Gerakan tangan dan kaki harus bersamaan untuk memberikan dorongan yang efisien.

Info wajib baca: Tidak Sama dengan Reptil atau Burung, Ini Lho Ciri-Ciri Mamalia

Tentunya kalau mau menguasai salah satu jenis gaya berenang ini, kamu butuh latihan yang rutin selama beberapa waktu buat menyelaraskan gerakan tangan, kaki, dan cara mengambil napas dengan benar. Ingat, mulai dari kolam renang yang nggak terlalu dalam dulu kalau belum yakin!


Nah, itu dia teknik dasar renang gaya katak yang bisa kamu coba pelajari sendiri atau dengan bantuan orang lain. Selain itu, manfaat renang yang udah disebutin di atas, bikin kamu makin tertarik buat belajar renang, kan?

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare