...
sayur sehat bekal sekolah
5-min read

6 Sayur Sehat Bekal Sekolah yang Menyehatkan, Cocok untuk Si Anak!

sayur sehat bekal sekolah

Ini dia beberapa rekomendasi makanan sayur sehat bekal sekolah yang bisa dibawah anak kamu.

Sayur merupakan salah satu sumber nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak lho. Jadi, buat para orang tua, yuk mulai sekarang siapkan sayur sehat untuk bekal sekolah anak kamu, agar si anak bisa mendapatkan pertumbuhan yang baik.

Namun, kira-kira apa ya makanan sayur yang sehat untuk bekal anak sekolah? Jika kamu ingin tahu apa makanannya yang cocok, yuk bisa cari rekomendasinya di bawah ini ya.

Info wajib baca: 12 Coffee Shop Kemang Murah Sedang Hits, Cocok untuk Hangout!

Ide Sayur Sehat Bekal Sekolah untuk Si Anak

sayur sehat bekal sekolah
Source: Kompas.com

Sekarang, mari kita bahas beberapa ide bekal sekolah yang sehat dan lezat yang mengandung sayur. Ide-ide ini dapat membantu kamu memasukkan sayur ke dalam makanan anak-anak dengan cara yang mereka akan nikmati.

1. Sayur sehat bekal sekolah: Nasi goreng sayuran

Nasi goreng sayuran adalah cara yang tepat untuk menyisipkan sayur ke dalam bekal sekolah anak-anak. Jadi, kamu dapat mencampurkan sayuran seperti wortel, kacang polong, dan buncis cincang ke dalam nasi goreng.

Pasti si anak akan menikmati rasa nasi goreng yang lezat dan juga mendapatkan manfaat dari sayur. Sosis juga bisa jadi tambahan untuk di campur ke dalam nasi goreng juga lho.

2. Roti lapis isi sayuran

Roti lapis dengan isian sayuran adalah pilihan bekal yang cepat dan mudah disiapkan. Kamu juga dapat menyajikan roti lapis dengan potongan tomat, selada, dan timun.

Bisa juga tambahkan saus atau mayones favorit anak-anak untuk memberikan rasa ekstra. Jadi, roti isi sayuran ini akan terlihat lezat dan untuk di nikmati.

3. Omelet sayuran, sayur sehat bekal sekolah

Selanjutnya, omelet dengan isian sayuran adalah hidangan yang lezat dan penuh protein yang bisa kamu siapkan untuk bekal si anak sekolah. Kamu dapat menambahkan potongan tomat, paprika, dan bayam ke dalam omelet.

Omelet ini dapat dimakan sebagai hidangan utama atau digulung dalam roti sebagai sandwich. Bisa juga ditambahkan saus tomat atau cabe agar bisa menikmati dengan rasa yang lezat.

4. Brokoli rebus

Rekomendasi selanjutnya kamu bisa coba adalah dengan membuat brokoli rebus lho, jika kamu ingin membuat bekal anak TK tanpa nasi. Terutama dalam kasus di mana jam sekolah anak tidak terlalu lama.

Kamu hanya memerlukan tiga bahan untuk membuatnya, yaitu brokoli secukupnya (dibersihkan dan dipotong), garam, dan kaldu jamur.

5. Capcay, sayur sehat bekal sekolah

Capcay juga bisa menjadi rekomendasi bekal makanan sehat untuk si anak yang mungkin cukup rumit untuk dibuat. Namun, terdapat versi capcay yang dapat dimasak dengan praktis lho.

Hidangan capcay ini bisa dimakan dengan nasi putih. Selain itu, bisa juga dimakan tanpa nasi putih lho.

6. Sayur tumis saus tiram

Terakhir, ada yang namanya sayur tumis saus tiram. Biasanya, tidak semua anak menyukai sayur lho.

Nah, untuk menyiasatinya, kamu bisa juga menumis sayur- mayur dengan bumbu yang rasanya gurih seperti saus tiram. Sayur tumis saus tiram adalah menu bekal anak sekolah yang cukup mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu lama.

Info wajib baca: Daftar Lagu Dangdut Terbaru 2023 beserta Lirik dan Chordnya | Siap Joged sampai Pagi!

Alasan Sayur Penting untuk Kesehatan

sayur sehat bekal sekolah
Source: Halodoc

Setelah kita mengetahui beberapa rekomendasi sayur sehat bekal untuk sekolah, mari kita simak mengapa sayur itu penting.

1. Kaya akan nutrisi

Sayur adalah sumber nutrisi penting yang mengandung berbagai vitamin dan mineral. Beberapa contoh vitamin yang terdapat dalam sayur adalah vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

Selain itu, sayur juga mengandung mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan kalium. Jadi, banyak sekali bukan manfaatnya.

2. Serat untuk pencernaan sehat

Serat adalah komponen penting dalam sayur yang mendukung pencernaan sehat. Makanan tinggi serat membantu mencegah sembelit dan memastikan sistem pencernaan berfungsi dengan baik.

3. Perlindungan terhadap penyakit

Sayur mengandung senyawa antioksidan yang membantu melindungi tubuh anak-anak dari penyakit. Antioksidan seperti beta-karoten dan vitamin C membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

4. Pertumbuhan dan perkembangan yang optimal

Ketika anak-anak mengonsumsi sayur yang cukup, mereka mendapatkan nutrisi yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Nutrisi ini diperlukan untuk perkembangan organ, jaringan, dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

5. Menjaga berat badan

Sayur adalah makanan rendah kalori dan rendah lemak yang membantu menjaga berat badan anak-anak dalam kisaran sehat. Dengan mengonsumsi lebih banyak sayur, anak-anak dapat mengurangi konsumsi makanan berkalori tinggi yang dapat menyebabkan obesitas.


Nah, itulah dia rekomendasi sayur yang sehat untuk kebutuhan bekal sekolah si anak. Sebagai orang tua, wajib untuk memperhatikan si anak, dengan dimulai dari menyiapkan makanan yang baik, sehat, dan penuh akan gizi.

Nah, kira-kira bekal apa saja nih yang sudah kamu siapkan untuk kebutuhan anak kamu? Yuk, coba share di bawah ini ya.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare