...
takjil benhil
5-min read

Aneka Pilihan Takjil di Benhil yang Siap Menemani Puasa Ramadhan Kamu, Yakin Nggak Ngiler?

takjil benhil

Siap berburu takjil saat Ramadhan nanti? Jangan lupa mampir ke takjil Benhil, dong.

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh keberkahan bagi masyarakat, tak terkecuali yang memanfaatkan waktu tersebut dengan berjualan takjil. Pada bulan yang mulia ini akan banyak ditemukan penjual takjil, termasuk di kawasan Bendungan Hilir (Benhil), Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Bendungan Hilir (Benhil) biasanya menjadi kawasan yang ramai ketika bulan Ramadhan tiba. Salah satu penyebabnya adalah di sini terdapat berbagai pilihan takjil yang dapat kamu temukan. Tepatnya di kawasan Pasar Bendungan Hilir (Benhil), atau saat Ramadhan biasa disebut pasar takjil Benhil, kamu dapat berburu takjil di sini.

Takjil sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti mempercepat dalam berbuka puasa, atau panganan dan minuman untuk berbuka puasa. Dalam istilah umum, takjil yaitu kudapan yang dimakan sesaat setelah berbuka puasa. Biasanya berupa makanan manis seperti kolak pisang, sop buah, aneka kue, dan lain sebagainya.

Jelang Ramadhan, perburuan takjil biasanya jadi agenda wajib, lho. Daripada penasaran, yuk, langsung cek aja macam-macam takjil di Benhil, berikut ini.

Info wajib baca: Persiapan Bulan Ramadhan Apa Saja? Cek 6 Kewajiban Ini Biar Nggak Bolong Puasanya!

Aneka Takjil Benhil yang Dapat Kamu Pilih

Aneka pilihan takjil Benhil berikut ini cocok dijadikan pilihan menu buka puasa kamu di bulan Ramadhan nanti. Buat warga Jakarta, yuk, langsung sikat pilihannya di bawah ini!

1. Kolak

kolak takjil benhil
Source: Pikiranrakyat.com

Pilihan takjil Benhil yang pertama yaitu kolak, menu yang hadir saat Ramadhan ini tentunya juga ada, lho, di kawasan benhil. Biasanya harga kolak di pasar takjil Benhil ini yaitu Rp10.000 per porsi.

Kolak sendiri merupakan menu yang terbuat dari pisang, ubi, dan isian lain sebagainya yang direbus dengan kuah yang dibumbui gula dan santan.

2. Gorengan

gorengan
Source: Liputan6.com

Banyak orang biasanya juga membeli gorengan saat menjelang waktu berbuka puasa. Hal itu karena gorengan mudah ditemukan dan harganya pun murah. Tak terkecuali di Benhil, kamu juga dapat menemukan menu yang satu ini dijual oleh para pedagang pasar takjil Benhil.

Aneka gorengan yang tersedia di pasar takjil Benhil di antaranya yaitu bakwan, tahu, tempe, pisang goreng, dan lontong. Gorengan di sini biasanya dijual dengan harga Rp2.000 sampai Rp2.500 per potong.

3. Pisang cokelat (piscok)

pisang cokelat takjil benhil
Source: detik.com

Kamu penggemar piscok? Jika iya, kamu bisa menemukan camilan ini di pasar takjil Benhil, lho. Pisang cokelat (piscok) merupakan camilan yang terbuat dari tepung diisi irisan pisang dengan cokelat cair atau susu kental manis cokelat, lalu digoreng.

Piscok di pasar takjil Benhil biasanya dijual dengan harga Rp5.000 per satuannya. Camilan ini cocok untuk kamu yang ingin berbuka puasa dengan makanan manis.

4. Es buah

es buah
Source: astronauts.id

Siapa yang tak tergiur oleh es buah ketika mau berbuka puasa? Biasanya hidangan ini banyak dicari sebagai pilihan takjil saat Ramadhan. Di Benhil, tentunya kamu juga dapat menemukan menu yang satu ini.

Es buah di pasar takjil Benhil dijual dengan kisaran harga Rp5.000 – Rp10.000 per porsi. Terdapat juga es blewah, es timun suri, es kelapa, es cendol, dan es pisang ijo yang dijual dengan kisaran harga sama.

5. Bubur kampiun

bubur kampiun takjil benhil
Source: detik.com

Menu yang satu ini merupakan menu favorit dan populer di kawasan Benhil. Bubur kampiun adalah bubur khas Padang yang terbuat dari beberapa bahan seperti, pisang, biji salak, ketan, pacar cina, dan lain-lain. Dari isian bubur kampiun inilah yang membuat menu ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan takjil.

Kisaran harga per porsi menu ini yaitu Rp15.000-20.000.

6. Aneka kue

aneka kue takjil benhil
Source: Tempo.co

Kalau mampir ke Benhil saat Ramadhan, kamu akan menemui banyaknya penjual kue basah yang menjajakan dagangannya di kawasan ini. Terdapat beberapa macam kue seperti, kue lapis legit, kue bolu, kue molen, roti, dan kue sus. Aneka kue tersebut dijual dengan kisaran harga mulai Rp3.000 per potongnya.

Selain itu, terdapat juga aneka kue atau jajanan lawas khas Minangkabau, yaitu ada lamang baluo, kue katen atau ongol-ongol, ketupat ketan, hingga lupis ketan kelapa isian gula merah yang harganya kisaran Rp3.500 per potong.

7. Aneka masakan khas Nusantara

masakan khas nusantara
Source: Liputan6.com

Kalau mau langsung menyantap makanan berat saat berbuka, di pasar takjil Benhil terdapat beberapa lauk yang bisa membuat kamu ketagihan, nih. Di antaranya yaitu ada rendang, gulai kepala ikan kakap, ikan bakar, gurami bakar, bawal goreng asam manis, goreng balado jengkol, urap, dan tongkol goreng.

Terdapat tiga menu yang paling laku dan cepat habis diburu pembeli, yaitu cumi asin sambel ijo, gulai rebung, dan gulai telur ikan. Menu-menu tersebut dijual mulai dari Rp10.000 – Rp15.000.

8. Makanan khas Padang

masakan padang takjil benhil
Source: IDN Times

Di pasar takjil Benhil ini kamu juga dapat menemukan beraneka macam makanan khas Padang, mulai dari rendang, ikan bakar, sayur nangka, gulai kepala kakap, dan sate Padang ada di pasar ini. Harga aneka masakan Padang ini berada di kisaran Rp10.000.

Info wajib baca: Arti ‘Ramadan Mubarak’ dan Contoh Penggunaannya, Jadi Lebih Siap Menyambut Bulan Ramadan!

Jam Buka dan Cara ke Pasar Takjil Benhil

Jika kamu ingin mengunjungi pasar takjil Benhil, biasanya pasar ini sudah buka sejak siang hari. Para pedagang di sini sudah mulai menjajakan dagangannya sekitar pukul 12.00 WIB, sementara untuk jam tutupnya pukul 20.00 WIB.

Lokasi pasar takjil Benhil beralamat di area Pasar Bendungan Hilir, Jalan Bendungan Hilir No.4, Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Pasar takjil Benhil ini berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Jika kamu naik MRT, kamu bisa turun di Halte MRT Bendungan Hilir dan berjalan kurang lebih 900 meter atau sekitar 10 menit menuju Pasar Bendungan Hilir.

Kalau naik kereta KRL, kamu bisa turun di Stasiun Sudirman, lalu bisa lanjut naik transportasi online atau berganti bus TransJakarta yang berjarak kurang lebih 2,5 kilometer ke Pasar Bendungan Hilir.


Itulah penjelasan singkat tentang pilihan takjil yang berada di pasar takjil Bendungan Hilir (Benhil). Apakah kamu sudah siap untuk berburu takjil di tempat ini saat Ramadhan nanti? Semoga ibadah puasa Ramadhan kamu tahun ini bisa lancar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare