...
tata cara sholat tahajud dan bacaannya
5-min read

Ingin Mengamalkan Sholat Tahajud? Simak Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya di Sini

tata cara sholat tahajud dan bacaannya

Begini tata cara sholat tahajud dan bacaannya biar doamu khusyuk.

Sholat tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang tidak pernah ditinggalkan Nabi Muhammad SAW. Sholat tahajud merupakan sholat yang biasanya dilaksanakan pada waktu sepertiga malam, ketika manusia lain sedang dalam keadaan istirahat atau tidur, sehingga disebut sebagai sholat malam.

Meskipun sholat tahajud merupakan amalan sunnah, namun Allah SWT menjanjikan banyak kebaikan jika mengerjakan ibadah ini. Barang siapa yang menunaikan ibadah sholat tahajud, maka Allah SWT akan memberikan pertolongan dan kemudahan dalam urusan hidupnya.

Perintah untuk melaksanakan sholat tahajud tercantum dalam Al-Qur’an, seperti ayat berikut ini:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

“Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajjud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra 79)

Karena banyak kebaikan yang terdapat di dalam sholat tahajud, maka sebaiknya kamu mengetahui tata cara sholat tahajud dan bacaannya, agar ketika kamu mau mulai untuk melaksanakannya atau bahkan menjadikannya amalan andalan dapat lebih paham.

Info wajib baca: Aneka Pilihan Takjil di Benhil yang Siap Menemani Puasa Ramadhan Kamu, Yakin Nggak Ngiler?

Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya

tata cara sholat tahajud dan bacaannya
Source: Unsplash

Kamu ingin rutin mengamalkan sholat tahajud? Yuk, langsung aja simak tata cara dan bacaannya di bawah ini!

1. Waktu sholat tahajud

Waktu sholat tahajud atau sholat malam ini bisa mulai dikerjakan dari setelah Isya hingga sebelum Subuh. Untuk diketahui, berikut adalah beberapa waktu yang perlu diperhatikan saat mengerjakan sholat tahajud adalah sebagai berikut:

  • Sepertiga malam pertama: Mengerjakan sholat tahajud pada waktu setelah Isya sampai pukul 22.00
  • Sepertiga malam kedua: Mengerjakan sholat tahajud pada pukul 22.00 sampai 01.00 dini hari
  • Sepertiga malam terakhir: Mengerjakan sholat tahajud pada pukul 01.00 sampai menjelang waktu Subuh

Dari semua waktu di atas, waktu paling mustajab dan dianjurkan yaitu pada sepertiga malam terakhir. Hal ini karena pada waktu tersebut Allah SWT akan mengabulkan setiap doa makhluk-Nya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadis berikut ini:

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: “Rabb kita Allah tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan mengabulkan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR Bukhari).

2. Niat sholat tahajud

Untuk niat sholat tahajud, kamu cukup meniatkannya di dalam hati. Niatkan juga kamu ingin melaksanakan berapa rakaat untuk sholat tahajud, kemudian mantapkan dalam hati mengapa kamu ingin sholat tahajud. Misalnya untuk mencari ridho Allah atau meminta ampunan-Nya.

Tidak perlu diucapkan, dengan kamu meniati di dalam hati maka Allah sudah mengetahui niatmu.

3. Melaksanakan sholat tahajud

Setelah menata niat di hati, kemudian laksanakan sholat tahajud dua rakaat. Praktik sholat tahajud sama dengan sholat fardhu atau wajib. Takbiratul ihram, rukuk, i’tidal, dan sujud. Setelah sholat tahajud dua rakaat, selanjutnya biasanya ditutup dengan sholat witir minimal satu rakaat.

Sholat witir merupakan sholat yang jumlah rakaatnya ganjil, seperti satu rakaat, dua, tiga, atau lima. Untuk jumlah rakaat sholat tahajud, kamu dapat melakukan sebanyak mungkin atau semampu kamu, seperti dua rakaat salam dilakukan sebanyak empat kali, delapan kali, atau sepuluh kali.

Kemudian ditutup dengan sholat witir satu rakaat atau tiga rakaat. Sehingga jika ditotal, paling banyak yaitu 11 rakaat atau 13 rakaat.

Menurut hadis, Nabi Muhammad SAW sering melakukan tahajud sebanyak 13 rakaat. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan dari Aisyah.

“Nabi Muhammad SAW biasanya melaksanakan sholat malam sebanyak 13 rakaat, termasuk witir dan dua rakaat sholat sunnah sebelum shubuh.” (HR Bukhari dan Muslim).

Berikut urutan tata cara praktik sholat tahajud:

  • Takbiratul ihram diikuti doa iftitah
  • Membaca surah Al Fatihah
  • Membaca surah dalam Al Quran
  • Rukuk
  • Itidal
  • Sujud
  • Mengulang gerakan seperti rakaat pertama
  • Membaca doa tahiyat akhir pada rakaat kedua
  • Salam

4. Doa setelah sholat tahajud

Berikut ini adalah doanya:

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa‘dukal haqq. Wa liqa’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa‘atu haqq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirlii ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya:
“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Keutamaan dan Manfaat Salat Tahajud

Buat kamu yang bertanya tentang keutamaan sholat tahajud, cek selengkapnya di sini.

tata cara sholat tahajud dan bacaannya
Source: Freepik

1. Salat yang utama setelah salat fardhu

Salat tahajud sebagai salah satu qiyamul lail adalah salat yang utama setelah salat fardhu. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis berikut:

فْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

Artinya: “Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram. Sebaik-baik sholat setelah sholat wajib adalah sholat malam.” (HR Muslim).

2. Membawa ke tempat yang mulia di sisi-Nya

Mengerjakan salat tahajud dengan hanya mengharapkan ridha Allah, maka Allah akan menjanjikan untuk menempatkan orang-orang yang beriman di tempat yang mulia di surga.

“Sungguh, orang-orang yang bertakwa akan berada di dalam taman-taman (surga dan mata air. Mereka mengambil apa yang telah Tuhan berikan kepada mereka. Memang, mereka sebelumnya adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka biasa tidur sedikit di malam hari. Dan pada jam-jam sebelum fajar, mereka akan memohon ampun.” (Adh-Dzariyat 51: 15-18).

Salat tahajud akan mengantarkan orang-orang yang mengerjakannya menuju surga. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

Info wajib baca: 8 Tempat Bukber di Malang yang Murah dan Nyaman | Rencanakan Reuni

3. Mendekatkan diri kepada Allah

Keutamaan dan manfaat salat tahajud adalah sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam hadis berikut:

“Kamu harus melakukan sholat malam karena sholat malam adalah kebiasaan orang-orang saleh di hadapanmu, ibadah yang mendekatkan diri dengan Tuhanmu, dan menutupi rasa bersalah dan menghapus.” (Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi)

4. Dikabulkan doanya oleh Allah

Setelah mengerjakan salat tahajud di sepertiga malam yang akhir, kamu selanjutnya dianjurkan untuk berdoa kepada Allah. Karena waktu sepertiga malam yang akhir merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa dan meminta kepada Allah.

Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut ini:

“Setiap malam Allah SWT turun ke surga terendah ketika sepertiga malam tersisa dan berkata: “Siapakah yang akan memanggil-Ku, sehingga Aku dapat menjawabnya? Siapa yang akan meminta kepada-Ku, agar Aku memberikannya? Siapakah yang akan mencari pengampunan-Ku, sehingga Aku dapat memaafkannya?”

Dan juga sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadis berikut ini:

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: “Rabb kita Allah tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan mengabulkan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR Bukhari).

5. Dapat menjaga kesehatan

Dengan rutin mengerjakan salat tahajud, maka akan membiasakan diri untuk bangun di dini hari atau sepertiga malam yang akhir. Hal itu, menurut hadis dapat membuat orang yang mengerjakannya memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan sehat, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Seperti yang tercantum pada hadis berikut:

“Lakukan sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shalih di hadapanmu, sarana mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dosa, menghapus perbuatan salah, dan mencegah segala macam penyakit dari tubuh.” (HR Tirmidzi).


Selesai sudah penjelasan mengenai tata cara sholat tahajud dan bacaannya. Semoga kamu bisa mengamalkan sholat tahajud dengan lancar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare