...
sakit kepala sebelah kanan berdenyut
5-min read

Kenali 5 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Berdenyut dan Cara Mengatasinya

sakit kepala sebelah kanan berdenyut

Sakit kepala sebelah kanan berdenyut? Ini penyebab dan cara mengatasinya.

Kita semua tahu betapa mengganggunya sakit kepala, terutama saat merasakan sakit kepala sebelah kanan berdenyut. Sakit kepala merupakan masalah umum yang dialami oleh banyak orang sehari-hari. Namun, apakah sakit kepala sebelah kanan berdenyut bisa jadi pertanda adanya masalah serius?

Jangan khawatir! Dalam artikel ini, Kostmin akan membahas penyebab umum dari sakit kepala tersebut serta berbagai cara efektif untuk mengatasinya. Yuk, simak selengkapnya dan temukan solusi untuk menghilangkan rasa sakit kepalamu.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Berdenyut

Sakit kepala adalah gejala yang umum dialami oleh banyak orang. Salah satu jenis sakit kepala yang sering kali membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman adalah sakit kepala sebelah kanan yang berdenyut.

Ini bisa menjadi tanda dari berbagai kondisi dan faktor yang mungkin terlibat. Berikut adalah beberapa penyebab potensial sakit kepala sebelah kanan yang berdenyut:

1. Migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala berdenyut yang sangat umum. Sakit kepala ini biasanya menyebabkan nyeri yang parah, terutama di satu sisi kepala.

Migrain juga sering disertai oleh gejala lain seperti mual, muntah, sensitivitas terhadap cahaya dan suara, serta gangguan penglihatan. Perubahan pola tidur, stres, perubahan hormon, atau makanan tertentu dapat memicu serangan migrain.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan serangan migrain di antaranya cahaya yang terlalu terang, perubahan cuaca, stres atau merasa cemas, makanan atau minuman pemicu, misalnya alkohol, cokelat, keju, atau daging.

Faktor lainnya yang dapat memicu gejala migrain pada seseorang adalah telat makan, perubahan hormon pada wanita, bau menyengat, kelelahan, kurang tidur, atau terlalu banyak tidur, serta suara terlalu keras.

2. Sakit kepala cluster

Cluster headache atau sakit kepala cluster adalah jenis sakit kepala yang sangat intens dan datang dalam serangan berulang selama periode waktu tertentu, biasanya beberapa minggu hingga beberapa bulan. Sakit kepala ini cenderung terjadi di satu sisi kepala, sering kali sebelah mata, dan dapat disertai hidung tersumbat atau berair.

Nggak cuma itu, sakit kepala cluster juga bisa menyebabkan sakit yang kemudian menjalar ke bagian kepala, wajah, leher, hingga pundak. Rasa sakitnya bahkan berlangsung lebih lama daripada sakit kepala atau migrain biasa. Bisa berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

3. Sinusitis

sakit kepala sebelah kanan berdenyut
Source: DokterSehat

Infeksi atau peradangan pada sinus dapat menyebabkan sakit kepala yang terasa berdenyut, terutama di sekitar area dahi atau pipi. Biasanya sakit kepala ini muncul setelah terjadi peradangan yang memberikan tekanan lebih pada kening dan tulang pipi sehingga menimbulkan sakit kepala.

Peradangan ini dapat menyebabkan rasa sakit yang lebih buruk ketika kamu membungkukkan kepala. Sakit kepala sebelah kanan yang berdenyut bisa menjadi tanda adanya masalah sinus ini.

Info wajib baca: Mengenal Gejala Kanker Otak pada Wanita dan Penyebabnya yang Harus Diwaspadai

4. Efek samping penggunaan obat dan kafein secara berlebih

Penggunaan obat-obatan yang berlebihan juga ternyata bisa jadi salah satu penyebab sakit kepala sebelah kanan berdenyut, lho.

Beberapa obat yang bisa menimbulkan rasa sakit ini jika dikonsumsi secara berlebihan di antaranya analgesik, seperti acetaminophen dan nonsteroid antiinflamasi (NSAID), yang dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan depan atau belakang jika dikonsumsi selama 15 hari lebih dalam waktu satu bulan.

Beberapa jenis obat pereda nyeri yang merupakan kombinasi dari beberapa obat, misalnya aspirin dan kafein juga dapat menyebabkan sering terjadinya migrain sebelah kanan jika dikonsumsi lebih dari 10 hari atau lebih dalam waktu satu bulan.

Triptan, ergotamin, dan opioid, yang merupakan obat sakit kepala sebelah kanan, juga dapat menyebabkan sakit kepala jika dikonsumsi selama 10 hari atau lebih dalam satu bulan.

5. Neuralgia oksipital dan neuralgia trigeminal

Dalam tubuh kita terdapat dua saraf oksipital di tulang belakang leher bagian atas yang berjalan melalui otot ke kulit kepala. Dan perlu diketahui kalau kedua saraf ini bisa mengalami iritasi.

Jika salah satu saraf ini mengalami iritasi, kamu bisa mengalami rasa sakit seperti tertusuk, sensasi tersengat listrik, hingga kesemutan. Neuralgia oksipital sering kali hanya menyebabkan sakit di satu sisi kepala saja.

Dilansir dari SehatQ, neuralgia trigeminal adalah kondisi medis kronis yang dapat memengaruhi saraf pembawa sensasi wajah ke otak. Akibatnya, rasa sakit bisa muncul jika kamu menerima stimulasi apa pun di wajah, bahkan stimulasi kecil sekalipun.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan Berdenyut

Kamu yang sedang mengalami masalah sakit kepala sebelah kanan berdenyut, dilansir dari Kompas.com, berikut ada beberapa cara mengatasinya berdasarkan penyebab sakitnya yang bisa kamu lakuin di rumah. Simak sampai habis, ya.

1. Cara mengatasi sakit kepala karena migrain

Kamu bisa mengatasi sakit kepala sebelah karena migrain dengan mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek atau toko obat. Jika migrain sering kambuh, coba minta dokter meresepkan obat untuk mencegah sakit kepala ini kambuh

2. Mengatasi sakit kepala karena sinus

Sakit kepala berdenyut karena sinusitis bisa diatasi dengan minum obat antihistamin, menggunakan semprotan hidung, serta menghindari pemicu alergi. Jika sinusitis disebabkan infeksi bakteri, dokter biasanya meresepkan obat antibiotik.

3. Mengatasi sakit kepala karena kafein

sakit kepala sebelah kanan berdenyut
Source: Bodrex

Sakit kepala berdenyut-denyut terkait penarikan kafein, coba untuk secara betahap mengurangi asupan kafein. Jangan sekaligus atau tiba-tiba berhenti mengonsumsi kafein. Biasanya, sakit kepala bakal berangsur-angsur membaik setelah tubuh mulai beradaptasi.

Info wajib baca: Mengenal Gejala DBD pada Remaja dan Langkah Pencegahannya

4. Mengatasi sakit kepala karena neuralgia oksipital

Untuk menghilangkan sakit kepala berdenyut-denyut karena neuralgia oksipital, coba gunakan koyo atau kompres dengan handuk panas, pijat, atau konsumsi obat anti-inflamasi non-steroid. Apabila gejalanya parah, dokter terkadang menganjurkan operasi.

5. Mengatasi sakit kepala karena sakit kepala cluster

Untuk menghilangkan sakit kepala berdenyut-denyut karena sakit kepala cluster, dokter biasanya menganjurkan penderita untuk terapi oksigen murni, menggunakan semprotan hidung triptan, suntikan DHE, atau balsam penghangat.


Selain penyebab dan solusi dari jenis sakit kepala ini, kamu juga harus tau penyebab kepala kliyengan tapi tidak sakit dan juga penyebab sakit kepala belakang yang bikin kamu kurang produktif!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Jakarta Barat Murah

Kost Bekasi Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare