...
sayuran untuk salad
5-min read

Catat! 10 Sayuran untuk Salad yang Banyak Manfaatnya bagi Kesehatan

sayuran untuk salad

Kamu doyan salad? Yuk, tambahkan sayuran ini ke dalam salad kamu untuk jaga kesehatan!

Bagi kamu yang mengikuti program diet, salad adalah pilihan yang ideal karena memiliki kalori yang rendah dan mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat. Tidak mengherankan bahwa makan salad sangat baik untuk kesehatan kamu.

Ada banyak pilihan sayuran yang dapat diolah menjadi salad, dan membuatnya mudah dan tidak memakan waktu. Untuk menghindari kebingungan, berikut adalah daftar sayuran yang cocok untuk digunakan dalam salad agar hidangan kamu lebih variatif dan bergizi.

Info wajib baca: 13 Manfaat Jamur Kombucha, Terbukti Ampuh untuk Kesehatan

Rekomendasi Sayuran untuk Salad

Menggabungkan berbagai jenis sayuran untuk salad hijau adalah cara terbaik untuk membuat salad sayur. Berikut ini sayuran untuk salad yang bisa dicoba:

1. Selada

Source: IDN Times

Selada adalah raja salad karena rasanya yang sedikit manis dan teksturnya yang renyah. Berbagai varietas selada, termasuk selada romaine, selada iceberg, dan selada hijau, dikenal sangat kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, dan kalsium.

Selain itu, sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk mencegah penuaan dini, menguatkan tulang, meningkatkan kesuburan, menjaga kestabilan darah, menyehatkan jantung, memperkuat tulang dan gigi, mencegah kanker, membantu sembelit, dan meningkatkan kesehatan hati.

2. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran paling nutrisi yang bisa kamu tambahkan ke salad. Ini kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan asam folat, dan juga mengandung serat tinggi yang bagus untuk pencernaan.

Berbagai jenis salad, seperti Cobb salad, Caesar salad, dan Greek salad termasuk mengandung bayam. Sayuran primadona ini mengandung 2,4 gram serat per 100 gram.

Selain itu, jumlah kalori yang diberikan sangat rendah pada berat yang sama, yaitu hanya 23. Zeaxanthin dan lutein, dua zat antioksidan yang baik untuk kesehatan mata, juga ditemukan dalam bayam.

3. Kale

Dalam beberapa tahun terakhir, kale menjadi sayuran hijau yang populer karena kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan kalsium. Selain itu, kandungan serat tingginya membantu pencernaan.

Sayuran ini dapat dimasukkan ke dalam salad, seperti kale salad, atau digabungkan dengan sayuran lainnya. Mengonsumsi berbagai sayuran untuk salad seperti kale dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Wortel

Wortel, sayuran berwarna oranye yang kaya akan vitamin A dan beta-karoten, baik untuk kulit dan mata. Mereka juga tinggi serat, jadi cocok untuk salad seperti coleslaw atau carrot salad. Setiap 100 gram botol mengandung serat sekitar 2,8 gram.

Selain itu, jumlah ini luar biasa karena memiliki jumlah kalori yang sangat rendah, yaitu 41, dengan berat yang sama. Selain tinggi serat, wortel mengandung beta-karoten, zat antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata setelah masuk ke dalam tubuh.

5. Tomat

Source: Cookpad.com

Sayuran tomat, yang sering digunakan dalam salad, kaya akan vitamin C, vitamin A, dan likopen, suatu antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung. Tomat adalah bagian penting dari banyak salad, seperti salad caprese dan salad Yunani.

Terdapat sekitar 169 mg kalium dalam 100 gram tomat. Kalium adalah mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stoke.

Info wajib baca: 8 Rekomendasi Wisata Pantai di Cirebon yang Menakjubkan, Wajib Mampir ke Sini!

6. Mentimun

Mentimun sering digunakan dalam salad, seperti salad Yunani dan salad wortel, karena memberikan rasa renyah dan kesegaran serta mengandung banyak air dan rendah kalori. Selain itu juga menjadi jenis sayuran salad yang menyegarkan dan kaya serat.

Satu cangkir mentimun yang diiris mengandung sekitar 19 persen jumlah vitamin K yang direkomendasikan setiap hari. Vitamin K diperlukan untuk membentuk protein yang dibutuhkan untuk membuat jarring dan tulang yang sehat dan untuk membantu pembekuan darah yang baik.

Mengonsumsi air mentimun, yang merupakan sumber potasium yang baik, membantu pencernaan, terutama usus halus dan usus besar. Tubuh mendapatkan lebih banyak potasium, yang berpotensi membantu menurunkan tekanan darah.

7. Brokoli

Untuk orang yang ingin menjalani gaya hidup sehat atau menurunkan berat badan, brokoli, contohnya, memiliki 2,6 gram serat per 100 gram. Karena hanya memiliki 35 kalori, brokoli adalah sayur berserat tinggi dengan jumlah protein sekitar 2,4 gram.

Selain mengandung banyak serat, jenis sayuran salad seperti brokoli memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Beberapa di antaranya adalah bahwa ia dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan pencernaaan, meningkatkan kesehatan otak, dan banyak lagi.

8. Kembang kol

Source: IDN Times

Serat mencapai 3 gram per 128 gram pada kembang kol, yang merupakan jumlah kalori yang sangat rendah dan ideal untuk diet.

Kembang kol dan jenis sayuran salad lainnya mengandung nutrisi yang disebut kolin, yang berfungsi dengan baik sebagai neurotransmitter dan secara tak langsung menjaga kesehatan sistem saraf.

9. Buncis

Buncis, seperti banyak sayuran salad lainnya, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung serat tinggi setiap 100 gram. Sayur buncis memiliki banyak manfaat, termasuk vitamin A, C, dan K, serta asam folat dan serat.

Buncis adalah sumber zeaxanthin dan lutein yang kuat, dan manfaatnya sama dengan okra dan kacang polong. Sayur buncis dapat membantu kesehatan secara keseluruhan dengan menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung, meningkatkan penglihatan, dan bahkan membantu mencegah cacat lahir.

10. Asparagus

Asparagus memiliki kalori yang sangat rendah dan banyak nutrisi yang istimewa. Selain itu, menjadi salah satu sayuran salad yang memiliki banyak nutrisi, termasuk protein, serat, lemak, folat, kalium, fosfor, vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Asparagus juga mengandung mikronutrien seperti riboflavin, zat besi, dan zinc.

Asparagus bahkan memiliki vitamin K yang tinggi, yang berperan aktif dalam pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang. Karena kandungan folatnya yang tinggi, sayuran salad seperti asparagus sering disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu perkembangan sel-sel dan DNA bayi mereka.


Nah, itulah beberapa jenis sayuran yang cocok untuk ditambahkan ke dalam salad kamu. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan sayuran yang bersih dan sehat, ya!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare